Arti Kata ‘Patina’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘patina’ memiliki arti sebagai berikut:

  • patina: /pa·ti·na/ n Kim balutan hijau pd perunggu yg sebenarnya suatu oksida dan karbonat dr tembaga

Penjelasan Arti ‘Patina’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Patina merujuk pada lapisan yang sering kali terlihat pada objek yang terbuat dari perunggu, yang mana warnanya bisa hijau kebiruan hingga hijau keabuan. Walaupun pada awalnya mungkin terlihat seperti kotoran atau tanda kerusakan, patina sebenarnya adalah suatu lapisan yang terbentuk secara alami seiring waktu.

Lapisan ini terdiri dari oksida dan karbonat tembaga.

Fenomena ini terjadi karena interaksi antara tembaga pada perunggu dengan oksigen di udara, terkadang juga dengan karbon dioksida atau kelembapan yang ada di lingkungan sekitar.

Ketika terjadi reaksi kimia, terbentuklah lapisan patina ini yang secara bertahap akan menutupi permukaan benda perunggu.

Patina tidak hanya memberikan warna yang unik, tapi juga berfungsi sebagai lapisan pelindung.

Lapisan ini dapat melindungi benda perunggu tersebut dari proses korosi lebih lanjut. Itulah sebabnya, dalam banyak kasus, patina dianggap sebagai sesuatu yang bernilai, bahkan sering dibiarkan untuk membuktikan keaslian dan usia objek perunggu tersebut.

Di dunia seni dan pengumpulan barang antik, patina pada perunggu bisa sangat dihargai.

Itu karena, patina otentik menunjukkan bahwa suatu benda telah bertahan lama dan membawa ‘cerita’ dari masa lalunya. Kadang-kadang, para kolektor dan kurator malah akan meninggalkan patina pada sebuah benda agar nilai historisnya tetap terjaga.

Namun, penting untuk dicatat bahwa tidak semua patina sama.

Ada patina yang terbentuk secara alami seiring berjalannya waktu, tapi ada juga patina buatan yang sengaja dibuat oleh manusia, bisa untuk tujuan artistik atau untuk memberikan kesan antik pada benda tersebut.

Singkatnya, patina adalah lapisan alami yang terbentuk pada perunggu, bukan berarti benda itu rusak atau kotor, melainkan telah melalui proses penuaan yang menciptakan karakter dan perlindungan untuk benda tersebut.

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/patina