Contoh Surat Undangan Resmi (Terbaru) yang Baik dan Benar

contoh surat undangan resmi

Contoh surat undangan resmi dapat digunakan agar surat undangan yang kamu buat sesuai dengan penulisan yang baik dan benar. Berikut kami berikan contoh surat undangan resmi yang bisa dijadikan referensi dalam pembuatannya.


Surat undangan adalah salah satu surat yang memuat ajakan kepada seseorang atau kelompok untuk menghadiri kegiatan tertentu. Ada dua jenis surat undangan yaitu surat undangan tidak resmi dan resmi. Hal yang membedakan karena keduanya memiliki struktur yang berbeda dan untuk keperluan yang tidak sama pula.

Surat undangan resmi menurut KBBI adalah surat yang digunakan untuk keperluan  formal.

Seperti misalnya seseorang, instansi maupun organisasi mengadakan kepentingan resmi dan kemudian memberikan surat kepada pihak yang dituju dalam bentuk undangan, surat edaran, surat pemberitahuan dan lain-lain yang berharap bisa menghadiri acara tersebut.

Bagian Surat Undangan Resmi

Dalam membuat surat undagan resmi ada beberapa hal yang perlu diperhaitikan terkaitan komponen bagian surat undangan dan urutannya. Nah berikut adalah beberapa komponen penting surat undangan resmi yang baik dan benar.

Kop Surat

Kop surat adalah identitas sebuah perusahaan atau instansi agar penerima surat mengetahui asal surat undangan tersebut. Setiap undangan resmi pasti memiliki kop surat yang mengambarkan instansi tertentu.

Tanggal Surat

Tanggal surat ditulis sebagai acuan relevansi kepenulisan surat undangan kapan surat undangan tersebut dibuat.

Nama dan Pihak yang dituju

Bagian ini perlu dicantumkan secara jelas agar nama dan pihak utama yang dituju tidak terjadi kesalahpahaman pihak penerima.

Isi Surat

Isi surat adalah bagian yang paling penting karena mengambarkan isi dari surat yang berguna mengajak penerima untuk menghadiri acara atau kepentingan resmi tertentu.

Waktu dan Tempat

Baca juga:  Contoh-Contoh Norma Hukum di Sekolah, Rumah dan Masyarakat

Bagian yang perlu dicantumkan adalah waktu dan tempat pelaksanaan, hal ini bertujuan agar penerima surat undangan tidak kebinggungan dan mengetahui wakti dan tempat pelaksanaan acara.

Lampiran atau Agenda

Beberapa surat undangan  resmi ada yang menggunakan bagian ini dan ada pula yang tidak mempergunakannya. Agenda biasanya digunakan untuk memperjelas topik pelaksanaan acara supaya penerima undangan mengetahui secara umum acara tersebut.

Stempel dan Tanda Tangan

Stempel dan tanda tangan menjadi bukti kuat bahwa surat undangan berasal dari pihak resmi yang mengadakan suatu kegiatan.

Contoh Surat Undangan Resmi

Supaya kalian bisa membuat surat sesuai dengang penulisan yang baik dan benar, berikut kami berikan contoh surat undangan resmi yang bisa dijadikan referensi dalam pembuatannya.

Surat Undangan Resmi Perusahaan

Contoh surat undangan resmi

Surat Undangan Resmi Karang Taruna

Contoh surat undangan resmi

Surat Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)

Surat Undangan Resmi Sekolah

Surat Undangan Resmi Organisasi Ekstra Kampus

Contoh surat undangan resmi

Surat Undangan Resmi Desa

Contoh surat undangan resmi

Demikian penjelasan mengenai contoh surat undangan resmi yang baik dan benar. Semoga bermanfaat!

Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.

3 Comments

  1. iya kak, karena huruf kapital selalu berada diawal kalimat sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Terimakasih sudah bertanya :))

Leave a Reply