Penyebab Rambut Rontok dan Cara Lengkap Mengatasinya

Penyebab rambut rontok ada bermacam-macam, oleh karena itu cara mengatasinya juga bermacam-macam.

Rambut adalah organ tubuh manusia yang berbentuk seperti helaian benang yang tumbuh di kulit kepala dan seluruh kepala. Rambut muncul dari lapisan epidermis atau lapisan kulit terluar.

Meskipun bentuknya sangat tipis namun rambut memiliki fungsi yang sangat besar bagi tubuh. Beberapa fungsi rambut pada tubuh dapat menghangatkan, sebagai pelindung dari bahaya dan panas, serta merupakan mahkota baik bagi laki-laki maupun perempuan. 

Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Seiring bertambahnya usia manusia, rambut sering mengalami kerontokan. Rambut rontok secara berlebihan terjadi ketika kerontokan lebih dari 100 helai per hari.

Secara garis besar, penyebab rambut rontok adalah:

  • medis/ pengobatan
  • gaya hidup
  • kesehatan.

Pengobatan secara medis baik melalui obat-obatan, kemoterapi dan radiasi menyebabkan efek samping  pada jaringan kulit sehingga menyebabkan terjadinya kerontokan rambut secara berlebihan. 

penyebab rambut rontok

Solusi Mengatasi Rambut Rontok

Berikut ini adalah beberapa solusi cara untuk mengatasi rambut rontok baik secara medis atau dengan mengubah gaya hidup:

1. Perawatan medis

Kondisi rambut rontok yang dialami setip orang berbeda. Secara garis besar, permasalahan rambut rontok dapat diatasi melalui perawatan medis seperti menggunakan obat-obatan penumbuh rambut seperti Minoxidil (Rogaine) dan Finasteride (Propecia, Proscar), transpalantasi rambut

2. Berhenti merokok

Jika Anda merupakan perokok aktif dan ingin mengurangi rambut rontok, baiknya Anda harus berhenti merokok mulai sekarang. Kebiasan merokok menyebabkan kerusakan DNA folikerl rambut, dan ketidakseimbangan sistem enzim pada folikel rambut (protease/ antiprotease) sehingga terjadi gangguan pada proses pertumbuhan rambut. 

3. Memijat Kepala

Memijat kulit kepala dapat memberikan peregangan pada sel papilla dermis di jaringan subkutan kulit rambut. Menurut riset kesehatan Jepang, memberikan pijatan 4 menit setiap hari dalam 24 minggu mampu menambah ketebalan rambut

Baca juga:  Apakah semua warna yang kita lihat ada dalam spektrum cahaya tampak?

4. Mengatur Pola Makan

Pola makan yang baik akan menjaga bentuk sehat rambut. Makanan yang baik untuk kesehatan rambut diantaranya yaitu berbagai sayuran, buah, sereal, makanan rendah lemak, dankaya akan protein serta rendah gula. Beberapa vitamin dan mineral yang baik untuk rambut yaitu: 

  • makanan yang kaya akan zat besi seperti daging, buncis, hijau sayur, sereal, dan telur,
  • omega-3 , salmon, tuna, kuning telur, dan kacang walnut.

5. Mengecek Kondisi Kesehatan

Berdasarkan faktor genetik manusia, beberapa masalah kesehatan menyebabkan rambut rontok. Beberapa penyakit yang menyebabkan timbulnya rambut rontok yaitu diabetes, lupus, lichen planus, sarcoidosis, scalp psoriasis, alopecia areata, kondisi hormon tiroid, anemia atau kekurangan zat besi, trichotillomania, sifilis dan penyakit celiac. Periksa kondisi kesehatan Anda lalu konsultasikan dengan dokter dan dapatkan perawatan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

6. Mengurangi Stress

Stress sangat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh, termasuk menyebabkan rambut rontok. Mengurangi stress mampu memicu pertumbuhan rambut yang lebih optimal  

7. Pilihlah Shampoo dan Perawatan Rambut yang Sesuai

Pemilihan produk shampoo bagi rambut tiap orang berbeda. Anda bisa menyesuaikan masalah rambut rontok yang berlebihan dengan memberikan nutrisi melalui shampoo yang sesuai.

