Sktruktur dan Tingkatan Organisasi dalam Kehidupan

ilustrasi oleh dribbble.com

Tingkatan organisasi kehidupan terdiri mulai dari tingkat molekul sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme atau individu, populasi, komunitas, ekosistem, bioma dan simak pembahasan lengkapnya dalam artikel ini.

Struktur dan tingkatan organisme dalam kehidupan terdiri dari berbagai tingkatan, mulai dari yang paling sederhana hingga tingkatan yang paling kompleks.

Dimana setiap tingkatan itu memiliki kekhasan sendiri. Tingkatan ini dimulai dari tingkat molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme atau individu, populasi, komunitas, ekosistem, bioma dan biosfer.

tingkatan organisasi kehidupan

Untuk lebih memahami semua tingkatan organisasi kehidupan, berikut uraiannya.

1. Organisasi Kehidupan Tingkat Molekul

Molekul merupakan partikel-partikel penyusun organisme yang dibangin oleh atom-atom.

Pada umumnya tubuh organisme mengandung molekul yang tersusun dari atom karbon (C), hydrogen (H), Oksigen (O), dan Nitrogen (N).

Organisasi kehidupan pada tingkat molekul mempelajari berbagai makromolekul seperti karbohidrat, protein, lipid, dan asam nukleat seperti DNA dan RNA.

2. Organisasi Kehidupan Tingkat Sel

Sel yaitu unit struktural dan fungsional terkecil dari makhluk hidup. setiap tubuh makhluk hidup tersusun oleh sel.

Ada makhluk hidup yang tersusun atas satu sel (uniseluler), dan adapula makhluk hidup yang tersusun atas banyak sel (multiseluler).

Pada sel, terdapat berbagai organel yang memiliki fungsi tertentu misalnya mitokondria sebagai tempat respirasi seluler, ribosom berfungsi sebagai tempat sintesis protein dan nucleus untuk mengatur seluruh kegiatan sel.

3. Organisasi Kehidupan Tingkat Jaringan

Jaringan yaitu kumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Pada makhluk hidup terdapat berbagai macam jaringan seperti jaringan pada hewan dibedakan menjadi jaringan epitel, jaringan ikat (jaringan ikat padat, jaringan ikat longgar, tulang, darah, dan limfa), jaringan otot dan jaringan saraf.

Sedangkan jaringan pada tumbuhan dibendakan menjadikan jaringan epidermis, jaringan parenkim, jaringan penyokong (sklenrenkim dan kolenkim) dan jaringan pengangkut (xylem dan floem).

4. Organisasi Kehidupan Tingkat Organ

Organ merupakan kumpulan dari berbagai jaringan. Tubuh makhluk hidup tersusun dari berbagai macam organ.

Misalnya, organ jantung yang berfungsi memompa darah, organ otak yang berfungsi untuk pemrosesan informasi, organ ginjal yang berfungsi untuk menyaring darah dan lain sebagainya.

5. Organisasi Kehidupan Sistem Organ

Organ-organ yang berbeda pada tubuh makhluk hidup akan berkumpul membentuk suatu sistem yang disebut sistem organ.

Sistem organ ini akan menjalankan fungsi dan tugas yang saling berkaitan.

Misalnya sistem pada organ manusia, sistem pencernaan terdiri atas organ mulut, lidah, gigi, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus.

6. Organisasi Kehidupan Tingkat Individu

Berbagai sistem organ saling bekerjasama dan menyusun tubuh organisme. Organisme atau individu merupakan makhluk hidup tunggal.

Contohnya seekor tupai, seekor semut, sebatang pohon kelapa, dan lainnya.

7. Organisasi Kehidupan Tingkat Populasi

Populasi merupakan kumpulan individu dari satu spesies yang berinteraksi dan hidup di wilayah tertentu.

Contohnya sekumpulan semut yang terdapat di batang pohon, kawanan rusa dipadang rumput.

8. Organisasi Kehidupan Tingkat Komunitas

Komunitas merupakan kumpulan populasi dari berbagai spesies yang saling berinteraksi dan hidup di area tertentu dalam kurun waktu yang sama.

Contohnya berbagai jenis populasi ikan yang hidup di laut.

9. Organisasi Kehidupan Tingkat Ekosistem

Seluruh komunitas beserta lingkungan fisik atau abiotik yang saling berinteraksi disebut ekosistem. Di dalam ekosistem, organisasi kehidupan berlangsung sangat kompleks.

Antar populasi terdapat suatu hubungan simbiosis serta siklus energi dan materi. Siklus energi ini terjadi melalui suatu peristiwa makan dimakan yang membentuk sebuah rantai makanan.

Bahkan terdapat siklus energi yang lebih luas dan rumit dalam suatu jaring-jaring makanan.

10. Organisasi Kehidupan Tingkat Bioma

Bioma yaitu satuan daerah daratan yang luas di bumi bercirikan sejenis tumbuhan dominan di daerah tersebut.

Contohnya bioma gurun, bioma taiga, bioma hutan hujan tropis, dan bioma tundra.

Pada bioma, terdapat beberapa jenis individu ataupun populasi di dalamya. Contoh pada bioma hutan hujan tropis yang didominasikan oleh tumbuhan tropis, terdapat keaneragaman individu yang tinggi di dalamnya.

11. Organisasi Kehidupan Tingkat Biosfer

Keseluruhan bioma atau seluruh organisme di bumi beserta tempat hidup yang meliputi atmosfer, hidrosfer, dan litisfer disebut dengan biosfer.

Demikian ulasan terkait tingkatan organisasi kehidupan. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait