Doa Selamat Dunia Akhirat : Bacaan, Latin, dan Terjemahannya

doa selamat dunia akhirat

Doa selamat dunia akhirat berbunyi: Allaahumma Innaa Nas Aluka Salaamatan Fid Diin, Wa ‘Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyadatan Fil ‘Ilmi, Wabaròkatan Dir Rizqi…. selengkapnya dalam artikel ini.

Setiap hamba pastinya menginginkan agar mendapat keselamatan dalam aktivitas sehari-hari atau bahkan selamat ketika kelak nanti di akhirat.

Makna selamat yang dimaksud dapat berarti terbebas dari bahaya, terhindar dari bencana atau malapetaka serta dijauhkan dari perbuatan yang salah. Oleh karena itu, seorang hamba memanjatkan doa demi memohon keselamatannya baik di dunia maupun di akhirat.

Pada hakikatnya, Al-Quran dan Al-hadits telah tercantum beberapa doa selamat dunia akhirat yang telah dipanjatkan oleh pendahulu kita.

Doa-doa tersebut dapat berupa bacaan panjang atau bacaan pendek. Untuk itulah mari kita simak lebih lanjut apa saja doa selamat dunia akhirat.

Doa Selamat Dunia Akhirat

doa selamat dunia akhirat

Adapun doa selamat dunia dan akhirat dipanjatkan untuk beberapa tujuan seperti :

  • Diberi keselamatan baik di dunia maupun di akhirat.
  • Jauh dari bencana atau malapetaka.
  • Dijauhkan dari tipu daya orang kafir.
  • Selamat dari orang zalim.
  • Selamat dari penguasa zalim.
  • Terhindar dari siksa neraka.

Doa selamat dunia akhirat yaitu :

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

“Allaahumma Innaa Nas Aluka Salaamatan Fid Diin, Wa ‘Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyadatan Fil ‘Ilmi, Wabaròkatan Dir Rizqi, Wa Taubatan Qòblal Maut, Waròhmatan Indal Maut, Wa Maghfiròtan Ba’dal Maut. Allaahumma Hawwin ‘Alainaa Fii Sakaròòtil Maut, Wan Najaata Minan Naar, Wal ‘Afwa Indal Hisaab”

Artinya :

Baca juga:  Doa Keluar dan Masuk Masjid – LENGKAP beserta Keutamaannya

“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut.”

“Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab”

Doa Selamat Pendek

Adapun doa selamat dunia dan akhirat yang memiliki lafadz pendek yang telah diriwayatkan oleh imam Muslim dalam hadits shahih.

Doa tersebut berbunyi :

اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَ

“Allaahumma Antas Salaam, Wa Minkas Salaam, Tabaaròkta Dzal Jalaali Wal Ikròòm”.

Artinya :

“Ya Allah, Engkaulah Tuhan yang memberi keselamatan. Dari keselamatan. Maha Suci Allah, Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan”.

Doa Selamat dari Siksa Neraka

doa selamat dunia akhirat

Selain doa-doa sebelumnya, masih ada doa selamat dunia akhirat lagi yang sering dilafadzkan di kalangan murid sekolah. Biasanya doa selamat dunia akhirat yang satu ini disebut sebagai doa sapu jagat. Seringkali Rasulullah S.A.W. mengucapkan doa ini agar diberi keselamatan di dunia dan akhirat serta terhindar dari siksa api neraka. Doa tersebut berbunyi :

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Ròbbanaa Aatinaa Fid Dunyaa Hasanah, Wa Fil Aakhiròti Hasanah, Wa Qinaa ‘Adzaaban Naar”.

Artinya :

“Ya Rabb kami, limpahkanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari siksa neraka”.

Doa Selamat Nabi Luth

Adapun doa yang dipanjatkan oleh Nabi Luth yang terdapat pada Al-Quran surat Asy-Syu’ara ayat 169 agar diberi perlindungan dan keselamatan dari Allah. Doa tersebut yaitu :

رَبِّ نَجِّنِي وَأَهْلِي مِمَّا يَعْمَلُونَ

“Ròbbi Najjinii Wa Ahlii Mimmaa Ya’maluun”.

Artinya :

Baca juga:  Iman Kepada Allah: Penjelasan, Fungsi, dan Contohnya [LENGKAP]

“Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari perbuatan yang mereka kerjakan”.

Doa Selamat dari Tipu Daya Orang Kafir

Umat muslim bukanlah satu-satunya kaum yang ada di dunia ini. Terdapat pula orang-orang kafir yang tidak percaya bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad utusan Allah.

Beberapa dari mereka akan berusaha mengajak umat muslim menuju ke jalan yang sesat dengan berbagai tipu daya dan hasutan. Oleh karena itu, hendaknya kita membaca doa yang terdapat pada Q.S Yunus ayat 85 dan 86 agar terhindar dari tipu daya orang kafir.

رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

“Ròbbanaa Laa Taj’alnaa Fitnatal Lil Qòumidh Dhòòlimiin Wa Najjinaa Biròhmatika Minal Qòumil Kaafiriin.”

Artinya :

“Ya Tuhan kami, Jangan jadikan kami sasaran fitnah dan jauhkanlah kami dari sasaran fitnah bagi kaum yang zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari tipu daya orang-orang yang kafir”.

Doa Selamat dari Orang Zalim

Pada Al-Quran surat At-Tahrim ayat 11, nabi Musa pernah melafadzkan doa agar terhindar dari orang-orang yang zalim. Doa tersebut berbunyi :

رَبِّ نَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

“Ròbbi Najjinii Minal Qòumidh Dhòlimiin”.

Artinya :

“Ya Tuhanku, selamatkanlah dan lindungilah aku dari orang-orang yang zalim itu”.

Demikianlah pembahasan mengenai berbagai macam doa selamat dunia akhirat. Semoga kita tetap diberi keselamatan di dunia dan kelak di akhirat nanti.

About Sukma Aditya 91 Articles
Menyukai hal berbau sains dan teknologi. Menyelesaikan studi fisika material di Universitas Diponegoro.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*