Arti Kata ‘Alangkah’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘alangkah’ memiliki arti sebagai berikut:

  • alangkah: /alang┬Ěkah/ adv kata afektif penanda rasa heran, kagum, dsb; betapa. Contoh: alangkah indahnya pemandangan itu

Penjelasan Arti ‘Alangkah’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Alangkah adalah sebuah kata yang sering kita pakai untuk menunjukkan perasaan yang sangat kuat, seperti keheranan, kekaguman, atau emosi lainnya yang serupa. Kata ini biasanya dipakai ketika kita ingin mengungkapkan rasa terkejut atau terpukau oleh sesuatu yang tidak biasa atau sangat menarik.

Misalnya, kalian pergi ke sebuah tempat wisata dan melihat pemandangan alam yang sangat indah.

Di sana, kalian mungkin akan mengatakan, “Alangkah indahnya pemandangan ini!” Itu artinya kalian merasa sangat takjub dan kagum dengan apa yang kalian lihat hingga kalian merasa perlu mengungkapkannya dengan kata-kata yang bisa menunjukkan betapa kalian terkesan.

Selain untuk kagum, kata “alangkah” juga bisa digunakan dalam situasi lain, misalnya saat kalian kaget atau heran.

Contohnya, saat kalian mendengar berita yang sangat mengejutkan, kalian bisa berkata, “Alangkah terkejutnya saya mendengar berita itu!”

Dalam bahasa sehari-hari, kata “alangkah” biasanya diikuti oleh kata-kata lain yang bisa menambah makna atau menjelaskan apa yang membuat kita merasa heran atau kagum.

Kata-kata yang mengikuti “alangkah” sering kali berbentuk kata sifat atau frasa yang mendeskripsikan objek dari perasaan tersebut.

Penggunaan “alangkah” biasanya muncul dalam percakapan yang penuh emosi atau ekspresi yang kuat.

Ini adalah cara untuk menampilkan emosi kita secara intens dan menularkan perasaan itu kepada orang lain supaya mereka bisa merasakan apa yang kita rasakan. Jadi, jika suatu hari kalian mengalami atau melihat sesuatu yang benar-benar luar biasa, jangan ragu untuk menggunakan kata “alangkah” untuk membagikan keajaiban dan kekaguman kalian dengan orang lain.

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/alangkah