10+ Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

cara menghilangkan bau badan
ilustrasi oleh dribbble.com

Cara menghilangkan bau badan dapat secara efektif diatasi dengan mandi menggunakan sabun bakteri, menghindari makanan penyebab bau badan dan masih banyak tipsnya dalam artikel ini.

Sistem metabolisme yang berbeda-beda setiap orang menyebabkan tingkat bau badan yang dihasilkan pun berbeda. Beberapa orang mengaku gampang berkeringat dan menimbulkan bau badan terutama jika sedang berada di lingkungan yang panas dan gerah.

Selain terkesan menyebarkan aroma tak sedap, bau badan juga meninggalkan kesan badan yang lengket dan tidak nyaman karena berkeringat.

Apabila kamu sedang mengalami masalah bau badan, jangan berkecil hati ya. Karena dibawah ini akan ada ulasan untuk menghilangkan bau badan secara alami.

Yuk simak ulasan berikut!

Penyebab Bau Badan

Bau badan berasal dari kelenjar keringat yang tersumbat karena pori-pori yang mengecil. Karena kelenjar dan pori-pori yang mengecil itu, udara yang harusnya dikeluarkan dari tubuh terjebak di dalam lapisan kulit.

Hal tersebut membuatnya menjadi lembab dan menimbulkan aroma sengit. Namun, selain alasan di atas, masih banyak juga penyebab bau badan lainnya. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Makanan

Sembarangan mengkonsumsi makanan dapat menjadi penyebab bau badan berlebih. Kurangnya zat magnesium dan zinc pada tubuh dapat membawa aroma tidak sedap, terutama pada bagian ketiak dan lekukan tubuh lainnya.

Makanan yang dapat menyebabkan bau badan di antaranya

  • bawang-bawangan,
  • kacang-kacangan,
  • telur,
  • kari,
  • makanan dengan jumlah merica yang banyak,
  • alkohol
  • makanan cepat saji

2. Toksin dalam Tubuh

Tubuh manusia memiliki kemampuan untuk menyerap toksin yang masuk ke dalam tubuh. Toksin yang terus menumpuk di dalam tubuh sangat berbahaya untuk kesehatan.

Selain itu, keberadaan toksin juga menyebabkan bau badan yang mana semakin banyak toksin maka bau yang ditimbulkan semakin menyengat. Apabila tubuh kamu terserang toksin, lakukan program detoksifikasi secara rutin.

3. Obesitas

Orang yang menderita obesitas akan terdapat semakin banyak lekukan yang dapat menyumbat kelenjar keringat pori-pori. Hal ini menyebabkan suburnya mikroorganisme yang menetap di kulit sehingga semakin menyebabkan bau pada badan.

Sumber Bau Badan

Jika ingin menghilangkan bau badan secara efektif, maka cari dulu letak sumber bau badan tersebut ya!

Terdapat beberapa titik yang menghasilkan keringat atau disebut juga area lembab. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • ketiak,
  • belakang leher,
  • area dibawah payudara (untuk wanita), dan
  • selangkangan.
Baca juga:  Panduan Cara Membuat dan Menghitung RAB Rumah Beserta Contoh RAB

Dari beberapa area tersebut, ketiak merupakan sumber bau badan yang paling banyak menghasilkan keringat dan bau badan.

Meski demikian, beberapa area lain juga harus diperhatikan karena setiap area memiliki solusi yang berbeda. Untuk selanjutnya, yuk simak ulasan berikut.

Cara Menghilangkan Bau Badan secara Alami

Menghilangkan bau badan dapat secara efektif diatasi dengan beberapa cara berikut.

1. Mandi dengan Sabun Antibakteri

Solusi pertama untuk kamu yang suka bau badan adalah dengan mandi. Yap, dengan rajin mandi, kamu telah membersihkan bakteri penyebab bau badan. Mandilah minimal dua kali sehari.

Pakailah sabun antibakteri untuk hasil yang lebih optimal. Sifat antiseptik pada sabun antibakteri membantu mengatasi bakteri dan mikroorganisme yang menumpuk di kulit terluar serta membantu kulit terasa lebih segar. Dengan demikian, kamu mampu mengurangi penyebab bau badan.

2. Tidak Membiarkan Badan Basah Lama-Lama

Pada dasarnya penyebab bau badan adalah hadirnya bakteri dan jamur di kulit. Jenis mikroorganisme tersebut sangat menyukai daerah yang lembab. Oleh karena itu, sebaiknya jagalah kelembaban tubuh dengan tidak berlama-lama membiarkan badan dalam kondisi basah.

Jika tidak, maka jamur dan bakteri akan bebas hinggap di kulit. Selain dapat menyebabkan bau badan berlebih, jamur dan bakteri dapat menimbulkan penyakit kulit seperti biang gatal, panu, dan ruam.

Jamur kulit susah diobati karena sifatnya yang dapat tumbuh lagi sekali dibiarkan. Jadi, pastikan sehabis mandi badanmu sudah betul-betul kering sebelum memakai baju, ya!

