Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Ilmiah

Cara mengatasi hidung tersumbat secara ilmiah itu mudah.

Hidung tersumbat disebabkan adanya penyumbatan dan pembengkakan saluran hidung akibat adanya iritasi pada jaringan dan pembuluh darah saluran hidung akibat adanya cairan berlebih.

Hidung tersumbat mengindikasikan gejala penyakit seperti flu, alergi, polip hidung, sinusitis, deviasi septum, sindrom shurg-strauss, granulomatosis wegener,  dan asma.

Selain itu, hidung tersumbat disebabkan adanya beberapa faktor yaitu obat-obatan, udara yang kering, pembengkakan kelenjar adenoid, adanya benda asing di hidung, hamil, stres, merokok, dan penyakit tiroid.

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan obat

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Obat

Ada berbagai cara untuk mengobati hidung tersumbat. Beberapa jenis pengobatan ini bisa dikonsumsi untuk membantu meringankan gejala hidung tersumbat:

a. Minum obat penghilang rasa sakit

Obat dengan kandungan paracetamol atau ibuprofen dapat membantu menghilangkan rasa sakit saat hidung tersumbat.

b. Antihistamin

Antihistamin merupakan pengobatan untuk meredakan alergi dan membantu mengurangi keluhan hidung tersumbat.

c. Dekongestan

Sifat zat ini adalah membantu mengurangi pembengkakan pada hidung akibat kondisi yang menyebabkan hidung tersumbat. Selain itu, dekongestan tersedia dalam bentuk oral atau obat minum dan nasal dekongestan yang disemprotkan ke dalam hidung.Obat semprot hidung bekerja lebih cepat dibandingkan dengan obat minum, sehingga efeknya dapat segera dirasakan.

mengatasi hidung tersumbat

Cara Alternatif Mengatasi Hidung Tersumbat

Selain menggunakan obat semprot, terdapat beberapa tips alternatif lainnya yang dapat digunakan untuk mengatasi hidung mampet. Berikut tips alterfnatif yang dapat dilakukan yaitu:

Minum banyak cairan

Cairan dapat membantu mengencerkan lendir dan mungkin bisa mencegah sinus tersumbat. Selain itu, mengonsumsi banyak cairan juga bisa menjaga tenggorokan tetap lembap.

Sering buang ingus

Sangat penting untuk melakukan hal ini secara teratur jika hidung Anda tersumbat, namun lakukan secara tepat. Mengeluarkan ingus dengan tekanan yang terlalu keras bisa membawa kuman kembali ke telinga Anda. Cara terbaik membuang ingus adalah menutup aliran udara dengan jari di satu lubang hidung ketika Anda membuang ingus dengan lubang satunya.

Menghirup uap hangat.

Masukkan air ke panci, lalu masak hingga mendidih. Angkat dan kemudian hirup secara perlahan-lahan uap hangat yang dihasilkan dari air mendidih itu. Tapi hati-hati saat mempraktikkan hal ini karena uap tersebut bisa membuat hidung Anda melepuh. Selain cara tersebut, Anda juga bisa menikmati uap hangat saat mandi air hangat. Tidak hanya melegakan hidung tersumbat, mandi air hangat juga bisa membuat tubuh Anda rileks.

Cuci hidung dengan air garam

Selain bisa melegakan hidung tersumbat, metode ini juga bisa menghilangkan virus dan bakteri yang berada di dalam hidung. Anda bisa membuat larutan air garam di rumah. Bahan-bahannya adalah tiga sendok teh garam dan satu sendok teh baking soda. Aduk rata kedua bahan ini, lalu simpan di wadah yang kedap udara. Untuk membuat larutannya, ambil satu sendok teh campuran tersebut, lalu masukkan ke 230 ml air hangat. Isi larutan ini ke dalam syringe atau neti pot. Kemudian, bersandarlah ke wastafel sambil memiringkan kepala. Tuangkan larutan ini ke salah satu lubang hidung. Biarkan hingga larutan itu mengalir keluar dari lubang hidung lainnya. Selama proses ini, Anda bisa bernapas menggunakan mulut.

