Doa Untuk Orang Tua: Bacaan Arab, Latin dan Arti Lengkapnya

doa untuk orang tua

Doa untuk orang tua berbunyi: Allahumma Fighfirlii Wa Liwaa Lidhayya Warham Humaa Kamaa Rabbayaa Nii Shaghiraa, yang berarti Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta selengkapnya dalam artikel ini.


Orang tua merupakan ayah dan ibu yang terikat dalam suatu perkawinan yang sah dan didalam perkawinan itu menghadirkan sosok buah hati yang nantinya bisa mengantarkan mereka ke surganya Allah SWT dengan cara doa anak sholeh dan sholehah.

Maka dari itu, peran anak didalam keluarga menjadi dambaan bagi setiap orang tua.

Mendoakan orang tua termasuk bukti kebaktian sang anak, berbakti juga perlu dilakukan karena dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan sang anak, karena ridho Allah SWT terletak pada ridho orang tua.

Doa anak sholeh dan sholehah merupakan amalan jariyah yang tidak akan pernah putus ketika orang tua telah tiada. Hal ini sesuai sabda rasulluah SAW berikut :

Artinya :

Jika seseorang telah meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh.

HR. Muslim

Doa Untuk Kedua Orang Tua

doa kepada kedua orang tua

Islam mengajarkan untuk berbakti kepada orang tua, sehingga pantangan besar ketika sang anak menyakiti hati orang tua, seorang anak juga diharuskan mendoakan kedua orang tua, dengan terus menerus mendoakan kedua orang tua, salah satu bukti bakti kita sebagai anak.

Ada beberapa cara kita mendoakan orang tua. Dengan cara mendoakan disaat orang tua masih hidup ataupun disaat orang tua sudah meninggal dunia. Berikut ulasan doanya:

Baca juga:  7+ Keistimewaan Al-Qur'an yang Harus Kamu Tahu

1. Doa Untuk Orang Tua Yang Masih Hidup

Orang tua sangat menyayangi anaknya, kita sebagai anak tak akan pernah bisa membalas jasa dan pengorbanan mereka yang berjuang hidup dan mati demi sang anak tumbuh sehat dan baik akhlaknya.

Maka dari itu, tak pantas jika kita mencela, menghina, dan mendurhakai mereka. Sebab itulah, mendoakan, menyayangi, dan berbakti kepada orang tua perlu kita lakukan selama mereka masih hidup. Berikut doanya:

doa untuk orang tua

Allahumma Fighfirlii Wa Liwaa Lidhayya Warham Humaa Kamaa Rabbayaa Nii Shaghiraa

Artinya: Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.

2. Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal Dunia.

Ketika orang tua sudah meninggal dunia, mungkin sebagian mereka menyesali atas kurang baktinya kita terhadap mereka, atau kurangnya kasih sayang kita ke mereka dan sering mengabaikan, karna kita terlalu sibuk dengan pekerjaan atau hal hal lainya.

Maka dari itu, gunakanlah moment terbaik disaat orang tua kita masih ada, peluklah mereka, bahagiakan mereka, sediakan waktu serta sering seringlah mengunjungi mereka, karena kita tak akan pernah tau sampai mana kita bisa bertemu kembali dengan mereka.

Jika sudah terlambat, penyesalan pun datang menghampiri. Akan tetapi, jika orang tua sudah tiada pun, kita masih punya kesempatan berbakti dengan cara mendoakan mereka. Berikut ulasan doanya:

doa untuk orang tua

Allahummaghfir Lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Aa’fu ‘anhu Wa Akrim Nuzulahu Wa Wassi’ Madkhalahu, Waghsilhu Bil Maa i Wats-tsalji Walbarodi Wa Naqqihii Minal khathaa Ya Kamaa Yunaqqats-Tsawbul Abyadhu Minad Danas. Wa Abdilhu Daaran khairan Min Daarihii Wa Ahlan Khairan Min Ahlihii Wa Zawjan Khairan Min Zawjihi, Wa Adkhilhul Jannata Wa A ‘Idzhu Min ‘Adzaabil Qobri Wa Fitnatihi Wa Min ‘Adzaabin Naar.

Artinya:
Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran.

Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.

Demikianlah ulasan doa mengenai orang tua kita ketika masih hidup ataupun yang sudah meninggal.

Baca juga:  Dzikir Ya Latif: Bacaan, Tata Cara dan Manfaat Membacanya

Semoga kita sebagai anak, bisa berbakti dan menyayangi mereka sepenuh hati. Semoga pula, kita terhindar hal hal buruk yang menyakiti hati mereka.

Manfaatkanlah waktu yang ada selama orang tua kita masih hadir didunia menemani senyuman kita dan jangan lupa amalkan doa ini agar kehidupan kita terasa semakin damai.

Alumni Pondok Pesantren Al-Fatimah Bojonegoro. Senang menulis topik keislaman.

Be the first to comment

Leave a Reply