Loading Likes...

Air tidak bisa bercampur dengan minyak. Semua orang tahu itu.

Tapi apakah kamu tahu kenapa itu terjadi? Kebanyakan orang keliru dalam memahami mekanismenya.

Lalu apakah kamu tahu, kalau di dunia ini sebenarnya ada formula rahasia untuk mencampurkan air dan minyak?

 

Kenapa air dan minyak tidak bercampur

Hal ini berkaitan dengan struktur kimia yang ada pada air dan minyak.

Air terdiri dari satu atom oksigen dan dua atom hidrogen yang tidak simetris, sehingga strukturnya bersifat polar alias ada distribusi muatan yang tidak merata padanya. Satu sisi molekul air cenderung bermuatan positif, sedangkan sisi lainnya cenderung negatif.

Karena sifat polar itu, kebanyakan zat cair akan larut ke dalam air.

Tapi tidak dengan minyak.

Minyak memiliki struktur kimia nonpolar. Atom-atomnya tersusun sedemikian sehingga muatannya tersebar merata. Karena itu, polaritas muatan dari molekul air tidak bisa berikatan dengan minyak, karena tidak ada yang bisa diikat oleh molekul air.

Ini serupa ketika kamu mendekatkan magnet dengan kayu, maka kayunya tidak tertarik.

Jadi jika ada molekul minyak di dalam molekul-molekul air, tarik-menarik antara molekul air akan menekan minyak untuk bergeser dari tempat itu. Sampai akhirnya minyak mengapung ke permukaan air.

 

Formula rahasia untuk mencampur air dan minyak

Walaupun secara natural air dan minyak tidak bisa dan tidak mungkin untuk menyatu, sebenarnya ada satu formula rahasia untuk mencampurkan keduanya.

Sebenarnya sih ini bukan formula rahasia, karena kita semua pasti sudah sangat sering melakukan atau melihatnya. Hanya saja, banyak dari kita yang tidak benar-benar memperhatikannya.

Pernah mencuci piring?

Kalau kamu pernah mencuci piring…. pasti kamu tahu kalau kamu tak bisa membersihkan sisa minyak di makanan itu hanya dengan air. Sekeras apapun kamu coba membersihkan, kalau cuma pakai air, minyaknya pasti tetap menempel di piring.

Karena itu, kita memakai sabun cuci piring.

Dengan sabun, seluruh noda dan minyak di piring dapat kamu bersihkan dengan mudah.

Inilah dia formula rahasianya… sabun!

Sabun adalah formula rahasia yang dapat kamu gunakan untuk mencampurkan air dengan minyak.

 

Mekanismenya

Molekul sabun terdiri dari ikatan panjang rantai hidrokarbon C-H dan asetat. Rantai C-H ini bersifat hidrophobic, sama seperti minyak. Sementara bagian asetat ini bersifat polar, sama seperti air. Hal inilah yang kemudian menjadi kunci dalam mencampurkan air dengan minyak.

Ketika sabun dimasukkan ke dalam campuran air dan minyak, salah satu ekornya berikatan dengan air dan ekor lainnya berikatan dengan minyak. Dengan begitu, air dan minyak dapat saling berikatan dan pada akhirnya dapat bercampur.

Akhirnya kita bisa mencampurkan air dan minyak. Yay

Kalau kamu ingin untuk lebih membuktikannya, silahkan masukkan air dan minyak ke dalam suatu botol. Setelah itu, masukkan sabun ke dalamnya. Kocok-kocok, dan lihat kalau kedua cairan tersebut mulai bercampur.

 


Tulisan ini adalah kiriman dari penulis. Kamu juga bisa membuat tulisanmu sendiri di Saintif dengan bergabung di Saintif Community