Doa Sebelum Makan dan Sesudah Makan (Lengkap): Bacaan, Arti, dan Penjelasan

doa sebelum makan

Doa sebelum makan berbunyi Alloohumma barik lanaa fiimaa razatanaa waqinaa ‘adzaa bannar yang berarti “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan dan selengkapnya dalam artikel ini.

Beberapa hadits yang menganjurkan membaca bismilah baik sebelum maupun sesudah makan


Sebagaimana yang kita tahu, makan merupakan aktivitas yang tak luput dalam keseharian kita. Bahkan, tiap harinya manusia membutuhkan makan sebagai sumber energi dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Namun, terdabat beberapa adab yang diperhatikan ketika hendak memakan makanan mulai dari berdoa sebelum makan, makan dengan tangan kanan, tidak berbicara ketika makan dan berdoa setelah makan.

doa sebelum makan

Sebagai orang tua hendaknya mengajarkan adab ketika makan kepada anaknya agar menjadi kebiasaan yang baik. Salah satunya adalah mengajarkan doa sebelum dan sesudah makan kepada anaknya.

Meskipun terlihat sepele, Berdoa sebelum dan sesudah makan seringkali dilupakan ketika hendak memakan makanan. Oleh karena itu kebiasaan berdoa perlu ditanamkan sejak dini.

Adab Ketika Makan

  1. Mencuci kedua tangan.
  2. Membaca bismillah.
  3. Membaca doa sebelum makan.
  4. Makan dengan sopan.
  5. Membaca doa setelah selesai.

Doa Sebelum Makan

Adapun doa sebelum kita memulai makan yaitu:

“Alloohumma barik lanaa fiimaa razatanaa waqinaa ‘adzaa bannar”

Artinya :

“Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka”.

Doa Sesudah Makan

Setelah selesai makan hendaknya kita membaca :

Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alnaa muslimiin

Artinya:

“Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam”.

Baca juga:  Doa Setelah Belajar : Bacaan Arab, Latin dan Artinya

Hadits Berdoa Sebelum Makan

Selain itu, terdapat beberapa hadits yang menganjurkan membaca bismilah baik sebelum maupun sesudah makan

Sebagaimana disebutkan oleh An Nawawi dalam kitabnya Al Adzkar,

روينا في كتاب ابن السني عن عبد اللّه بن عمرو بن العاص رضي اللّه عنهما عن النبيّ صلى اللّه عليه وسلم أنه كان يقول في الطعام إذا قُرِّبَ إليه : ” اللَّهُمَّ بارِكْ لَنا فِيما رَزَقْتَنا وَقِنا عَذَابَ النَّارِ باسم اللَّهِ “

Telah diriwayatkan dalam kitab Ibnus Sunni dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash radhiyallahu ‘anhuma, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa ketika makanan didekatkan kepadanya, beliau biasa mengucapkan “Allahumma baarik lanaa fii maa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar, bismillah”.


Demikian artikel mengenai doa sebelum dan sesudah makan. Semoga dapat diterapkan dan menjadi kebiasaan ketika hendak dan sesudah makan.

Referensi:

  • Islami.co
  • Rumaysho.com
Menyukai hal berbau sains dan teknologi. Menyelesaikan studi fisika material di Universitas Diponegoro.

Be the first to comment

Leave a Reply