Solusi mengatasi rambut rontok

Solusi Alternatif Alami untuk Mengatasi Rambut Rontok

Selain cara-cara yang disebutkan sebelumnya, ada juga beberapa solusi alternatif sebagai cara untuk mengatasi rambut rontok.

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mampu menutrisi rambut sehingga mengurangi kerusakan rambut akibat rambut patah. Gunakan 1-2 sendok makan minyak kelapa lalu pijatkan pada kulit rambut dan biarkan selama  beberapa jam. Lakukan hal ini selama kurang lebih dua kali dalam seminggu. 

2. Jus Bawang Bombai

Berdasarkan jurnal Dermatologi, penerapan jus bawang mentah untuk memijat rambut dapat membantu dalam proses pertumbuhan rambut terutama pada area alopecia areata. Bawang bombai dihaluskan menggunakan blender, lalu pijat pada kulit rambut  selama 30-60 menit lalu dibilas dengan air. 

3. Lidah Buaya

Lidah buaya mampu membantu proses pertumbuhan rambut. Gunakan lidah buaya setelah keramas untuk menutrisi pertumbuhan rambut. Kemudian bilas dengan air bersih. 

Baca juga:  Cegah TB untuk Eliminasi TB

4. Jeruk Nipis atau Lemon

Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis dan lemon kaya akan kandungan vitamin C. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis atau lemon mampu mengurangi masalah kulit rambut sepertik ketombe, sehingga dapat mengurangi jumlah rambut rontok.

5. Bunga Sepatu ( Chinese hibiscus)

Bunga dan daun pada bunga sepatu mampu mengurangi rambut rontok. Campurkan 1-2 bunga sepatu, 5-6 daunnya lalu campurkan dengan minyak kelapa sesuai selera. Selanjutnya terapkan dan pijat kulit kepala. Biarkan selama 30-60 menit dan dibilas dengan shampo atau conditioner.

6. Kuning Telur

Kandungan peptida pada kuning telur merangsang pertumbuhan rambut sehingga sangat baik untuk mengurangi rambut rontok. Kuning telur dikocok lalu terapkan pada rambut. Ratakan dan pijat dengan lembut selama 30 menit. Bilas dengan shampo, apabila perlu gunakan condisioner setelahnya. Lakukan kegiatan tersebut minimal sekali dalam satu mingu

7. Biotin

Biotin merupakan vitamin yang ditemukan secara alami pada beberapa makanan seperti kacang, kentang, telur, bawang dan oats. Biotin mampu membantu menutrisi rambut agar tidak rontok.

8. Konsumsi Yogurt

Yogurt kaya akan kandungan probiotik yang melindungi kutila rambut sehingga sangat bermanfaat mencegah kerusakan rambut dan mengurangi kerontokan rambut. Selain itu, mengkonsumsi yogurt secara rutin mampu membuat rambut lebih bersinar.

9. Teh Hijau

 Teh hijau mengandung polyphenol epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang berfungsi menstimulasi sel papilla pada dermis kulit rambut sehingga mampu membantu proses pertumbuhan rambut. 

Agar rambut rontok berlebihan tidak semakin parah, Anda bisa melakukan langkah pencegahan, antara lain dengan membatasi penataan rambut menggunakan alat pemanas dan bahan kimia, seperti mencatok, mengeriting rambut, atau mewarnai rambut. Hindari mengepang atau mengikat rambut, serta menyisir rambut dalam keadaan basah. Anda bisa menggunakan sampo bayi yang cenderung lebih lembut, untuk mencuci rambut Anda.

Yuk, jaga kesehatan rambut dan tubuh mulai dari sekarang agar penyebab rambut rontok berlebihan tidak terjadi pada diri Anda.

Referensi

Mahasiswi Departemen Fisika Universitas Diponegoro dengan bidang ilmu Fisika Material

1 Comment

Leave a Reply