Baca juga:  Pegang Kucing Bikin Mandul, Bener Gak Sih? (Jawaban dan Saran untuk Kamu yang Suka Kucing, Tapi Takut Mandul!)

Konsumsi minuman panas

Minuman panas bisa meredakan hidung tersumbat, menenangkan selaput yang meradang serta mencegah dehidrasi. Minuman panas yang bisa Anda coba adalah teh herba yang dicampurkan dengan satu sendok teh madu. Langkah ini sangat membantu pada saat Anda kesulitan bernapas ketika tidur di malam hari.

Tidur dengan bantal ekstra

Cara ini mungkin bisa membantu menjadikan tidur Anda lebih nyenyak. Tidur dengan dua bantal di bawah kepala bisa membantu meringankan hidung tersumbat.

Matikan AC dan kipas angin untuk menghangatkan badan

Udara hangat dan lembap adalah cara tercepat untuk mengatasi pilek dan hidung tersumbat.  Bernapas di udara yang lembap bisa meredakan radang dan meredakan pembengkakan pembuluh darah dalam hidung, juga mengencerkan lendir dalam sinus. Alternatifnya, Anda bisa lakukan sauna wajah. Caranya, condongkan wajah Anda hingga berada di atas mangkuk berisi air panas, gantungkan handuk di atas kepala Anda sampai membuat tirai yang memerangkap uap dari mangkuk, kemudian hirup uap selama kurang lebih 10 menit. Ulangi 2-3 kali sehari sampai Anda bisa bernapas dengan lega.

Menghirup uap air hangat yang dicampur dengan minyak kayu putih

Minyak kayu putih, juga ditemukan dalam banyak salep dan balsem, dapat membantu mengencerkan lendir akibat hidung tersumbat. Caranya condongkan wajah Anda hingga berada di atas mangkuk berisi air panas yang sudah ditambahkan dengan beberapa tetes minyak kayu putih. Gantungkan handuk di atas kepala Anda sampai menutupi mangkuk, hirup uap selama kurang lebih 10 menit.

Kunyah bawang putih

Bawang putih mengandung agen antibakterial dan antijamur yang berguna sebagai penyembuh berbagai masalah kesehatan, termasuk hidung tersumbat akibat demam dan flu. Tumis 1-2 siung bawang putih dan tambahkan pasta atau sayur-sayuran untuk Anda konsumsi. Selain itu, Anda bisa menambahkan beberapa irisan atau tumbukan satu siung bawang putih ke dalam semangkuk air panas untuk menguapi wajah Anda selama 10 menit.

Mengompres hidung dengan air hangat

Siapkan handuk kecil atau sapu tangan. Lalu celupkan pada air hangat dan letakkan handuk kecil itu di hidung. Kompres hidung dengan handuk yang dicelupkan pada air hangat. Langkah ini aman dan dapat digunakan untuk mengatasi hidung mampet pada bayi.

Makan pedas

Cara ini merupakan cara yang mudah dan menyenangkan, mungkin bagi Anda pecinta makanan pedas. Dengan memakan makanan, dengan sendirinya lendir akan mengalir keluar ketika Anda mengalami kepedasan

Memijat hidung

Memijat bagian atas hidung menggunakan jempol dan telunjuk akan membantu hidung Anda agar lega. Cukup dengan memijat ringan atas hidung Anda dengan gerakan memutar hingga hidung terasa lega.

Selain memijat hidung, Anda bisa mencoba beberapa cara yang efektif dilakkan. Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah menekan langit-langit mulut dengan ujung lidah. Lalu, lepaskan lidah dan tekan titik di antara alis dengan jari telunjuk dan jari tengah. Ulangi melakukan hal ini selama kurang lebih 20 detik.

