15+ Manfaat dan Kandungan Minyak Zaitun untuk Wajah

ilustrasi oleh dribbble.com

Manfaat minyak zaitun untuk wajah adalah memperbaiki kulit yang rusak, mencegah adanya kerutan, menenangkan kulit setelah berjemur matahari, membersihkan makeup, dan selengkapnya dalam artikel ini.

Minyak zaitun adalah salah satu jenis minyak yang biasa digunakan untuk perawatan kulit serta berguna untuk menyehatkan kulit terutama bagian wajah.

Mungkin selain menjadi pilihan saat makan salad karena menyehatkan, minyak zaitun memiliki manfaat yang luar biasa terutama untuk perawatan wajah dan kulit.

Hal ini karena minyak zaitun mengandung beberapa komponen seperti:

  • Vitamin A, D, E dan K yang bermanfaat bagi kulit
  • Mengandung senyawa squalene atau zat antioksidan yang tinggi dibandingkan minyak jenis lainnya.
manfaat minyak zaitun untuk wajah

Minyak zaitun sudah digunakan banyak orang untuk perawatan wajah karena kandungan didalamnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak zaitun untuk wajah.

1. Minyak zaitun mampu menangkal radikal bebas

Minyak zaitun mengandung antioksidan yang tinggi seperti oleic acid dan squalene yang membantu melindungi kulit dari radikat bebas.

Radikal bebas inilah yang menyebabkan penuaan dini pada wajah, selain itu minyak zaitun mengandung nutrisi  yang bisa berguna untuk mencegah masalah kulit seperti komedo dan jerawat.

2. Melembapkan kulit

Minyak zaitun mengandung asam lemak yang berfungsi untuk melembapkan bagian kulit.

Hal ini karena struktur kimianya mirip dengan minyak alami yang diproduksi pada kulit manusia sehingga dengan menggunakan minyak zaitun akan membuat kulit menjadi lebih lembap, lembut dan bersinar.

3. Menyamarkan bekas luka atau jerawat

manfaat minyak zaitun untuk wajah

Rajin menggunakan minyak zaitun secara teratur bisa menghilangkan bekas jerawat yang ada pada wajah.

Dengan cara memijat wajah menggunakan minyak zaitun, bekas jerawat di wajah akan berkurang dan mengembalikan kulit wajah menjadi cerah lagi. Selain itu, tekstur kulit wajah menjadi semakin rata.

4. Meremajakan sel kulit

Minyak zaitun merupakan produk alami dari alam dan tidak menggandung zat kimia berbahaya.

Minyak zaitun bermanfaat  untuk memperbaiki sel-sel kulit wajah karena menggandung vitamin E, flavonoids, dan polyphenols yang ada didalamnya.

5. Membersihkan makeup

Minyak zaitun bisa digunakan untuk membersihkan riasan wajah atau makeup yang sulit dibersihkan dengan air.

Minyak zaitun akan memudahkan kita dalam menghapus makeup.

6. Menenangkan kulit setelah berjemur matahari

Kandungan antioksidan yang tinggi pada minyak zaitun bisa membantu kulit dalam menangkal radiasi dari sinar ultraviolet.

7. Mencegah adanya kerutan

Minyak zaitun mengandung antioksidan jenis polifenol dan vitamin E yang efektif untuk mencegah munculnya kerutan di wajah.

Agar kulit tetap lembut dan halus, Anda bisa menggunakannya secara teratur beberapa minggu sekali.

8. Menghilangkan kerutan

Kandungan nutrisi yang terdapat pada minyak zaitun bisa menghilangan kerutan di wajah.

Perawatan intensif dengan krim yang dipadukan dengan minyak zaitun, gel lidah buaya, argan oil dan minyak esensial akan menghilangkan garis halus dan kerutan pada wajah.

9. Menghilangkan gatal

Minyak zaitun bisa digunakan saat wajah kering dan mulai gatal, kondisi ini akan membuat wajah nyaman dan tidak menggangu aktivitas.

10. Memperbaiki kulit yang rusak

Kulit yang rusak disebabkan karena sinar UV, asap rokok dan polusi. Dengan menggunakan minyak zaitun secara teratur akan membantu memperbaiki kulit yang rusak.

Minyak zaitun mengandung vitamin A dan E yang berguna untuk memperbaiki sel kulit yang rusak.

11. Menjaga kelenturan kulit

Minyak zaitun tidak hanya melembabkan wajah, namun juga mempertahakan wajah agar tetap elastis atau lentur.

12. Scrub bibir

Saat bibir kering atau pecah-pecah, kalian bisa membuat bibir tampak lembut dengan melakukakan scrub.

Caranya dengan mencampurkan tetesan minyak zaitun dengan lemon ditambah gula pasir dan gosokan diarea bibir selama beberapa menit.

Minyak zaitun mampu membuat bibir tampak lembut, sedangkan gula dan lemon akan mengikis sel kulit yang berada di permukaan bibir.

13. Pengganti krim mata

manfaat minyak zaitun untuk wajah

Kalian bisa memanfaatkan minyak zaitun sebagai eye cream sebagi penggati krim mata. Oleskan minyak zaitun dibawah mata menggunakan cotton bud sebelum tidur atau di pagi hari.

14. Masker wajah alami

Minyak zaitun bisa digunakan untuk masker wajah alami. Dengan komposisi bahan yang pas, masker minyak zaitun cocok untuk tipe kulit kering maupun normal.

15. Meredakan iritasi

Kandungan oleocanthal didalam minyak zaitun efektif digunakan untuk meredakan iritasi pada kulit wajah maupun bagian kulit ditubuh.

Demikian penjelasan mengenai manfaat dan kandungan minyak zaitun untuk wajah. Semoga Bermanfaat!

Artikel Terkait