Kumpulan Hadist dan Dalil tentang Sakit sebagai Penggugur Dosa

ilustrasi oleh dribbble.com

sakit penggugur dosa disebutkan dalam hadist HR. Bukhari no. 5660, “Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya.. dan selengkapnya dalam artikel ini.

Pernah beberapa kali kita mendengar bahwa ketika seorang muslim sakit, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya. Apakah benar demikian?

Untuk mengonfirmasi hal tersebut, berikut ulasan kumpulan Dalil dari Al-Qur’an dan hadist yang menjelaskan mengenai sakit sebagai penggugur dosa.

Dalil Al-Qur’an

sakit penggugur dosa

Dalam Al-Qur’an, Allah telah menjelaskan bahwa keadaan sakit merupakan bagian dari cobaan yang ditimpakan Allah kepada manusia di dunia. Dalam keadaan demikian, umat manusia diajarkan untuk tunduk dan memohon kepada Allah SWT dengan kerendahan diri.

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَآ إِلَىٰٓ أُمَمٍ مِّن قَبْلِكَ فَأَخَذْنَٰهُم بِٱلْبَأْسَآءِ وَٱلضَّرَّآءِ لَعَلَّهُمْ يَتَضَرَّعُونَ

 “Dan sesungguhnya kami telah mengutus (para Rasul) kepada umat-umat sebelummu, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kesengsaraan dan kemelaratan, supaya mereka memohon (kepada Allah) dengan tunduk merendahkan diri.” (QS al-An’am: 42)

Dalil Hadist

sakit penggugur dosa

Selain dalil dari Al-Qur’an, Rasulullah SAW juga bersabda dalam beberapa hadist mengenai sakit sebagai penggugur dosa, diantaranya adalah sebagai berikut.

Hadits 1

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يُصِيبُهُ أَذًى مِنْ مَرَضٍ فَمَا سِوَاهُ إِلَّا حَطَّ اللَّهُ بِهِ سَيِّئَاتِهِ كَمَا تَحُطُّ الشَّجَرَةُ وَرَقَهَا

“Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya”. (HR. Bukhari no. 5660).

Hadist 2

مَا يُصِيبُ الْمُؤْمِنَ مِنْ شَوْكَةٍ فَمَا فَوْقَهَا إِلَّا رَفَعَهُ اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً أَوْ حَطَّ عَنْهُ بِهَا خَطِيئَةً

“Tidak ada satupun musibah (cobaan) yg menimpa seorang muslim berupa duri atau yg semisalnya, melainkan dengannya Allah akan mengangkat derajatnya atau menghapus kesalahannya.” [HR.Muslim no. 2572 b]

Hadist 3

مَا يُصِيبُ الْمُسْلِمَ مِنْ نَصَبٍ وَلاَ وَصَبٍ وَلاَ هَمٍّ وَلاَ حُزْنٍ وَلاَ أَذًى وَلاَ غَمٍّ حَتَّى الشَّوْكَةِ يُشَاكُهَا، إِلاَّ كَفَّرَ اللَّهُ بِهَا مِنْ خَطَايَاهُ

“Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu kelelahan, atau penyakit, atau kehawatiran, atau kesedihan, atau gangguan, bahkan duri yang melukainya melainkan Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya karenanya” (HR. Al-Bukhari no. 5641,5642)

Hadits 4

مَا يَزَالُ الْبَلَاءُ بِالْمُؤْمِنِ وَالْمُؤْمِنَةِ فِي نَفْسِهِ وَوَلَدِهِ وَمَالِهِ حَتَّى يَلْقَى اللَّهَ وَمَا عَلَيْهِ خَطِيئَةٌ

“Bencana senantiasa menimpa orang mukmin dan mukminah pada dirinya, anaknya dan hartanya, sehingga ia berjumpa dengan Allah dalam keadaan tidak ada kesalahan pada dirinya”. (HR. Tirmidzi no. 2399, Ahmad II/450, Al-Hakim I/346 dan IV/314, Ibnu Hibban no. 697, disahihkan Syeikh Albani dalam kitab Mawaaridizh Zham-aan no. 576).


Demikian ulasan mengenai kumpulan dalil dan hadist yang menjelaskan mengenai sakit sebagai penggugur dosa. Semoga bermanfaat ya.

Artikel Terkait