Arti Kata ‘Manuver’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘manuver’ memiliki arti sebagai berikut:

  • manuver: /ma·nu·ver/ n Mil 1 gerakan yg tangkas dan cepat dr pasukan (kapal dsb) dl perang; 2 latihan perang-perangan oleh militer;
  • manuver lapangan :latihan taktis yg dilakukan di medan dl keadaan hampir sama dng keadaan pertempuran yg sesungguhnya;
  • manuver peta: latihan taktis yg pesertanya disusun dl suatu tim staf yg menyelenggarakan operasi militer di atas peta di bawah pimpinan seorang pelatih;
  • manuver peta dua pihak: latihan taktis di atas peta yg pesertanya dibagi atas dua tim, sbg pasukan sendiri dan sbg musuh;
  • manuver peta satu pihak: latihan taktis di atas peta yg pesertanya disusun dl tim staf, sedangkan musuh dikhayalkan oleh pelatih;
  • manuver politik: gerakan yg cepat dl bidang politik;
  • manuver strategis: gerakan militer yg dilakukan dl rangka kampanye untuk mendisposisikan daya tempur dl keadaan yg menguntungkan sehingga lawan kehilangan keseimbangan dan pertahanan serta perlawanannya dapat dipatahkan;
  • manuver taktis: gerakan militer yg dilakukan dl rangka pertempuran dng tujuan menempatkan satuan dan senjata yg menguntungkan untuk pelaksanaan perkelahian dl pertempuran;
  • bermanuver: /ber·ma·nu·ver/ v melakukan manuver

Penjelasan Arti ‘Manuver’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Manuver adalah kata yang sering kita dengar, terutama dalam konteks militer. Kata ini memiliki beberapa arti yang berkaitan dengan gerakan cepat dan strategis. Pertama-tama, manuver bisa mengacu pada gerakan yang tangkas dan cepat dari pasukan atau kapal dalam situasi perang.

Ini berarti ketika pasukan atau armada perlu bergeser atau bergerak dengan cekatan untuk menghadapi musuh atau mengubah posisi, mereka sedang melakukan manuver.

Kemudian, manuver juga berarti latihan perang yang dilakukan oleh militer.

Dalam latihan ini, pasukan melakukan simulasi atau reka ulang situasi pertempuran untuk berlatih bagaimana mereka harus bergerak dan bertindak selama konflik yang sesungguhnya.

Latihan ini penting karena membantu anggota militer memahami dan menguasai strategi pertempuran serta meningkatkan kerjasama tim.

Kita juga sering mendengar istilah “manuver lapangan”.

Ini adalah jenis latihan yang dilakukan di medan nyata, dengan kondisi yang menyerupai sebisa mungkin situasi pertempuran sungguhan. Ini memberikan kesempatan kepada pasukan untuk merasakan dan menyesuaikan diri dengan kondisi yang mungkin mereka hadapi di medan perang.

Ada juga “manuver peta”, di mana operasi militer disimulasikan dengan peserta yang terbagi dalam tim atau staf. Mereka menggunakan peta untuk merencanakan dan melaksanakan operasi.

Manuver peta bisa dibagi lagi menjadi dua jenis: “manuver peta dua pihak”, di mana peserta dibagi menjadi dua kelompok yang masing-masing berperan sebagai pasukan sendiri dan musuh, serta “manuver peta satu pihak”, di mana musuh hanya dibayangkan dan strategi dikembangkan berdasarkan situasi itu.

Di luar konteks militer, kita juga bisa bertemu dengan istilah “manuver politik”.

Dalam politik, manuver merujuk kepada gerakan cepat atau taktik yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk mencapai tujuan politik mereka. Ini seringkali dilakukan untuk mendapatkan keuntungan atau posisi yang lebih baik dalam arena politik.

Manuver strategis adalah gerakan militer yang direncanakan untuk mendapatkan posisi yang lebih menguntungkan dalam kampanye militer, sementara manuver taktis adalah gerakan dalam skala lebih kecil yang bertujuan untuk memposisikan pasukan dan senjata dengan cara yang paling menguntungkan selama pertempuran.

Ketika seseorang “bermanuver”, itu artinya mereka sedang melakukan salah satu atau lebih dari gerakan yang telah dijelaskan.

Baik itu dalam latihan militer maupun dalam taktik politik, bermanuver adalah tentang mengambil langkah yang cerdas dan cepat untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan.

Jadi, manuver pada dasarnya adalah tentang bergerak dan bertindak dengan kecerdikan dan strategi, baik dalam menyusun bala tentara dalam perang, mengatur posisi politik, atau bahkan dalam situasi sehari-hari di mana orang perlu beradaptasi dengan cepat dan secara strategis.

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/manuver