3. Hindari Makanan Penyebab Bau Badan

Bau badan juga dipengaruhi oleh metabolisme yang ada pada tubuh. Metabolisme tubuh dipengaruhi oleh pola hidup seperti pola makan.

Pola makan yang sembarangan dan tidak sehat seperti makanan cepat saji dapat menyebabkan bau badan berlebih. Oleh karena itu, jika ingin menghilangkan bau badan berlebih, berlatihlah untuk mengontrol asupan makanan secara perlahan.

4. Olahraga

Rajin berolahraga dapat membantu mengurangi bau badan berlebih lho!

Keringat yang dihasilkan dari olahraga termasuk ke dalam keringat baik. Yaitu keringat yang dihasilkan dari pembakaran lemak tubuh. Sifatnya yang lebih encer membantu gumpalan keringat penyebab bau badan yang menyumbat pori-pori.

5. Mencuci Baju secara Rutin

cara menghilangkan bau badan

Apabila kamu menyadari mempunyai bau badan, pastikan kamu rutin mencuci pakaian, ya!

Hal ini lantaran kuman bakteri penyebab bau badan tidak hanya menempel di kulit tapi juga pada pakaian. Jika tidak diberantas, maka kuman tersebut akan berkembang biak dan menimbulkan bau menyengat.

Gantilah pakaian setiap hari terutama pakaian dalam. Lalu setelah itu segeralah cuci hingga bersih untuk selanjutnya bisa dipakai kembali.

Baca juga:  10 Rekomendasi Produk Eye Cream yang Bagus dan Terjangkau

6. Menjaga Kebersihan

Penyebab bau badan tidak berasal dari badan itu sendiri. Boleh jadi penyebab bau berasal dari lingkungan sekitar kamu.

Buanglah sampah secara rutin, membersihkan area tidur dan menjaga kebersihan pakaian. Dengan demikian, sumber penyebab bau badan dapat lebih banyak dicegah.

7. Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Diet

Diet bukan berarti mengurangi makan untuk menjadi kurus. Kegiatan diet berarti menjaga asupan makan.

Meski demikian, beberapa orang dengan obesitas memang mempunyai kecenderungan bau badan berlebih. Untuk bisa menjalankan diet dengan baik, konsultasikanlah dengan ahli gizi atau dokter yang sesuai.

8. Relaksasi

cara menghilangkan bau badan

Stress ternyata mampu memicu timbulnya bau badan. Hormon yang dikeluarkan ketika stress cenderung berbau amis dan tidak sedap. Oleh karena itu, cobalah aktivitas untuk membuang stress misalnya dengan cara meditasi atau relaksasi, yoga, dan terapi.

Aktivitas di atas mengontrol kinerja jantung yang mengatur cara kerja organ tubuh lainnya. Jantung yang rileks dan terkontrol akan membatasi hormon stres pada tubuh sehingga kamu akan terjauhi dari yang namanya bau badan.

9. Menggunakan Obat-obatan Alami

cara menghilangkan bau badan

Selain memperhatikan kebersihan dalam menghilangkan bau badan, kamu bisa juga mencobanya dengan mengkonsumsi obat-obatan alami lho!

Cara ini mampu membantu mengontrol produksi minyak berlebih terutama di bagian ketiak.

Beberapa bahan yang dipercaya ampuh menghilangkan bau badan adalah sebagai berikut:

  • Cuka apel
  • Baking soda
  • Mentimun
  • Daun sereh
  • Daun jambu biji
  • Bunga rosemary
  • Jeruk nipis
  • Lemon
  • Jahe
  • Mentimun

Kamu bisa menggunakan bahan tersebut pada area yang terserang bau badan. Untuk hasil yang lebih ampuh, campurkan sedikit gula yang berfungsi sebagai scrub alamipenghilang bau badan.

10. Jangan Biarkan Ketiak Basah ketika Memakai Deodoran

cara menghilangkan bau badan

Salah satu penyebab munculnya aroma tidak sedap adalah memakai deodoran ketika ketiak masih basah. Air yang bersatu dengan partikel kimia deodoran akan membuat daerah ketiak terasa lebih lembab. Area lembab akan menciptakan ruang bagi jamur dan kuman untuk tumbuh, sehingga tidak hanya bau, ketiak pun akan gatal.

11. Mandi Rutin

Kulit akan senantiasa memproduksi keringat untuk menjaga kelembaban tubuh. Namun, jika tidak rajin menjaga kebersihan kulit, maka akan sangat rentan dihuni oleh bakteri dan jamur yang mengakibatkan bau badan. Oleh karena itu, biasakanlah untuk mandi rutin dan menjaga agar kulit senantiasa bersih dan tidak mengeluarkan bau tidak sedap.


Demikian ulasan mengenai cara menghilangkan bau badan secara alami. Semoga bermanfaat ya.

Mahasiswi Departemen Fisika Universitas Diponegoro dengan bidang ilmu Fisika Material

Be the first to comment

Leave a Reply