Daftar Makanan Sehat untuk Diet Beserta Panduan Diet Sehat

Makanan sehat untuk diet
ilustrasi oleh dribbble.com

Makanan sehat untuk diet antara lain Oatmeal, Apel, Putih telur, Brokoli, Ikan dan selengkapnya dalam artikel ini.

“Duh, kayanya gemukan deh, diet, ah!”

Kata-kata yang sering terdengar dari para kaum wanita, dan kemudian mereka dengan sangat ketat mengontrol makan sampai tidak makan hanya untuk kurus dan mencapai berat badan yang mereka inginkan. Belum lagi julidan dari para manusia lain yang memicu seseorang untuk melakukan diet.

Sah-sah saja untuk mulai berdiet jika kamu mau punya berat badan ideal. Namun, kamu ahrus pintar-pintar membuat strateginya agar rencana diet berjalan mulus tanpa hambatan.

Alih-alih berat badan turun, angka di timbangan malah akan melonjak drastis atau malah membahayakan kesehatan tubuh.

Apa itu Diet?

Diet kerap diartikan sebagai upaya menurunkan berat badan dengan cara mengurangi porsi makan dan membatasi jenis makanannya.

Itu sebabnya banyak yang eranggapan diet hanya perlu dijalani oleh orang-orang kegemukan yang ingin kurus. Padahal, pengertian diet yang seperti ini kurang tepat.

Diet dalam artian murninya juga bisa diartikan sebgai pola makan bergizi seimbanag untuk meraih banyak tujuan berbeda, tergantung dari masing-masing individu.

Ada yang berdiet memang untuk menurunkan berat badan, menaikkan berat badan, menjaga kesehatan, memulihkan kesehatan setelah sakit, atau mengelola kondisi kesehatan tertentu.

Pola makan yang sehat dan seimbang membantu setiap organ tubuh bekerja lebih efisien. Jika nutrisi dalam tubuh tidak tercukupi dengan baik metabolism tubuh akan menurun sehingga kamu akan gampang sakit dan mengalami perubahan berat badan secara drastic.

Aturan Diet Sehat agar Turun Berat Badan

Jika tujuan utama kamu memang menurunkan berat badan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mulai rencana diet. Tenang, diet untuk memangkas berat badan itu tidak sesusah yang kamu bayangkan.

Bila kamu menerapkan aturan sehat di bawah ini, bukan hanya berat badan ideal yang bisa kamu dapat. Dalam jangka panjang, diet sehat akan membantu kamu terhindar dari berbagai penyakit kronis.

1. Pilih makanan yang tepat

Jika selama ini terbiasa makan makanan berlemak, berminyak, asin atau manis, sebaiknnya mulai perlahan tukar menu makanan kamu dengan yang lebih sehat. Pemilihan jenis makanan yang tepat memegang peran penting untuk menjamin kesuksesan diet kamu.

Pilihan makanan yang bisa mendukung rencana diet sehat kamu diantaranya adalah sayur dan buah segar, daging merah dan putih tanpa lemak, ikan, kacang dan biji-bijian, susu, dan produk rendah lemak, dan makanan kaya pati resisten.

Cara det sehat ini dapat kamu lakukan dengan menghindari makanan yang berlemak serta mengandung gula tinggi. Selain itu, hindari pula makanan kemasan serta gorengan karena makanan seperti itu hanya akan menggafalkan diet sehat kamu.

2. Atur porsinya

Semua makanan tetap dibutuhkan tubuh. Kamu tinggal mengatur porsinya dengan baik. Diet yang sehat bukan berarti harus memangkas porsi makan sampai seminimal mungkin.

Kuncinya kamu harus makan sesuai dengankebutuhan kalori per hari. Ingat, menjaaga asupan kalori tetap penting agar semua fungsi tubuh bisa terus berjalan optimal.

Bagaimana cara menghitung kebutuhan kalori harian saat diet?

Sebetulnya tidak ada aturan yang pasti mengenai perhitungannya. Total kebutuhan kalori setiap orang itu berbeda-beda.

