A password will be e-mailed to you.

    Hingga tahun 2018 ini, Indonesia masih tetap juga menjadi negara berkembang. Sebelum kita tau apa alasan Indonesia masih menjadi negara berkembang, kita perlu tau definisi dari apa yang dimaksud negara berkembang. Negara berkembang yaitu negara yang kualitas atau kesejahteraan penduduknya masih rendah atau dalam tahap perkembangan. 

    Dari definisi tersebut, kita juga perlu tau bagaimana suatu negara dikatakan memiliki kesejahteraan yang tinggi. Tentunya kesejahteraan penduduk suatu negara dapat diukur oleh beberapa indikator atau tolok ukur.

    Beberapa indikator yang dimaksud tersebut adalah :

    • Pendapatan perkapita
    • Pendapatan Domestik Bruto (PDB)
    • Angka harapan hidup
    • Indeks Pembangunan Manusia (IPM)
    • Indeks gini

    Dari beberapa tolok ukur di atas, Indonesia masih belum dapat memenuhi angka atau jumlah yang ditentukan until menjadi negara maju. Semua negara di dunia harus memenuhi tolok ukur di atas untuk menjadi sebuah negara maju.

    Bagaimana usaha-usaha pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju ?? Apakah mungkin Indonesia menjadi sebuah negara maju ?? Sebenarnya Indonesia memiliki banyak potensi until menjadi negara maju. Kita sebagai penduduknya dituntut untuk mengembangkan dan menguasai potensi-potensi negara kita sendiri.

    Indonesia memiliki banyak Sumber daya Alam dan hasil tambang yang berlimpah. Maka dari itu, Kita harus menguasai ilmu-ilmu mengenai pengelolaan SDA. Karena sejauh in, Sumber daya Indonesia banyak di ekspor ke luar negri dalam bentuk barang mentah, dan Indonesia juga banyak mengimpor barang jadi dari luar negri. Sehingga jika terus menerus seperti itu, maka perekonomian Kita tidak akan berkembang pesat. Selain SDAnya, Indonesia juga punya keragaman budaya yang bernilai tinggi. Tentu itu juga memberikan kontribusi yang besar bagi perekonomian negara, misalnya dengan menerapkan ekonomi kreatif berbasis kebudayaan lokal dan kuliner daerah.

    Baca juga:  Mengetahui golongan darah dapat menyelamatkan nyawa seseorang

    Angka harapan hidup Indonesia terus meningkatkan setiap tahunnya. Meskipun masih belum mencapai batas minimum. Hal ini mungkin disebabkan karena kurang meratanya fasilitas kesehatan di pelosok-pelosok desa. Walaupun sudah banyak upaya pemerintah untuk hal tersebut, namun nyatanya usaha pemerintah masih belum maksimal. Dapat dilihat secara nyata pada daerah-daerah pelosok, khususnya daerah perbatasan yang masih banyak kekurangan fasilitas kesehatan dan gizi yang cukup.

    Indeks Pembangunan Manusia (IPM) memiliki definisi Pembangunan yang luas. Pembangunan yang dimaksud lebih mengarah pada kualitas manusianya. Komponen dasar penghitungannya yaitu, angka harapan hidup, tingkat pendidikan yang dilihat dari koefisie angka melek huruf, rata-rata lama sekolah, serta pengeluaran konsumsi.

    Tolok ukur terakhir yaitu, Indeks gini. Indeks gini adalah pengukur tingkat ketimpangan pendapatan penduduk suatu negara. Koefisien berbanding terbalik dengan kesejahteraan penduduknya. Artinya, semakin rendah tingkat ketimpangan penduduk, semakin sejahtera suatu negara. Juga berlaku sebaliknya. Tingginya indeks gini disebabkan pendapatan masyarakat yang tidak merata. Hal ini banyak terjadi karena kecurangan para pejabat yang menyalahgunakan jabatanya. Banyaknya korupsi di Indonesia menyebabkan tingginya kesenjangan antara masyarakat kaya dan masyarakat miskin.

    Untuk menjadi negara maju memanglah tidak mudah. Selain meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara, juga perlu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Kita sebagai generasi muda harus terus berkarya dan menciptakan inovasi serta bijak dalam memanfaatkan segala kekayaan alam maupun budaya until generasi Kita selanjutnya.

     


    Tulisan ini adalah kiriman penulis. Kamu juga bisa membuat tulisanmu sendiri di Saintif dengan bergabung di Saintif Community

     

    No more articles