5 Tips Belajar Efektif dan Maksimal untuk Hasil yang Memuaskan

Tips belajar efektif perlu diterapkan sejak dini agar ilmu yang diserap dapat maksimal.

Lebih dari itu, cara pembelajaran yang tepat juga akan membuat wawasan tersebut masuk secara menyenangkan serta optimal pada otak.

Alhasil, nilai yang didapat dari belajar akan maksimal serta memuaskan!

Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilaku.

Selama proses pembelajaran, hal paling penting adalah input berupa stimulus dan output yang berupa respons.

Proses yang terjadi antara stimulus dan respon tidak terlalu penting untuk diperhatikan karena tak dapat diamati ataupun diukur.

Terlepas dari pemahaman di atas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proses pembelajaran bisa lebih optimal.

Bukan soal intensitas, namun cara-cara ini penting untuk dipahami agar tidak salah kaprah.

Simak tips belajar efektif sebagai berikut:

Belajar efektif

1. Buat Rencana Studi

Setelah mengetahui apa yang kamu butuhkan untuk belajar dan bagaimana upaya mengambil keuntungan dari sumber daya yang dimiliki, duduk dan buatlah jadwal belajar. Siapkan waktu khusus dalam jadwal kamu untuk belajar dan selau tepati jadwal tersebut.

Kamu dapat sedikit mengubah jadwal belajar kamu, tetapi cobalah untuk tidak mengubahnya terlalu banyak. Kondisi ini terjadi apabila ada keperluan mendadak yang sulit untuk ditolak. Segera setelah rencana studi dibuat, kamu dapat fokus pada setiap jadwal yang ada.

2. Siapkan Diri pada Mood Terbaik

Tak dipunggkiri, kamu harus berada dalam pola pikir sepositif mungkin saat hendak duduk untuk belajar. Jika terganggu secara emosional, kamu akan kurang efektif dalam mempelajari dan menyimpan informasi. Selain itu, jangan membandingkan diri dengan orang lain.

Baca juga:  Apakah Mungkin Kita Tinggal di Bintang?

Cobalah mengatakan sesuatu yang positif kepada diri kamu sendiri sebelum belajar, misalnya tekad untuk dapat lulus ujian. Jika kamu kerap memikirkan hal-hal negatif yang membuat patah semangat, hentikan pemikiran itu. Ubah dengan mindset yang juga lebih positif dan semangat.

3. Cari Tempat Belajar yang Tenang

Faktanya, tempat kamu belajar memengaruhi seberapa efektif sesi belajar yang sedang berlangsung. Jika kamu terganggu oleh televisi, internet, atau hal-hal sekitar lainnya, kamu tidak akan belajar seefektif yang dilakukan di tempat yang tenang dengan sedikit gangguan.

Manfaatkan perpustakaan. Temukan tempat yang nyaman dengan lalu lintas pejalan kaki yang ringan dan mulailah belajar.

Bisa juga dengan belajar di kedai kopi yang tenang. Tak sedikit yang menyukai tempat belajar sepi, sehingga kamu bisa menerapkan metode yang satu ini.

4. Singkirkan Berbagai Macam Gangguan

Gangguan ada di mana-mana, mulai dari ponsel, media sosial, hingga teman. Waspadai apa yang mengalihkan perhatian kamu saat sedang belajar, lantas ketahui cara menghindari gangguan-gangguan ini.

Mematikan ponsel biasanya membantu kamu untuk tetap fokus.

Senada dengan poin sebelumnya, beberapa tempat biasanya turut menjadi faktor proses pembelajaran yang kurang optimal. Suasana berisik, penuh hilir mudik, dam cenderung jauh dari kata tenang adalah penghambat yang mesti dipahami lantas hindari mulai dari sekarang.

5. Jangan Malu Bertanya

Pernah dengar ungkapan “Malu Bertanya, Sesat di Jalan” ‘kan?

Nah, perkataan tersebut memang benar dan tak perlu diragukan lagi. Terkadang, beberapa soal dan permasalahan saat sedang belajar terasa sulit untuk diatasi. Saat hal itu terjadi, jangan ragu untuk bertanya.

Ajukan pertanyaan tersebut pada orang yang ahli, baik guru, senior, teman, bahkan keluarga. Saat sedang di kelas, angkat tangan dan ajukan pertanyaan jika kamu tidak mengerti. Yuk, maksimalkan dengan tips belajar efektif ini. Selamat mencoba!

Baca juga:  Asal Usul Terbentuknya Bumi, Sudah Tahu?

Referensi: The Subtle Art of Effective Learning

Artikel ini adalah kiriman kontributor. Isi artikel sepenuhnya menjadi tanggung jawab kontributor.
Sedang menyelesaikan studi di Kota Bandung

1 Comment

Comments are closed.