Surat Keterangan Penghasilan : Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Contohnya [LENGKAP]

surat keterangan penghasilan
Ilustrasi oleh dribbbble.com

Surat keterangan penghasilan merupakan sebuah surat formal yang mencantumkan keterangan terkait penghasilan si pemilik surat.

Surat ini sangat sering digunakan di ranah profesional atau dunia kerja, karena surat ini kerap diminta untuk menyelesaikan proses administrasi tertentu.

Kalau kamu masih mahasiswa atau belum bekerja, sebaiknya kamu benar-benar memahami surat ini karena di kemudian hari pasti akan sangat dibutuhkan.

Pada dasarnya, format surat ini bisa dibilang cukup sederhana. Namun, tetap harus dilengkapi dengan komponen wajib suratnya. Daripada bingung, simak langusng penjelasan dan contoh surat keterangan penghasilan berikut.

Apa itu Surat Keterangan Penghasilan?

Surat keterangan penghasilan merupakan surat keterangan resmi yang di dalamnya mencantumkan nominal jumlah gaji seorang karyawan secara detail. Bagi kamu yang bekerja di perusahan, surat ini umumnya dibuat oleh sekretaris perusahaan atau human resource (HR).

Melihat hal ini, tidak ada ketentuan baku dalam pembuatannya, karena setiap perusahaan pasti memiliki formatnya masing-masing. Namun, sebuah surat kerja selayaknya mencantumkan komponen berikut ini:

  • Kop perusahaan lengkap
  • Nama surat
  • Nomor surat
  • Data diri kayawan yang bersangkutan
  • Detail gaji beserta komponennya
  • Peruntukan surat
  • Tanggal surat
  • Nama yang menerangkan dan tanda tangannya (pimpinan HR)

Jika sudah mencantumkan sembilan komponen tersebut, surat keterangan kerja yang dibuat bisa dibilang sah dan layak digunakan untuk keperluan administrasi urusan tertentu.

Contoh Surat Keterangan Kerja

Kalau kamu seorang karyawan, kamu bisa langsung mengajukan permohonan pembuatan surat ini ke pihak personalian atau HR.

Sedangkan jika kamu  seorang wiraswasta, kamu bisa membuat surat ini sendiri dengan mencatumkan komponen-komponen yang telah disebutkan dengan tanda tangan dari pihak kelurahan.

Baca juga:  Kumpulan Contoh Soal Psikotes beserta Pembahasannya [TERBARU]

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, tidak ada ketentuan baku dalam membuat surat ini dan kamu bisa menyesuaikan komponennya sesuai dengan peruntukkan. Berikut merupakan beberapa contoh surat keterangan kerja yang bisa kamu jadikan acuan.

Contoh Surat Keterangan Kerja Karyawan

SURAT KETERANGAN PENGHASILAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa:

Nama                          :Burhan

Jabatan                       :Project Officer

Status                          :Karyawan Tetap

Tanggal Masuk Kerja  :1 Februari 2018

Penghasilan Per Bulan:

  • Gaji pokok                     : Rp.3.750.000
  • Tunj. Tempat Tinggal  : Rp.500.000
  • Tunj. Makan                  : Rp.250.000
  • Total                                : Rp.4.500.000

Adalah benar karyawan di PT. ABC123 sampai dengan sekarang sesuai dengan data di atas. Demikian surat keterangan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Bandung, 30 Mei 2020

PT.ABC123

Asep Sunandar
Manager HRD

Contoh Surat Keterangan Kerja Wiraswasta

Sumber: bills.alterra.id

Fungsi Surat Keterangan Penghasilan

1. Melamar Pekerjaan

Dalam proses rekrutmen tertentu, biasanya ada perusahaan yang menjadikan surat penghasilan di perusahaan sebelumnya sebagai syarat administrasi.

Hal ini biasanya ditujukan agar perusahaan tersebut bisa mempelajari jejak karir kamu dan menentukan gaji di perusahaan yang baru

2. Pencairan Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan

Untuk kamu yang menggunakan layanan BPJS ketenagakerjaan, surat ini bisa digunakan untuk mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) sejumlah 30% dengan ketentuan yang berlaku. Perlu kamu ketahui pencairan dana ini bisa dilakukan meskipun kamu masih merupakan pekerja aktif.

3. Membuat Visa

Pembuatan visa untuk bepergian ke luar negeri umumnya juga menjadikan surat keterangan penghasilan sebagai syarat administrasinya. Surat ini menjadi bukti bahwa kamu dipastikan memiliki uang serta tabungan yang cukup untuk hidup di luar negeri.

4. Pendaftaran Beasiswa

Dalam hal ini ada dua peruntukkan surat kerja untuk beasiswa, yaitu bagi mahasiswa dan profesional. Bagi mahasiswa, untuk mendapatkan beasiswa tertentu biasanya diminta untuk menyertakan surat keterangan penghasilan milik orangtuanya.

Baca juga:  Bea Cukai : Pengertian, Fungsi dan Kebijakan [LENGKAP]

Sedangkan bagi profesional, surat keterangan kerja biasanya digunakan sebagai syarat administrasi untuk melanjutkan studi melalui beasiswa jalur profesional. Khusus untuk beasiswa jalur profesional ini, biasnaya juga diminta untuk menyertakan surat rekomendasi dari atasan.

Referensi:

  • 99.co

Be the first to comment

Leave a Reply