Arti Kata ‘Manipulasi’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘manipulasi’ memiliki arti sebagai berikut:

  • manipulasi: /ma·ni·pu·la·si/ n 1 tindakan untuk mengerjakan sesuatu dng tangan atau alat-alat mekanis secara terampil; 2 ki upaya kelompok atau perseorangan untuk memengaruhi perilaku, sikap, dan pendapat orang lain tanpa orang itu menyadarinya; 3 ki penggelapan; penyelewengan. Contoh: manipulasi uang proyek di instansi itu telah diperiksa oleh Bepeka;
  • manipulasi psikologis: usaha memengaruhi individu dng mengendalikan segala keinginan dan gagasan yg ada di bawah sadar, juga menggunakan sugesti;
  • memanipulasi: /me·ma·ni·pu·la·si/ v 1 mengerjakan sesuatu dng menggunakan tangan; 2 mengatur (mengerjakan) dng cara yg pandai sehingga dapat mencapai tujuan yg dikehendaki. Contoh: pembicara yg pandai dapat – sidang sehingga semua hadirin diam terpukau; 3 berbuat curang (memalsu surat-surat, menggelapkan barang, dsb). Contoh: ia dihukum krn – cek;
  • memanipulasikan: /me·ma·ni·pu·la·si·kan/ v memanipulasi;
  • pemanipulasian: /pe·ma·ni·pu·la·si·an/ n proses, cara, perbuatan memanipulasi atau memanipulasikan

Penjelasan Arti ‘Manipulasi’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Manipulasi bisa dipahami sebagai suatu tindakan yang dilakukan dengan terampil, bisa dengan tangan kita atau dengan alat mekanis. Contohnya, dokter yang melakukan operasi dengan tangan mereka secara hati-hati dan terampil, atau seorang mekanik yang memperbaiki bagian mobil menggunakan alat-alat khusus.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita kadang mendengar manipulasi dalam konteks negatif..

Ini berkaitan dengan usaha seseorang atau sekelompok orang yang mencoba mengubah cara berpikir orang lain tanpa mereka sadari. Misalnya, iklan-iklan di televisi yang dirancang sedemikian rupa sehingga membuat kita merasa perlu membeli produk yang diiklankan, walaupun kita sebenarnya tidak begitu membutuhkannya.

Manipulasi juga bisa berarti berbuat curang, seperti penyelewengan uang atau penggelapan.

Ini terjadi ketika seseorang mengambil uang yang bukan haknya, atau mengubah dokumen dengan niat tidak baik. Contohnya, pegawai bank yang sengaja mengurangi uang nasabah untuk kepentingan pribadi mereka.

Dalam psikologi, manipulasi dapat berarti usaha mengontrol pikiran orang lain, dengan mempengaruhi keinginan dan gagasan yang mereka miliki, seringkali melalui sugesti atau pengaruh halus.

Ini bisa terjadi tanpa orang tersebut sadar bahwa pemikirannya sedang diarahkan oleh orang lain. Misalnya, hipnotis yang mengendalikan responden untuk mengikuti perintahnya.

Memanipulasi dalam bentuk kata kerja berarti melakukan tindakan tersebut.

Misalnya, seorang pembicara yang pandai dalam memanipulasi sidang bisa membuat hadirin terpukau dan mengikuti kehendak pembicara. Ini mencakup keahlian dalam berkomunikasi dan mengatur situasi sehingga mencapai hasil yang diinginkan.

Jadi, manipulasi bisa memiliki banyak makna tergantung pada konteksnya.

Bisa jadi keterampilan dalam melakukan sesuatu, tetapi sering kali dikaitkan dengan tindakan negatif seperti menyembunyikan kebenaran atau mempengaruhi orang lain tanpa izin mereka.

Penting untuk selalu sadar akan kemungkinan manipulasi dalam berbagai aspek kehidupan dan berusaha untuk berpikir secara kritis dan jujur dalam semua yang kita lakukan..

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/manipulasi