11 Jenis Makanan Pantangan Bagi Penderita Asam Urat

Makanan Pantangan Bagi Penderita Asam urat

Ada 11 jenis makanan pantangan bagi penderita asam urat. Jika dikonsumsi bisa mengakibatkan asam uratnya kambuh ataupun semakin parah.

Beberapa makanan dan minuman tersebut memicu produksi asam urat berlebih. Akibatnya penderita biasanya mengeluhkan rasa nyeri pada persendian.

Hal ini terjadi karena makanan tersebut mengandung purin yang tinggi.

Sebenarnya tidak hanya makanan saja yang mengandung purin, tapi juga minuman. Meksi dalam kadar yang berbeda-beda.

Purin adalah zat alami yang ada dalam sel hewan ataupun tumbuhan. Purin yang masuk ke dalam tubuh nantinya akan dimetabolisme menjadi asam urat yang berguna sebagai antioksidan untuk melindungi lapisan pembuluh darah.

Namun, kadar asam urat tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit dengan ditandai rasa nyeri yang menyerang persendian.

Oleh sebab itu, penderita asam urat harus mengerti bahwa ada beberapa makanan dan minuman yang bisa memicu asam urat berlebih.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari jika kamu menderita asam urat:

1. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang tinggi kandungan purinnya. Menurut tabel makanan AcuMedico, setiap 100 gram bayam mengandung 57 gram purin.

2. Kembang Kol

Menurut AcuMedico, kembang kol mengandung 51 gram purin per 100 gramnya.

3. Asparagus

Menurut AcuMedico, Asparagus mengandung 23 gram purin setiap 100 gramnya.

4. Jamur

Menurut AcuMedico, ada sekitar 17 gram purin setiap 100 gram jamur.

5. Seafood

Makanan laut seperti kepiting, tiram, cumi-cumi, remis, udang, lobster, ikan teri, ikan asin, dan ikan kembung disarankan untuk dihindari. Selain itu termasuk juga makanan yang diawetkan seperti misalnya ikan kalengan, kornet sapi, sarden, dan lain-lain.

6. Jeroan

Jeroan tentu sudah umum diketahui para penderita asam urat sebagai makanan pantangan. Jeroan seperti hati, limpa, paru, usus, otak, jantung, ginjal, dan lainnya harus dihindari.

Baca juga:  Cara Menghitung Standar Deviasi (Rumus dan Contoh nya)

7. Buah-buahan

Beberapa buah-buahan disarankan untuk dihindari karena mengandung purin yang tinggi seperti nangka, nanas, durian, pisang, dan mangga.

8. Daging Merah

Kandungan purin dalam daging masih terhitung sedang. Penderita asam urat masih bisa mengonsumsi daging unggas, sapi, kambing atau babi yang semuanya tanpa lemak. Dengan syarat konsumsi setiap harinya tidak melebihi 170 gram.

9. Gula

Meski kandungan purinnya rendah, penderita asam urat tetap disarankan untuk tidak berlebihan mengonsumsi gula secara berlebihan.

10. Minuman beralkohol

Bir merupakan minuman beralkohol yang mengandung purin tinggi dan sangat tidak baik bagi penderita asam urat. Sedangkan anggur (wine) mengandung purin dalam jumlah sedang.

11. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah makanan yang kaya dengan purin seperti lentil, kacang navy, kacang lima, kacang merah, dan belinjo.


Meskipun penderita asam urat harus menghindari makanan pantangan, bukan berarti tidak memiliki variasi makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi. Yang paling penting adalah mengendalikan konsumsi purin dan menghindari makanan dan minuman yang ber-purin tinggi.

Selain itu seorang penderita asam urat disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga. Olahraga dapat membantu menjaga berat badan tetap normal dan produksi asam urat tetap stabil.

Referensi:

Klik untuk membaca artikel lainnya:

Klik untuk membaca artikel lainnya:

About Muhammad Iir 28 Articles
Mahasiswa Fisika Universitas Diponegoro. Tertarik dengan segala hal baru di dunia ilmu pengetahuan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*