Baca juga:  Kumpulan Do'a untuk orang Menikah dan Pengantin Baru [LENGKAP]

Namun, jika sedang berencana menurunkan berat badan, idealnya kamu hanya perlu mengurangi 500 kallori setiap hari. Dengan pengurangan ini, kamu dapat kehilangan 0,5-1 kg berat badan per minggu.

3. Buat jadwal makan teratur

Banyak yang beranggapan bahwa diet akan lebih cepat memuahkan hasil jika kita melewatkan waktu makan. Ada yang memilih tidak sarapan, tidak makan siang, atau tidak makan malam.

Sebenarnya cara diet seperti ini salah. Setiap waktu makan itu penting. Melewatkan waktu makan justru akan membuat kamu kelaparan, gula darah naik-turun drastis, dan semakin stress yang kesemuanya ikut andil mengacaukan rencana dietmu.

Tidak apa unutk makan 3 kali sehari asalakan dengan memerhatikan aturan porsi di atas. Jika memang ingin mengurangi porsi makan, kamu bisa membagi 3 waktu makan besar menjadi 6 kali makan sepanjang hari dengan porsi yang lebih kecil.

4. Kurangi gula dan garam

Banyak orang yang meremehkan ara diet sehat satu ini. Padahal, mengurangi porsi gula, garam, minyak, dan lemak adalah salah satu kunci kesuksesan diet sehat yang juga menjamin kesehatan kamu dalam jangka panjang.

Makanan tinggi gula, garam, minyak, dan lemak juga berkalori tinggi sehingga buruk bagi tubuh. Makanan berkalori tinggi adalah awal mula berbaga masalah kesehatan, dari kenaikan berat badan, diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, hingga penyakit jantung.

5. Jadikan olahraga sebagai kebutuhan

Olahraga adalah cara diet sehat yang palin mudah untuk dilakukan. Mengatur porsi makan saja tidak akan sukses menurunkan berat badan.

Jika tidak dibarengi olahraga rutin, karena tubuh kamu tetap perlu membakar ekstrak kalori yang masuk ke dalam tubuh sekaligus juga membentuk otot.

Mulailah membiasakan diri  untuk olahraga secara rutin setidaknya 30 menit tiap hari, misalnya berjalan-jalan santai atau jogging selama 30 menit di area rumah. Jadikan olah raga sebagai kebutuhan bukan kewajiban.

6. Jauhi kebiasaan buruk

Di samping mengatur pola makan dan olahraga ruitn, rencana diet kamu akan berjalan lebih baik jika kamu menerapkan pola hidup yang sehat.

Secara keseluruhan, misalnya tidur cukup 7-8 jam per malam, sebisa mungkin hindari lembur dan begadang, hindari konsumsi alkohol dan jangan meorokok. Hal-hal tersebut akan membantu diet sehatmu berjalan mudah.

Pilihan Makanan sehat untuk diet

1. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu makanan sehat yang paling sering dikonsumsi saat diet. Hal ini karena oatmeal termasuk makanan yang mengandung serat tinggi dan punya indeks glikemik rendah.

Kandungan protein, magnesiiiun, fosfor, dan vitamin B1 dalam oatmeal juga berfungsi untuk menghasilkan energy sehingga membuat kamu tetap bersemangat menjalani aktivitas.

Selain membantu menurunkna berat badan, oatmeal juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol serta gula darah agar tetap normal. Itu sebabnya, untuk menu sarapan program diet, oatmeal bisa jadi pilihan yang tepat.

2. Apel

Apel merupakan salah satu buah yang paling banyak disukai orang ketika sedang diet. Buah bewarna merah atau hijau ini memang memiliki kandungan zat gizi yang baik dan mampu membantu usaha kamu dalam menurunkan timbangan berat badan.

Satu buah apel (100gr) diketahui mengandung 95 kalori, yang sebagian besarnya berasa dari kandungan karbohidrat di dalamnya. Meski tinggi kalori, apel merupakan buah bebas lemak, natrium, dan kolesterol. Buah ini juga kaya air karena 86% kandungan apel adalah ai.

3. Putih telur

Biasanya putih telur dikonsums oleh para binaragawan sebagai menu diet sehat. Tidak seperti kuning telur, putih telur tinggi proten namun rendah lemak, sehingga cocok dijadikan sebagai makanan untuk diet.

