Arti Kata ‘Reflektif’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘reflektif’ memiliki arti sebagai berikut:

  • reflektif: /re·flek·tif/ /réfléktif/ a gerakan badan di luar kemauan; secara refleks. Contoh: ia merajuk dan menggaruk kepalanya secara reflektif

Penjelasan Arti ‘Reflektif’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Reflektif adalah kata sifat yang menggambarkan sebuah aksi atau gerakan yang tidak disengaja, yang terjadi secara otomatis tanpa kita harus berpikir atau memutuskannya terlebih dahulu.

Bayangkan ketika kalian sedang asyik duduk, dan tiba-tiba ada benda yang terbang mendekati mata, dan tanpa berpikir, kalian langsung mengedip. Itulah contoh dari gerakan reflektif.

Secara sederhana, gerakan reflektif mirip seperti jawaban tubuh kita terhadap situasi-situasi tertentu yang terjadi begitu cepat, sehingga otak kita hanya melakukannya secara instinktif.

Misalnya saja, jika tangan kalian tanpa sengaja menyentuh panci yang panas, refleks kalian adalah segera menarik tangan kalian kembali. Kalian tidak perlu berpikir dulu bahwa panci itu panas dan harus ditarik tangan kalian.

Contoh lain dari kata reflektif bisa dilihat ketika seseorang tiba-tiba bersin tanpa bisa mengendalikannya, atau saat kita terkejut dan tiba-tiba melompat.

Semua itu merupakan respon alami tubuh yang terjadi secara reflektif.

Di dalam kegiatan sehari-hari, banyak gerakan reflektif yang kalian alami, meskipun kadang kalian tidak menyadarinya karena sebegitu alaminya gerakan tersebut bagi tubuh.

Jadi, ketika kalian mendengar atau membaca kata ‘reflektif’, ingatlah bahwa itu mengacu pada semua reaksi instan yang terjadi tanpa perlu dipikirkan terlebih dahulu, sebagai respons alami tubuh terhadap berbagai rangsangan dari luar.

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/reflektif