A password will be e-mailed to you.

    Pemasanasan global menyebabkan Bumi semakin buruk. Pemanasan global mengakibatkan bumi mengalami kenaikan suhu rata-rata yang memberikan pengaruh luar biasa bagi kehidupan di dalamnya.

    Kepunahan makhluk hidup, perubahan iklim yang sangat ekstrim juga merupakan efek yang diakibatkan oleh pemanasan global.

    Berikut 7 Hal yang Menyebabkan terjadinya pemanasan global:

     

    Deforestasi Hutan

    Hutan memainkan peran penting dalam lingkungan, semakin banyak hutan semakin rendah pula polusinya. Berkurangnya hutan secara besar-besaran menyebabkan terjadinya perubahan iklim yang mendadak.

    Pohon yang menjadi kunci pengaturan Iklim, memainkan peran sebagi pengendali CO₂ dan Oksigen. Kawasan semak dan hutan berfungsi sebagai penyerap karbon dan mengatur suhu hingga sekitar 1,5 derajat.

    Related image

    Saai ini, industri menggunakan kayu sebagai bahan baku yang diperoleh dengan cara menebang hutan. Deforestasi menjadi alasan utama pemanasan global karena jumlah oksigen menurun dan CO₂ meningkat di atmosfer.

    Kita tahu bahwa vegetasi sangat penting, tapi terus menerus dihancurkan dan dihilangkan, konsentrasi CO2 semakin meningkat dan menyebabkan pemanasan global, 1/5 polusi gasrumah kaca dihasilkan dari degradasi hutan dan penebangan pohon.

    Penyebab pemanasan global ini sebenarnya dapat dicegah dan diperiksa jika hal yang benar dilakukan seperti penanaman lebih banyak dan reboisasi

     

    Industrialisasi yang Cepat

    Image result for industri

    Industri menggunakan bahan kimia dalam pembuatannya dan menghasilkan limbah yang mencemari lingkungan. Zat kimia dan limbah industri ini masuk ke lingkungan bercampur dengan air dan menyebabkan berbagai penyakit.

    Beberapa industri menggunakan gas dan bahan bakar untuk menjalankan pabrik. Selama proses, salah satu hasil akhirnya berupa asap berbahaya dan mencemari udara. Asap tersebut mengandung sejumlah besar CO₂ yang merupakan penyebab utama pemanasan global

     

    Transportasi

    Related image

    Berdasarkan penelitian, temuan, dan pengamatan, dikumpulkan bahwa transportasi juga memiliki tangan untuk bermain di penyebab pemanasan global. Hal Ini juga dapat dilihat pada gas keluaran alat transportasi seperti mobil, pesawat terbang, kereta api, dan lain-lain.

    Baca juga:  Penelitian Terbaru Ungkap Polusi Udara Membuat Manusia Semakin Bodoh

    World Resources Intitute  pada tahun 2012 membuktikan 15% pencemaran iklim berasal dari transportasi.

     

    Pupuk dan Pestisida

    Image result for pestisida

    Pupuk dan pestisida digunakan untuk meningkatkan produksi dari sektor pertanian. Awalnya memang jelas penggunaan pupuk dan pestisida meningkatkan produksi. Namun di sisi lain hal ini mengakibatkan pelepasan gas nitrogen yang bercampur ke udara dan menjadi penyebab pemanasan global.

    Pertanian juga menghasilkan produk gas metana terutama dari hewan ternak seperti sapi dan domba. Pupuk yang terbuat dari nitrogen melepaskan nitrogen oksida dan akhir-akhir ini menjadi masalah di berbagai negara.

     

    Pembuangan Sampah

    Image result for sampah

    Akhir dari pembuangan sampah adalah TPA. TPA ini melepaskan gas metana yang langsung bereaksi dengan oksigen dan mengubah kondisinya. Mengapa hal tersebut terjadi?

    Apabila tidak dikelola dengan baik, sampah yang pada umumnya berasal dari limbah organik yang merupakan “antropogenic waste” akan mengalami degradasi dan terurai menjadi gas methan (CH4). Gas CH4 adalah gas rumah kaca yang bisa menyebabkan timbulnya efek rumah kaca yang berpotensi menjadi penyebab pemanasan global.

     

    Kulkas dan AC

    Related image

    Kulkas dan AC digunakan hampir di setiap rumah dan kantor. Alat-alat ini menggunakan gas freon atau CFC (Cloro Fouro Carbon).

    Freon ini dapat menipiskan lapisan ozon saat diletakkan ke udara dan menjadi salah satu penyebab pemanasan global. Lapisan ozon ini berguna untuk melindungi bumi dan makhluk hidup dari paparan radiasi Ultra Violet B (UV-B) dan juga menyerap radiasi ultra violet dari matahari yang tinggi agar tidak sampai ke bumi.

    Pembakaran Fosil

    Related image

    Bahan bakar fosil termasuk gas, minyak, dan batu bara. Produsen utama CO₂ adalah Australia yang selama bertahun-tahun dikenal luas dibandingkan dengan yang lain. Ketika bahan bakar fosil sedang terbakar, karbon dioksida dilepaskan ke atmosfer.

    Baca juga:  Simpan Daging dengan Benar supaya Tahan Lama

    Penyebab polusi ini di Australia telah dikaitkan dengan listrik di mana sekitar 73% listrik berasal dari pembakaran batu bara dan sekitar 14% dari pembakaran gas. Sisa 13% berasal dari sumber seperti angin, matahari dan air atau air. Padahal polusi kurang tercapai ketika jumlah gas, batu bara, beberapa sumber energi. Pembakaran bahan bakar fosil telah bertahun-tahun dikenal sebagai penyebab utama pemanasan global.

     

    No more articles