Loading Likes...

Hal yang pertama terlintas dibenak kita saat mendengar kata bakteri, adalah makhluk-makhluk kecil yang berbahaya dan menyebabkan banyak kerugian.

Bakteri seringkali digambarkan sebagai makhluk pembawa penyakit, seperti penyakit difteri yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diptheriae, penyakit TBC oleh bakteri  Mycabacterium Tuberculosis atau penyakit thypus yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi dan masih banyak lagi. Hal ini seringkali membuat kita harus berhati-hari dan menjahi bakteri.

Namun, nyatanya ngga semua bakteri itu berbahaya.  Ada juga bakteri yang baik.

Bakteri baik ini memiliki sifat yang bermanfaat dan menguntungkan bagi makhluk hidup lain. Ada banyak sekali jenis bakteri baik, salah satunya adalah bakteri asam latat.

Bakteri asam laktat ini mulai dikembangkan sejak tahun 1900 dan mulai dikenalkan oleh Louis Pasteur (mulai melakukan fermentasi asam laktat), Joseph Lister (memperkenalkan kultur murni bakteri asam laktat di dunia) dan Elie Metchnikoff.

Gambar terkait

sumber : futurity.org

Secara umum, genus yang termasuk dalam kelompok bakteri asam laktat adalah LactobacillusLeuconostocPediococcus dan Streptococcus.
Namun, berdasarkan perkembangan penelitian terbaru, ditemukan beberapa genus lain yang merupakan bakteri asam laktat seperti AerococcusCarnobacteriumEnterococcus, LactobacillusLactococcusLeuconostocPediococcusStreptococcusTetragenococcus, dan Vagococcus.

Bakteri ini dapat kita temukan secara luas dalam  bahan makanan seperti susu, sayur, buah, sereal bahkan daging. Ada juga bakteri ini yang dapat ditemukan dalam saluran pencernaan hewan dan manusia.

Gambar terkait

Sumber : Serious Eats

Bakteri ini mempunyai kemampuan untuk melakukan penguraian gulkosa menjadi asam laktat

Dan bakteri-bakteri ini dapat kamu dengan mudah menemukan produk hasil penambahan bakteri ini seperti  yoghurt dengan berbagai merk. Yoghurt ini dihasilkan oleh bakteri asam laktat yang ditambahkan pada proses fermentasi susu.

Selain digunakan untuk fermentasi, bakteri ini juga dimanfaatkan untuk kesehatan manusia. Salah satu kelompok bakteri asam laktat ini adalah probiotik. Probiotik adalah mikroorganisme hidup dengan jumlah tertentu yang mampu mencapai saluran pencernaan manusia dalam kondisi aktif dan memberikan efek kesehatan bagi manusia.

Efek yang ditimbulkan dari adanya bakteri ini adalah terciptanya kesehatan dan keseimbangan mikroflora dalam pencernaan, sehingga terjadi netralisasi antara pengaruh negatif dari bakteri jahat di dalam tubuh.

Suja Juice Benefits of Probiotics

Manfaat lain dari probiotik (sumber : sujajuice.com)

Bakteri Probiotik ini bersifat antimikroba, karena mampu mmeproduksi senyawa bakteriosin yang dapat digunakan untuk membunuh bakteri patogen namun tetap aman terhadap bakteri itu sendiri. Dia juga mempunyai sifat selektif, sehingga mampu menekan jumlah bakteri jahat tanpa mempengaruhi jumlah bakteri baik.

Bakteriosin juga dapat digunakan sebagai agen pengawet makanan yang dapat dikonsumsi secara aman.

Beberapa bakteri probiotik yang telah diketahui menghasilkan bakteriosin di antaranya adalah Lactobacillus plantarumPediococcus acidialacticiLeuconostoc mesentroides, dan Enterococcus faecalis.

Banyak juga kan manfaat dari bakteri bagi kehidupan manusia. Saatnya kita berterimakasih akan adanya bakteri ini hehe 😀

 

Referensi:

  • http://majalah1000guru.net/2018/03/bakteri-tidak-jahat/
  • http://socialtextjournal.com/apa-itu-bakteri-jahat-bakteri-baik/
  • https://www.sujajuice.com/blog/the-benefits-of-probiotics/