Reproduksi Ikan Badut Terancam Karena Polusi Cahaya

Reproduksi ikan badut terancam karena polusi cahaya yang semakin meningkat setiap tahunnya. Bahkan juga mengancam spesies ikan terumbu karang yang lain.

Sekarang bumi di malam hari menjadi semakin benderang.

Setiap tahunnya polusi cahaya meningkat 2,2 persen. Polusi cahaya ini berasal dari cahaya buatan seperti kenaikan penggunaan lampu LED dan lain sebagainya.

Polusi cahaya
Foto benua Eropa pada malam hari yang dirilis NASA pada 2 Oktober 2014, dengan menggunakan Visible Infrared Imaging Radiometer Suite (VIIRS)

Sementara kehidupan beberapa spesies sangat bergantung pada siklus terang-gelap yang konstan. Seperti pada ikan, siklus ini membantunya dalam makan, istirahat, reproduksi, dan aktif di waktu yang tepat.

Maka semakin benderangnya malam hari membuat siklus tersebut berantakan. Alhasil polusi cahaya ini membawa dampak buruk pada kehidupan beberapa spesies.

Penelitian Pengaruh Polusi Cahaya terhadap Reproduksi Ikan Badut

Pada penelitian sebelumnya, para ilmuwan mendapati bahwa akibat polusi cahaya terdapat perubahan arah migrasi burung dan penyu di malam hari. Mereka menghindari pantai yang terang benderang,

Sementara baru-baru ini, Ilmuwan menemukan bahwa reproduksi ikan badut terancam karena polusi cahaya.

Sebuah penelitian dilakukan untuk melihat pengaruh polusi cahaya terhadap reproduksi ikan badut.

Penelitian ini dilakukan dengan memperhatikan perilaku pasangan ikan badut yang hidup bersama komunitas terumbu karang.

Pasangan ikan badut tersebut hidup hingga 12 jam di siang hari dan 12 jam di malam hari dengan paparan cahaya buatan yang redup. Tingkat intensitas cahaya ini mesimulasikan paparan cahaya buatan di pantai sebuah kota kecil.

Secara tak terduga para ilmuwan menemukan tidak ada telur yang menetas di bawah kondisi cahaya buatan.

Sebagai perbandingan, kelompok ikan badut yang terpapar siklus cahaya normal (bukan cahaya buatan) memiliki presentase penetasan sampai 86%.

Karena sebagian besar kehidupan spesies laut bergantung pada siklus terang-gelap, kemungkinan polusi cahaya juga mengancam spesies lain di luar ikan badut.

Bahkan dalam penelitian tersebut, para peneliti mendapati bahwa dampak polusi cahaya pada ikan badut ini menghilang saat mereka dikembalikan ke dalam kondisi siklus normal terang-gelap.

Upaya yang Bisa Dilakukan

Hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak polusi cahaya tentu dengan cara mengurangi penggunaan sumber cahaya seperti lampu itu sendiri. Kemudian juga menghindari penggunaan lampu yang dapat menyilaukan mata.

Selain itu mengatur orientasi cahaya lampu juga mampu mengurangi dampak polusi cahaya. Berikut deskripsinya:

Orientasi Cahaya Lampu
Jenis-Jenis Orientasi Cahaya Lampu