Baca juga:  50+ Quote Motivasi Hidup Agar Lebih Semangat [UPDATED]

Putih telur mengandung protein kompleks yang berkualitas tinggi. Protein kompleks sendiri mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

Ditambah lagi, makanan diet sehat ini tidak punya nilai indeks glikemik, karena tak memiliki kandungan karbohidrat, sehinggaa penderita diabetes bisa dengan aman mengonsumsi putih telur.

4. Brokoli

Brokoli bisa kamu andalkan sebagai salah satu makanan dietsehat. Hal ini karena brokoli rendag kalori namun kaya akan vitamin, serta, serta mineral.

Bayangkan, satu gelas yang penuh dengan potongan brokoli hanya mengandung 30 kalori saja. Sementara untuk kandungan serat sebanyak 5gr yang dapat membantu kamu kenyang seharian.

Tidak hanya itu, sayuran ini juga mampu membantu mengenalikan kadar gula darah.

5. Ikan

Selain berbagai jenis makanan yang sudah disebutkan di atas, kamu juga dapat mengonsumsi ikan sebagai makanan diet sehat. Kandungan lemak baik omega-3 dalam ikan dapat membantu kamu menurunkan berat badan. Biasanya, lemak ini ada di dalam ikan perairan laut dalam seperti salmon, tuna, san makarel.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia mengungkapkan bahwa orang yang menu makan malamnya adalah ikan cenderung terbiasa makan lebih sedikit keesokan harinya ketimbang orang yang makan daging.

Agar manfaat ikan ini lebih optimal, sebiknya hindari mengonsumsi ikan dengan cara digoreng. Alih-alih menurunkan berat badan, tambahan minyak trans justru akan menyumbang lebih banyak lemak di tubuh kamu.

6. Cemilan rendah kalori

Tak perlu meninggalkan kebiasaan untuk ngemil. Selama menjalani diet, kamu sebenarnya tak dilarang kok untuk makan camilan. Saat ini telah banyak camilan sehat dijual di pasaran sebagai makanan diet sehat.

Akan tetapi, pastikan jika cemilan yang dikonsumsi memang rendah kalori dan tak mengadung gula tinggi.

Rekomendasi Menu Diet Sehat

Sebenarnya merancang menu diet sehat untuk  sehari-hari tidaklah sulit, selama setiap makanan dan camilan yang dikonsumsi mengandung protein, serat, karbohidrat kompleks dan sedikit lemak.

Berikut ini beberapa referensi menu diet sehat yang dapat kamu coba terapkan untuk sehari-hari.

Menu diet sehat 1

  • Sarapan
    Teh atau kopi dengan gula, jangan ditambahkan susu
    Dua lembar roti gandum utuh dengan mentega
  • Makan siang
    Dada ayam panggang dengan baluran butter atau minyak zaitun
    Sayuran rebus (seperti wortel, brokoli, jagung) dan kentang tumbuk (mashed potato)
    Segelas air putih
    Cemilan : apel
  • Makan malam
    Steak daging tanpa lemak
    Kentang tumbuk
    Segelas air putih

Menu diet sehat 2

  • Sarapan
    Secangkir yogurt plain dengan madu
    Satu buah pisang
    Segelas air putih
  • Makan siang
    Salad sayur ditambah macaroni pakai minyak zaitun agar lebih sehat
    Segelas air putih
    Cemilan : granola bar
  • Makan malam
    Dada ayam rebus tanpa kulit
    Setup brokoli dan kacaang merah
    Segelas air putih

Menu diet sehat 3

  • Sarapan
    Telur rebus ditambah keju
  • Makan siang
    Nasi merah
    Pepes ikan
    Tahu atau tempe rebus
    Cemilan : jus buah asli tanpa tambahan gula
  • Makan malam
    Salad sayuran tambahkan perasan jeruk lemon, jamur dan sedikit minyak zaitun (bisa ditambahkan juga dengan potongan dada ayam atau udang dan taburan keju)

Terima kasih sudah membaca artikel Makanan sehat untuk diet ini. Buat kamu yang mau diet tetap ikuti aturan dan jangan terlalu memaksakan diri

Sampai jumpa di artikel selanjutnya~

Referensi: sehatq.com