20+ Manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan

manfaat lidah buaya
Ilustrasi oleh dribbble.com

Manfaat lidah buaya antara lain melancarkan pencernaan, menyembuhkan luka bakar, menjaga kesehatan rongga mulut, membantu mengatasi gejala GERD, menurunkan gejala rendah darah, dan masih banyak lagi dalam artikel ini.

Lidah buaya merupakan tanaman pekarangan rumah yang memiliki beragam manfaat. Telah banyak yang telah mempraktekkan khasiat langsung dari tanaman ini, diantaranya di bidang kesehatan dan kecantikan.

Dalam bidang kesehatan, lidah buaya terbukti baik bagi kesehatan tubuh. Sedangkan dalam bidang kecantikan, terdapat banyak produk yang telah memanfaatkan khasiat dari tanaman ini di berbagai bahan kecantikan.

Untuk lebih lanjutnya, berikut beberapa manfaat lidah buaya bagi kesehatan dan kecantikan.

1. Melancarkan Pencernaan

Dalam lidah buaya terdapat zat antrakuinon yang baik digunakan sebagai pencahar. Oleh karena itulah, lidah buaya bagus untuk melancarkan pencernaan. Meski dapat melancarkan pencernaan, sebaiknya tidak mengkonsumsi secara berlebihan.

2. Menyembuhkan Luka Bakar

Kandungan gel dalam lidah buaya dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan luka bakar. Gel lidah buaya dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit.

3. Menjaga Kesehatan Rongga Mulut

Lidah buaya baik digunakan untuk kebersihan rongga mulut. Hal ini karena lidah buaya mampu membantu mengurangi plak penyebab gigi berlubang. Selain itu, lidah buaya membantu mencegah infeksi jamur dan radang gusi di rongga mulut.

4. Membantu Mengatasi Gejala GERD

Nutrisi dari lidah buaya memang baik untuk kesehatan pencernaan. Dengan meminum jus lidah buaya, Anda dapat meredakan gejala GERD seperti mual, sendawa, dan nyeri ulu hati.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Berdassarkan sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi lidah buaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini dilakukan dengan rutin mengkonsumsi dua sendok makan setiap hari selama dua minggu.

Baca juga:  Obligasi - Pengertian, Jenis dan Contohnya [PENJELASAN LENGKAP]

6. Sumber Vitamin C

Tidak banyak yang mengetahui bahwa lidah buaya kaya akan vitamin C. Sebagaimana manfaatnya, vitamin C sangat baik sebagai antioksidan dan melawan inflamasi peradangan serta membantu meningkatkan imun atau daya tahan tubuh.

7. Mengurangi Radang Gusi

Jika Anda mengalami masalah radang gusi, lidah buaya bisa menjadi solusi. Dengan kandungan antimikroba dan antibakteri, lidah buaya mampu membantu mengurangi radang gusi.

8. Mencegah Ulkus Lambung

Lidah buaya sangat bermanfaat untuk mengatasi peradangan, termasuk jika terjadi ulkus atau perlukaan di lambung. Untuk memaksimalkan nutrisi lidah buaya ini, sebaiknya konsumsi dalam bentuk jus.

9. Meredakan Sariawan

Sariawan bisa diredakan dengan bantuan gel lidah buaya. Mengoleskan lidah buaya dipercaya mampu mempercepat proses penyembuhan sariawan karena mengandung antibakteri dan vitamin C.

10. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Lidah buaya akan membantu penyerapan vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh secara maksimal sehingga kekebalan tubuh akan meningkat. Anda bisa mengkonsumsi lidah buaya dalam bentuk minuman yaitu jus atau suplemen lidah buaya.

11. Mengurangi Plak Gigi

Lidah buaya yang digunakan sebagai obat kumur untuk mengurangi dan membasmi plak di gigi memiliki efek yang hampir sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba.

12. Menjaga Kadar Asam Tubuh

Dengan meminum jus lidah buaya secara rutin, sifat alkalinya akan membantu menjaga kadar asam dalam tubuh atau menyeimbangkan keasaman tubuh.

