Struktur Bakteri, Fungsi Beserta Gambarnya [LENGKAP]

struktur bakteri

Struktur bakteri dan fungsinya sebagai berikut: Lapisan Lendir atau Kapsul, dinding sel, membran plasma, pili, flagela, sitoplasma, selengkapnya dalam artikel ini.

Bakteri merupakan salah satu makhluk hidup yang tergolong kingdom Monera. Istilah bakteri berasal dari bahasa Latin bacterium; jamak: bacteria yang artinya hewan kecil.

Ciri-ciri umumnya yaitu memiliki 1 sel (uniseluler), tidak memiliki membran pada inti sel (prokariot), pada tubuh bakteri terdapat dinding sel tapi tidak memiliki klorofil, dan berukuran sangat kecil (mikroskopik) sehingga dapat diamati dengan mikroskop cahaya. Kali ini, kamu akan mempelajari bakteri sejati, yaitu eubacteria.

Bakteri eubacteria memiliki peptidoglikan pada dinding selnya. Pada bakteri ini juga terdapat cyanobacteria, yaitu ganggang hijau-biru yang dapat berfotosintesis.

Sebenarnya seperti apa sih struktur bakteri ini? Dan bagaimana bakteri dapat bertahan hidup sebagai organisme uniseluler? Nah, yuk kita bahas mengenai struktur bakteri dan fungsi-fungsinya.

Struktur bakteri

Struktur bakteri dan fungsinya sebagai berikut:

• Lapisan Lendir atau Kapsul

Sel bakteri dapat menghasilkan lendir ke permukaan selnya. Lendir tersebut tersusun dari air dan polisakarida dan biasanya terdapat pada bakteri saprofit.

Lendir yang terkumpul kemudian menebal dan membentuk kapsul yang tersusun atas glikoprotein. Kapsul dan lapisan lendir berfungsi sebagai lapisan pelindung dan mempertahankan kelembaban sel, membantu melekatkan diri pada substrat, dan menunjukkan virulensi suatu bakteri.

Kapsul pada bakteri patogen juga berfungsi untuk perlindungan diri dari sistem imun sel inang. Contoh bakteri yang memiliki kapsul adalah Escherichia coli dan Streptococcus pneumonia.

• Dinding Sel

Dinding sel terbentuk dari peptidoglikan, yaitu sejenis polisakarida yang berikatan dengan protein. Dinding sel juga berfungsi untuk melindungi sel supaya tak mudah rusak di daerah yang mana terdapat tekanan osmotik yang lebih kecil dan juga untuk mempertahankan bentuk sel bakteri.