Baca juga:  Kesempatan Terbaik Mengamati Planet Merkurius Kamis Ini

Bila Anda masih belum bisa bernapas leluasa, Anda bisa mencoba cara berikut. Posisikan kepala agak ke belakang lalu jepit kedua sisi luar lubang hidung dengan jari tangan lalu tahan napas selama yang Anda mampu. Tarik kepala ke depan ketika Anda mengembuskan napas. Hidung akan bebas dari rasa tersumbat.

Meniup hidung

Saat hidung tersumbat, cobalah untuk meniup lembut hidung ke arah atas. Cara tersebut sedikit banyak dapat membantu menghilangkan lendir di saluran hidung.

Menggunakan kain lap hangat

Letakkan kain lap hangat di wajah sesaat ketika Anda merasa seperti ada lendir yang keluar di hidung. Cara tersebut dapat membantu menguras lendir di dalam hidung. Lakukan sesering mungkin apabila lendir kembali keluar.

Menggunakan humidifier

Humidifier atau alat pelembab udara dapat membantu mencairkan lendir di dalam hidung. Selain itu, alat tersebut juga bisa mencegah Anda dari kemungkinan terkena iritasi pada hidung jika terlalu sering menghirupnya

Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat tidak hanya mampu membuat tubuhmu lebih rileks. Ia juga dapat membantu sistem pernapasanmu lebih baik saat mengalami hidung tersumbat. Uap dalam air hangat membantu meredakan peradangan dan membuatmu lebih mudah dalam bernapas. Saran Cosmo, kamu juga bisa mencoba menggunakan sabun beraroma mint agar membuat hidungmu terasa lebih lega.

Konsumsi vitamin

Kondisi tubuhmu jelas mengalami penurunan kala terserang flu. Untuk itu cara terbaik adalah dengan memperbaiki sistem daya tahan tubuhmu agar lebih mudah melawan penyakit yang ada. Jangan lupa untuk turut menambahkan suplemen dan vitamin saat terserang flu. Anda bisa mengonsumsi Vitamin C, Vitamin D, serta Vitamin B6 untuk membuat tubuhmu lebih sehat

Pilih makanan yang tepat

Beralih ke tips mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Sebaiknya kamu memilih makanan yang kaya akan cairan dan hangat seperti bubur ataupun sup ayam hangat. Tak hanya itu kamu juga bisa memilih bahan makanan yang baik bagi tubuh dan kaya vitamin seperti brokoli, yogurt, oatmeal, salmon, juga dark chocolate

Menghirup zat aromatik atau inhaler

Produk inhaler yang mengandung mentol, minyak peppermint, dan Cajeput eucalyptol, komponen dari kayu putih cukup mujarab. Cukup letakkan inhaler tepat di bawah hidung, kemudian dihirup, maka uap dari inhaler akan melonggarkan sinus.

Produk aromatik lain dari bahan-bahan yang sama juga dapat membantu. Jika mengalami hidung mampet, isilah bak mandi dengan air panas, teteskan 4 – 5 tetes minyak aromatik, masuklah ke bak mandi, dan hirup uapnya

Hindari makanan protein tinggi

Jika menderita sinus tersumbat yang kronis, hindari makanan protein tinggi seperti susu, keju, dan krim untuk sementara waktu. Protein tinggi yang terkandung pada susu akan memicu pertumbuhan lendir.

Hindari penyebab alergi

Zat penyebab alergi dari lingkungan seperti debu, ragi dan jamur juga dapat menyebabkan gangguan pada sinus. Penyaringan udara yang tidak memadai di kantor atau lingkungan yang tidak bersih dapat menyebabkan gangguan sinus yang tidak berhenti meskipun telah mencoba berbagai upaya.

Olahraga

Olahraga dapat meningkatkan imun serta menghangatkan badan. Efeknya, lendir hidung akan mencair dan akan lebih mudah untuk membersihkannya

Klik untuk membaca artikel lainnya:

Klik untuk membaca artikel lainnya:

About Rizka Zakiya 22 Articles
Mahasiswi Departemen Fisika Universitas Diponegoro dengan bidang ilmu Fisika Material

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*