Arti Kata ‘Sinergi’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘sinergi’ memiliki arti sebagai berikut:

  • sinergi: /si·ner·gi/ /sinérgi/ n 1 kegiatan atau operasi gabungan; 2 sinergisme;
  • bersinergi: /ber·si·ner·gi/ v melakukan kegiatan atau operasi gabungan: sudah sampai waktunya bangsa Indonesia mulai bekerja dan – secara positif yg menguntungkan seluruh bangsa;
  • mengnyinergikan: /meng·nyi·ner·gi·kan/ v menggiatkan. Contoh: kita jangan terjebak dng cara pandang dikotomis yg mempertentangkan peran lelaki dan perempuan, lebih baik – potensi-potensi mereka

Penjelasan Arti ‘Sinergi’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Sinergi adalah sebuah konsep yang menggambarkan kerja sama antara dua bagian atau lebih yang berbeda untuk mencapai tujuan yang sama. Bayangkan kamu sedang bermain permainan yang membutuhkan kerjasama tim, dimana setiap pemain memiliki peran masing-masing.

Mereka harus bekerja sama dengan baik agar bisa memenangkan permainan tersebut. Inilah yang dimaksud dengan sinergi dalam kegiatan atau operasi gabungan.

Kita sering mendengar istilah sinergisme.

Ini adalah prinsip yang sama dengan sinergi, hanya saja istilah ini lebih sering digunakan dalam konteks ilmiah, khususnya saat mendeskripsikan interaksi antar obat atau proses alami yang menghasilkan hasil yang lebih baik ketika dikombinasikan dibandingkan masing-masing komponennya sendirian.

Ketika seseorang atau kelompok orang ‘bersinergi’, artinya mereka bekerja bersama dengan cara yang menguntungkan semua pihak yang terlibat.

Contohnya, berbagai komunitas di Indonesia yang berbeda-beda bisa bersinergi untuk menciptakan perubahan sosial yang bermanfaat bagi semua warga negara.

Selanjutnya, ada kata ‘mengsinergikan’, yang artinya menggiatkan atau mendorong agar terjadi sinergi.

Ini seperti kalau kita mengajak teman-teman untuk tidak hanya berpikir tentang keuntungan pribadi, tapi juga cara untuk meleburkan potensi setiap orang untuk kebaikan bersama.

Misalnya, dalam konteks gender, kita tidak memisahkan peran laki-laki dan perempuan secara kaku, tapi justru mencari cara untuk menggabungkan kekuatan kedua pihak agar bisa mendapatkan hasil yang lebih baik.

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/sinergi