13. Membantu Proses Detoksifikasi

Tubuh terkadang membutuhkan waktu untuk mengeluarkan semua racun dalam tubuh atau lebih dikenal dengan proses detoksifikasi. Dengan rajin mengkonsumsi lidah buaya, proses detoksifikasi dalam tubuh akan lebih cepat karena dibantu oleh manfaat lidah buaya itu sendiri.

14. Lidah buaya untuk mengurangi berat badan

Seperti yang telah dibahas pada poin 6, bahwa lidah buaya akan sangat membantu proses detoksifikasi, maka secara langsung juha akan membuat proses metabolisme dalam tubuh meningkat sehingga tidak akan ada timbunan lemak dalam tubuh serta pencernaan akan terjaga kesehatannya.

15. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Lidah buaya akan membantu meningkatkan kemampuan difusi sel darah merah serta transportasi oksigen sehingga masalah kesehatan kardiovaskular seperti jantung dapat diminimalisir.

16. Sumber Asam Amino

manfaat lidah buaya

Minuman jus lidah buaya mengandung 7 asam amino dari 8 asam amino yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh secara mandiri. Karena itu, lidah buaya dapat memenuhi kebutuhan asam amino Anda.

17. Sumber Vitamin dan Mineral

manfaat lidah buaya

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian pembukaan, banyak sekali kandungan lidah buaya yang berguna bagi tubuh kita. Maka dari itu dengan mengkonsumsi lidah buaya, maka kebutuhan vitamin dan mineral kita akan terpenuhi.

Baca juga:  20+ Macam Kerajinan dari Kardus yang Unik dan Mudah Dibuat

18. Mengatasi Jerawat

manfaat lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan anti-flamasi yang baiak untuk membantu mengatasi jerawat yang meradang. Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya ke kulit berjerawat tiga kali sehari dengan cotton bud untuk membantu mengobati jerawat.

19. Melembabkan Kulit

manfaat lidah buaya

Gel lidah buaya kaya akan kandungan air. Oleh sebab itu, gel lidah buaya sangat mudah diserap oleh pori-pori tubuh sehingga sangat bak untuk menjaga kelembaban kulit untuk kulit berminyak maupun kering.

20. Mencegah Keriput atau Penuaan

manfaat lidah buaya

Lidah buaya mampu membantu memperlambat penuaan kulit. Hal ini karena kandungan nutrisi lidah buaya mampu membantu produksi kolagen dalam kulit sehingga membantu peremajaan kulit.

21. Mengobati Iritasi Kulit

manfaat lidah buaya

Sifat gel lidah buaya yang adem sangat baik untuk kecantikan kulit. Penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, dan rosacea bisa diobati dengan lidah buaya.

Kandungan asam lemak dan enzim bradikinin dalam lidah buaya mampu membantu melembabkan kulit dan mengatasi penyakit kulit tersebut.

22. Krim Cukur Alami

manfaat lidah buaya

Lidah buaya baik untuk kelembaban kulit. Dengan manfaat tersebut, lidah buaya dapat digunakan sebagai krim cukur alami.

23. Pembersih Riasan (make up)

Ternyata lidah buaya dapat digunakan untuk membersihkan riasan lho!

Gunakan bagian daging lidah buaya, bersihkan, lalu dengan melapisinya menggunakan handuk lembut, oleskan lidah buaya ke wajah. Selain membersihkan bekas riasan, tentunya lidah buaya dapat membantu melembabkan kulit.

24. Menutrisi Kulit

manfaat lidah buaya

Berbagai vitamin yang terkandung dalam lidah buaya, seperti vitamin A, C, dan E, merupakan antioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas akibat paparan asap dan polusi udara pada wajah.

Tidak hanya itu, lidah buaya juga mengandung berbagai enzim yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit.

25. Menghaluskan Permukaan Kulit

manfaat lidah buaya

Percepatan pembelahan sel-sel keratinosit juga akan menghaluskan permukaan kulit. Manfaat lidah buaya yang satu ini dapat membantu pengangkatan sel-sel kulit mati, untuk digantikan dengan sel-sel kulit baru yang sehat dan kuat.


Demikian penjelasan manfaat lidah buaya bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat.

About Rizka Zakiya 95 Articles
Mahasiswi Departemen Fisika Universitas Diponegoro dengan bidang ilmu Fisika Material

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*