10+ Manfaat Daun Mint Bagi Kesehatan (Paling Lengkap)

daun mint
ilustrasi oleh dribbble.com

Daun mint memiliki manfaat antara lain meredakan gejala flu, membantu kesehatan mata, mengurangi nyeri…dan selengkapnya dalam artikel ini

Daun mint biasa kita jumpai pada makanan, minuman maupun produk sehari-hari seperti permen, teh, pasta gigi dan lainnya. Makanan dan minuman yang diberi perasa daun tersebut akan memberikan sensasi dingin dimulut kita.

Selain itu, daun tersebut tidak hanya digunakan sebagai perasa makanan atau produk saja. Namun, daun tersebut juga banyak mengandung manfaat bagi kesehatan, apa saja manfaatnya?

1. Meredakan Flu

daun mint

Seperti yang kita ketahui, daun ini dapat membantu meredakan pilek dan flu karena mengandung ekstrak menthol. Menthol inilah yang menimbulkan sensasi dingin ketika ditelan.

Menthol memiliki efek dekongestan yang berkhasiat untuk mengencerkan lendir dan melancarkan hidung tersumbat.

2. Mengurangi Nyeri

daun mint

Daun mint dipercaya sebagai obat untuk mengatasi rasa nyeri dalam tubuh. Sebab daun tersebut mengandung zat antispasmodic

Sehingga cocok untuk mengatasi rasa nyeri. Tinggal oleskan air atau minyak daun mint pada otot yang menegang.

3. Meningkatkan Kerja Otak

Menghirup minyak esensial daun mint juga mempunyai efek pada otak kita. Yaitu bisa menurunkan tingkat kecemasan atau frustasi dan kelelahan sehingga pikiran bisa lebih relax.

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Mengoleskan minyak daun min diperut juga dapat membantu melancarkan pencernaan seperti sembelit. Karena menthol pada daun inidapat memberikan efek relaksasi pada otot-otot saluran pencernaan.

Baca juga:  51 Kata Kata Cinta Sedih Yang Menyentuh Hati Dan Perasaanmu

5. Menghilangkan Bau Mulut

daun mint

Bau mulut bisa dihilangkan dengan cara mengunyah daun ini secara langsung.

Produk-produk penghilang bau mulut juga biasanya mengandung mint. Hal ini dikarenakan daun ini mengandung antibakteri dan efek menyegarkan.

6. Mengandung Antioksidan Kuat untuk Melindungi Tubuh

Antioxidants - Haleo

Antioksidan berguna untuk melindungi tubuh yang sering berada dibawah terik matahari.

Antioksidan dinilai mampu menghentikan pembentukan atau penyebaran kanker. Kandungan asam romarinic dalam daun mint juga mampu membantu mencegah dan mengobati alergi tertentu

7. Mengandung Mineral yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Selain itu, daun ini juga memiliki kandungan zat besi .

Zat besi ini berperan penting dalam membentuk sel darah merah pada tubuh kita. Hal ini membuat kesehatan tubuh kita tetap terjaga.

8. Penambah Aroma Makan

daun mint

Daun ini biasa menjadi bahan campuran dalam masakan karena aroma nya yang menyegarkan. Sehingga menambah ciri khas pada makanan atau minuman.

9. Membantu Kesehatan Mata

See the source image

Tidak hanya pada wortel, vitamin A juga terkandung dalam daun mint. Vitamin A dikenal baik untuk untuk menjaga kesehatan dan perawatan mata. 

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Tidak hanya untuk kesehatan organ, daun mint juga mengandung vitamin E dan D yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Daun ini juga membantu memperbarui sel kulit mati karena mengandung asam salisilat.

Demikiain beberapa manfaat dari daun mint bagi tubuh kita. Tentu perlu dikonsumsi secukupnya saja. Karena apabila digunakan secara berlebihan bisa menimbulkan dampak negatif bagi tubuh.

Menyukai hal berbau sains dan teknologi. Menyelesaikan studi fisika material di Universitas Diponegoro.

Be the first to comment

Leave a Reply