Fungsi-Fungsi Rangka Bagi Tubuh Manusia [Lengkap + Gambar]

fungsi rangka
ilustrasi oleh dribbble.com

Fungsi rangka adalah sebagai pondasi dalam tubuh, pelindung organ-organ dalam, tempat melekatnya otot, tempat menyimpan mineral penting dalam tubuh dan selengkatnya dalam artikel ini.

Tubuh manusia tersusun dari sistem rangka yang memiliki fungsi yang sangat penting seperti memberikan bentuk, struktur, membantu gerak dan perlindungan bagi tubuh.

Organ-organ vital aman terlindungi oleh rangka, kemudian tangan dan kaki kita bisa bergerak karena adanya rangka. Oleh karena itu, rangka begitu penting untuk hidup manusia. Nah, apa itu rangka manusia?

Rangka manusia adalah suatu sistem dalam tubuh manusia yang tersusun atas berbagai rangkaian tulang baik itu tulang rawan, ligamen dan jaringan yang ada didalamnya.

Saat manusia lahir setidaknya ada 300 tulang untuk membentuk rangka manusia, sedangkan saat dewasa tulang-tulang ini menyatu sehingga jumlahnya menyusut menjadi 206 tulang dalam tubuh.

Setiap tulang memiliki fungsi penting dalam satu kesatuan sistem rangka, sehingga sering kali rangka disebut sebagai pondasi dasar dalam tubuh kita.

Rangka tersusun atas berbagai tulang yang saling bekerja sama sekitar 206 tulang membentuk sistem rangka beserta tulang rawan dan ligamen yang berperan penting dalam tubuh manusia.

Beberapa fungsi utama rangka manusia antara lain:

1. Rangka sebagai pondasi dalam tubuh

fungsi rangka

Rangka berfungsi sebagai pondasi dalam tubuh karena memberikan bentuk struktur tubuh secara utuh sehingga membuat organ maupun tubuh tetap dalam posisinya.

Contohnya tulang belakang, tulang kaki dan tulang pinggul  yang saling bekerja sama sehingga mampu menopang berat tubuh manusia.

2. Rangka sebagai pelindung organ dalam

Rangka berfungsi sebagai pelindung organ-organ dalam karena sebagian besar organ tersusun atas jaringan lunak sehingga dengan adanya rangka akan melindungi organ-organ yang lunak tersebut agar tidak mudah rusak.

Baca juga:  5 Jenis Tanah Liat dan Berbagai Manfaatnya [TERBARU]

Contohnya yaitu organ paru-paru dan jantung yang dilindungi oleh tulang rusuk, selain itu ada tulang tengkorak yang melindung otak ketika terjadi benturan.

3. Tempat melekatnya otot

fungsi rangka

Tubuh bisa bergerak leluasa karena adanya sistem rangka yang bekerja bersama otot atau membentuk sistem pergerakan yang disebut musculoskeletal.

Otot-otot menempel pada rangka yang digunakan untuk bergerak, contohnya seperti yang ada di kaki, tangan, tulang kering, menempel pada tulang paha dan tulang-tulang lainnya.

4. Sebagai Alat gerak

Rangka bersama otor dan sendi-sendi yang ada dalam tubuh berfungsi sebagai alat gerak yang membantu dalam pergerakan tubuh.

Seperti pada tulang-tulang kaki yang membentuk sendi dengan tulang lutut sehingga memungkinkan kita bergerak ke depan dan belakang.

5. Memproduksi sel darah

Sumsum tulang berfungsi untuk menghasilkan sel darah. Sum-sum tulang bertekstur lunak biasanya ditemukan di rongga beberapa tulang.

Nah, selain menghasilkan sel darah sumsum tulang juga membantu dalam menghancurkan sel-sel darah yang sudah tua.

6. Memberi bentuk tubuh

fungsi rangka

Rangka berfungsi untuk memberikan bentuk pada tubuh seperti memberi bentuk pada rahang maupun tinggi badan. Rangka memberikan tubuh sehingga memiliki ciri-ciri tertentu seperti ukuran pada kaki dan tangan.

Selain itu pada tulang rusuk dan tulang belakang, bentuk ini akan memudahkan paru-paru mengambil udara dengan maksimal saat proses pernapasan.

7. Tempat menyimpan mineral dan nutrisi

Rangka berfungsi sebagai tempat menyimpan mineral penting dalam tubuh yaitu kalsium dan fosfor. Keduanya dibutukan sel agar bisa berfungsi dengan baik khususnya berguna untuk sel saraf dan otot

Selain itu, pada sumsum tulang juga ditemukan jaringan adiposa atau lemak yang dapat digunakan sebagai sumber energi.

Demikian penjelasan mengenai fungsi-fungsi rangka bagi tubuh manusia lengkap beserta gambarnya. Semoga bermanfaat!

Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.

Be the first to comment

Leave a Reply