Arti Kata ‘Gunjing’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘gunjing’ memiliki arti sebagai berikut:

  • gunjing: /gun·jing/ n umpat; fitnah;
  • gunjing gujirak: berbagai umpatan dan fitnah;
  • gunjing gujirat: gunjing gujirak;
  • bergunjing: /ber·gun·jing/ v berbicara (beromong-omong) tt kejelekan (kekurangan) seseorang dsb;
  • menggunjing: /meng·gun·jing/ v 1 membicarakan kekurangan orang lain; 2 mengumpat; memfitnah;
  • menggunjingkan: /meng·gun·jing·kan/ v memperkatakan (kejahatan orang dsb). Contoh: banyak orang yg menggunjingkan peristiwa perampokan bank itu;
  • gunjingan: /gun·jing·an/ n yg dipergunjingkan; umpatan; pembicaraan: ia tidak ingin menjadi gunjingan orang, ia terpaksa menceraikan istrinya;
  • mempergunjingkan: /mem·per·gun·jing·kan/ v menggunjingkan;
  • pergunjingan: /per·gun·jing·an/ n perihal bergunjing. Contoh: jangan dihiraukan pergunjingan orang tt keluarga kita

Penjelasan Arti ‘Gunjing’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kata “gunjing” sering kita dengar dalam percakapan sehari-hari. Biasanya, hal itu berkaitan dengan pembicaraan yang mengandung komentar negatif tentang seseorang. Bayangkan kamu sedang sama teman-teman, lalu mulai membicarakan kejelekan orang lain yang tidak hadir di situ, itulah yang disebut ‘gunjing’.

Jadi, seseorang yang sedang ‘bergunjing’ artinya mereka sedang membicarakan keburukan orang lain.

Pada dasarnya, ‘gunjing’ bisa berarti umpatan atau fitnah. Umpatan adalah keluarga kata dari ‘bergunjing’, yang berarti perkataan kasar atau negatif terhadap seseorang.

Sementara fitnah itu lebih berat lagi karena artinya kamu menuduh seseorang dengan sesuatu hal buruk yang sebenarnya nggak benar atau tanpa bukti.

Kalau ada kata ‘menggunjing’, ini adalah bentuk aktif dari ‘gunjing’.

Jika kamu ‘menggunjing’, artinya kamu sedang melakukan aksi berbicara buruk tentang orang lain. Istilah ‘gunjingan’ adalah benda dari kata ‘gunjing’ yang bisa merujuk pada apa yang digunjingkan atau bisa juga gunjingan itu sendiri adalah umpatan.

Ada pula istilah ‘menggunjingkan’, yang berarti memperbicarakan keburukan seseorang atau suatu kejadian, seperti misalnya kalau banyak orang yang ngomongin tentang perampokan di bank yang baru saja terjadi.

Ketika kamu mendengar kata ‘pergunjingan’, itu adalah tentang perihal atau situasi dimana gunjingan itu terjadi.

Jadi, jika ada yang bilang ‘jangan pedulikan pergunjingan orang tentang keluarga kita’, berarti jangan ambil pusing tentang orang-orang yang ngomongin keluarga kita di belakang.

Intinya, ‘gunjing’ dan turunannya menggambarkan situasi dimana seseorang atau sejumlah orang membicarakan hal-hal yang nggak bagus tentang orang lain, bisa jadi itu nggak benar, bisa saja itu cuma gosip atau buruk sangka.

Membicarakan aib orang lain tanpa mereka tahu atau mengada-ada cerita yang bisa menyakiti reputasi mereka, itulah gunjing. Kebiasaan ini tentunya nggak baik dan sebaiknya dihindari karena bisa menyakiti hati orang lain dan menciptakan suasana yang nggak sehat dalam pertemanan atau komunitas.

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/gunjing