Bismillah Tulisan Arab, Latin, Arti dan Penjelasannya [LENGKAP]

tulisan bismillah arab

Bismillah tulisan arab yaitu بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْ , dalam tulisan latin Bismillahirrahmannirrahiim, yang berarti : Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Bismillah sering diucapkan oleh umat muslim ketika memulai sesuatu, semisal mau belajar, memasak, bepergian atau lain lain.

Sudah seharusnya lafal bismillah diucapkan guna sebagai bentuk ‘doa’ yang kita ucapakan dalam setiap mengawali sesuatu perbuatan yang baik.

Bismillah juga kalimat yang sering diamalkan sebagai dzikir yang memiliki khazanah dan manfaat yang luar biasa dalam kehidupan sehari-hari kita sebagai umat muslim.

tulisan bismillah arab

Kata ‘Bismillah’ merupakan sebuah kata yang di ucapkan bagi mereka (Umat Muslim), yang tidak lalai atau lupa dengan Allah SWT, dalam mengawali segala aktivitas atau melakukan sesuatu yang baik menurut Agama (Islam).

Begitu pula dalam Kitab Suci Al-Quran, yang mana setiap surat di dalamnya selalu di awali dengan ‘Bismillah” atau Bacaan ‘Basmallah’, dan juga setiap penulisan kitab hukum-hukum islam dan kitab maupun buku pengetahuan lain, Selalu diawali dengan bismillah.

Selain itu, kalimat ‘Bismillah” ini juga biasanya digunakan dalam mengawali atau pembuka kalimat (Mukadimah) dalam konstitusi atau piagam di banyak negara terutama “Negara Islam”.

Tulisan Bismillah Arab, Latin dan Artinya

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْ

“Bismillahirrahmannirrahiim.”

Yang artinya : “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Makna Tulisan Bismillah

Menurut para ahli lafal ‘bismillah’ mengandung 4 makna dalam kata bismillah yakni :

1. Kata ‘bi’ kalau dikaitkan dengan ”kekuasaan dan pertolongan”

maka yang mengucapkan menyadari bahwa pekerjaan yang dilakukannya terlaksana atas kekuasaan Allah. Dia memohon pertolongan-Nya agar pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik.

Baca juga:  Doa Nabi Daud : Bacaan Arab, Latin, Terjemahan dan Manfaatnya

2. Rahasia penting mengapa basmalah didahulukan disetiap saat.

Hal itu erat kaitannya dengan prinsip tauhid ”laa-ilaha- illa-Allah”. Yaitu, dengan menjadikan Allah sebagai sebab utama dalam semua tindak perbuatan.

3. Allah merupakan Zat yang wajib ada, satu-satunya yang memiliki hak segenap pujian, dan nama teragung yang pernah ada.

Dimana seorang Muslim menyebut nama Allah dalam basmalah, berarti dia telah mendeklarasikan nama termulia di alam

4. Terdapat dua sifat kesempurnaan yang ditekankan dalam kata basmalah, ar-Rahman dan ar-Rahim.

Ar-Rahman yaitu curahan rahmat-Nya secara aktual yang diberikan di dunia ini kepada semua makhluk-Nya. Dan, ar-Rahim yaitu curahan rahmat-Nya di akhirat kelak kepada orang-orang yang beriman.

Ar-Rahim artinya adalah ‘yang maha penyayang’. Berbeda dengan Ar-Rahman dimana Ar-Rahman (maha pengasih) ditunjukkan kepada seluruh manusia tanpa terkecuali pada kata ‘Ar-Rahim’ ditunjukan hanya kepada hambanya yang Allah kehendaki.


Demikian ulasan mengenai tulisan bismillah arab lengkap dengan penjelasannya, sehingga kita senantiasa melafalkan nama allah serta menganggungkannya. Insya Allah kebaikan senantiasa meliputi kehidupan kita. Amiin.

Referensi:

  • Rumaysho.com
  • umma.id
Alumni Pondok Pesantren Al-Fatimah Bojonegoro. Senang menulis topik keislaman.

1 Comment

Leave a Reply