Teks Persuasif – Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contohnya

teks persuasif

Teks persuasif adalah teks yang dimaksudkan untuk membujuk atau mengajak orang lain agar mengikuti pemikiran atau tindakan tertentu.

Teks persuasif ini biasanya memiliki ciri-ciri (1) berisi data atau fakta, (2) berisi ajakan, (3), berusaha menyakinkan pembaca dan (4) berupaya menghindari konflik.


Apa kamu tahu bahwa kegiatan membujuk orang lain ternyata memakai teks persuasif?  

Yup, kali ini akan diulas mengenai pengertian, ciri-ciri, struktur dan contoh teks yang dimaksud sebelumnya. Pasalnya, kita dapat mengajak orang lain berbuat baik memakai teks yang satu ini.

Apa Pengertian Teks yang Bersifat Persuasif?

Persuasif diartikan sebagai teks untuk membujuk atau mengajak orang lain agar mengikuti pemikiran atau tindakan tertentu.

Teks ini ditulis untuk meyakinkan orang lain (dalam hal ini adalah pembaca) bahwa pendapat, gagasan, dan ide yang ditulis terbukti benar sehingga layak diikuti.

Dengan demikian, teks ini memakai kata-kata ajakan.

Namun, berdasarkan kata yang dipakai, teks ini dibedakan menjadi teks tersurat dan tersirat. Teks tersurat berarti memakai kata ajakan yang ditulis secara langsung.

Sedangkan, teks tersirat, tidak menulis kata ajakan secara langsung, melainkan harus memahami isi teks untuk mengetahui ajakan yang dimaksud.

teks persuasif

Lantas, Bagaimana Ciri-Ciri Teks Persuasif?

Nyatanya, teks ini memiliki ciri-ciri tertentu, berikut ciri-cirinya:

1. Berisi fakta dan data.

Pasalnya, bagaimana mungkin bisa mengajak orang lain tanpa memakai fakta dan data-data yang jelas? Ingat, dengan alasan kuat, penulis dapat memengaruhi orang lain dengan mudah.

2. Kata-kata yang bersifat ajakan.

Jadi, jika menemukan kata mari, ayo, lakukan, hindarilah, sebaiknya, seharusnya, jangan, dan lain-lain,  artinya kita sedang membaca teks yang bersifat mengajak.

Baca juga:  Suku Dayak: Asal Daerah, Adat Kebiasaan, dan Fakta Unik

3. Teks senantiasa meyakinkan pembaca.

Pasalnya, tanpa meyakinkan, penulis tidak akan mampu mengajak orang lain.

4. Menghindari adanya konflik.

Jadi, penulis tidak menghilangkan kepercayaan pembaca begitu saja, tetapi mencoba untuk menemukan kesepakatan melalui fakta dan data-data dalam tulisan. Dengan begitu, tidak akan terjadi konflik yang tidak diperlukan.

Bagaimana Struktur Teks Persuasif?

Layaknya teks-teks lainnya dalam bahasa Indonesia, teks ini juga memiliki struktur tertentu. Teks tetap mempunyai urutan dan tatanan dalam penyusunannya. Strukturnya meliputi:

  • Pengenalan isu
  • Rangkaian argumen
  • Pernyataan ajakan
  • Penegasan kembali.

Pertama, pengenalan isu merupakan bagian teks yang menginformasikan isu atau masalah yang akan diulas. Pengenalan ada di awal sebagai pengantar.

Kedua, struktur rangkaian argumen berisi pendapat, fakta, dan data-data perihal isu atau masalah yang dikemukakan. Sedangkan, pernyataan ajakan berisi kalimat-kalimat ajakan.

Biasanya, untuk memperkuat argumen, pada bagian akhir terdapat penegasan kembali agar pembaca benar-benar terdorong untuk mengikuti pemikiran atau berniat untuk melakukan sesuatu.

Nah, setelah membaca perihal pengertian, ciri-ciri, dan struktur, bisakah kamu membuat contoh teks ajakan?

contoh teks persuasif

Contoh Teks Persuasif

Populasi dunia semakin meningkat. Hal ini berdampak pada berkurangnya luas hutan untuk tempat tinggal. Oleh karena itu, bumi semakin panas karena konsentrasi CO2 yang meningkat.

Sebenarnya, hal ini merugikan karena menyebabkan kenaikan suhu sehingga es di kutub mencair. Semua orang sebetulnya dapat mengurangi dampak yang terjadi dengan menanam pohon. Namun, akan muncul pertanyaan, bagaimana jika tidak mempunyai lahan?

Jawaban termudah ialah menanam memakai pot, misalnya sayur-sayuran. Selain itu, menanam kaktus juga direkomendasikan, sebab dapat menjadi dekorasi yang apik. Dengan demikian, akan diperoleh dua manfaat sekaligus.

Jadi, ajarkan kebiasaan ini pada kenalan-kenalanmu. Semakin banyak yang menanam, maka akan semakin baik. Dengan demikian, pemanasan global dapat dikurang.

Baca juga:  Proses Sintesis Protein - Pengertian, Tahapan, dan Manfaat [LENGKAP]

Demikian penjelasan teks yang bersifat persuasif. Dengan teks ini, kita dapat mengajak orang lain untuk berbuat baik, mulai dari menanggulangi masalah lingkungan hingga mengajak orang lain untuk melawan ketidakadilan. Jadi, ayo menulis teks persuasif segera!

Referensi:

  • maxmanroe.com
  • romadecade.org
Sedang menyelesaikan studi di Kota Bandung

Be the first to comment

Leave a Reply