Jenis Rezeki dari Allah yang Disebutkan Dalam Al-Quran

jenis rezeki allah
Ilustrasi oleh dribbble.com

Jenis rezeki Allah dalam Al-Quran antara lain: rezeki yang telah di jamin, rezeki karena telah berusaha, rezeki karena bersyukur, dan selengkapnya dalam artikel ini.

Allah SWT memberikan rezeki kepada makhluknya dari berbagai macam cara yang telah ditakar dan ditentukan oleh-Nya. Jadi, setiap makhluk memiliki rezeki masing-masing yang mana telah ditetapkan.

Rezeki adalah penghidupan dari semua hal yang bermanfaat dan berguna untuk makhluk. Rezeki juga berarti anugrah yang diberikan Allah kepada makhluk-Nya. Setiap manusia dan seluruh makhluk hidup di jamin rezekinya oleh Allah. Sebagaimana termuat dalam Surat Ar Rum Ayat 40:

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَكُمْ ثُمَّ رَزَقَكُمْ ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيكُمْ هَلْ مِنْ شُرَكَائِكُمْ مَنْ يَفْعَلُ مِنْ ذَلِكُمْ مِنْ شَيْءٍ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ

“Allah-lah yang menciptakanmu, kemudian memberimu rezeki, kemudian mematikanmu, kemudian menghidupkanmu (kembali).”

“Adakah di antara yang kamu sekutukan dengan Allah itu yang dapat berbuat sesuatu dari yang demikian itu? Maha sucilah Dia dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan”. (QS. Ar-Rum ayat 40).

Pada penjabaran ayat di atas, Allah SWT telah memberi rezeki, telah menghidupkan manusia, mematikannya dan menghidupkan kembali. Nah, adapun berbagai jenis rezeki yang diberikan oleh Allah, dimana akan membantu kita lebih bersabar dalam menghadapi hidup dan selalu berhusnudzan kepada-Nya.

jenis rezeki allah

Jenis Jenis Rezeki dari Allah

1. Rezeki Yang Telah Dijamin

Allah SWT telah menciptakan alam semesta ini beserta makhluk-makhluk-Nya baik itu manusia, hewan, tumbuhan dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, Allah SWT menjamin rejeki semua makhluk-Nya agar bisa hidup untuk menjalankan tugas masing-masing.

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا

Yang artinya:

“Tidak ada satu makhluk melatapun yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin ALLAH rezekinya.” (Surah Hud : 6).

2. Rezeki Karena Berusaha

Allah SWT memperintahkan kita untuk menjalankan kewajiban ibadah, selain itu Allah memberikan fasilitas yang kita butuhkan untuk menjalankan ibadah melalui rezeki yang didapatkan dengan berusaha.

Baca juga:  Kumpulan Doa Doa Islam (Lengkap) - Beserta Arti dan Maknanya

Sebagaimana firman Allah dalam surat Ali-Imran ayat 145:

وَمَنْ يُرِدْ ثَوَابَ الدُّنْيَا نُؤْتِهِ مِنْهَا

Yang artinya:

“Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu.” (QS. Ali Imran ayat 145).

3. Rezeki Karena Bersyukur

Dengan selalu bersyukur kepada-Nya, Allah SWT akan menambah rezeki setiap manusia yang bersyukur. Hal ini sesuai yang disebutkan dalam Al-Quran.

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Yang artinya:

“Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhanmu memaklumkan ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim ayat 7).

4. Rezeki Karena Bertakwa (Rezeki yang tidak terduga)

Rezeki tidak ada kaitanya dengan hukum sebab-akibat, Nah, rezeki disini mirip dengan rezeki makhluk-Nya, hanya orang-orang tertentu yang menerimanya yaitu orang bertakwa. Hal ini disebutkan dalam Al-Quran dalam surat At-thalaq Ayat 2-3:

‎وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا( ) وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

Yang artinya:

“Barangsiapa yang bertakwa kepada ALLAH nescaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.” (Surah At-Thalaq : 2-3).

5. Rezeki Karena Istighfar

Islam juga mengajarkan kepada umatnya melalui amalan agar doanya dapat segera dikabulkan. Juga memanjatkan doa agar rezeki semakin lancar dan berlimpah.

Islam mengajarkan kepada umatnya untuk memperbanyak istighfar, memohon ampunan kepada Allah dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh. Karena melalui amalan ini, Allah SWT akan memberikan rezeki yang berlimpah sebagaimana termuat dalam surat Nuh Ayat 10-12.

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا . يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا . وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

Yang artinya:

“Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan melimpahkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh ayat 10 – 12).

6. Rezeki Karena Menikah

Allah akan membukakan pintu rezeki bagi orang yang menikah, Allah akan menolong setiap orang yang menikah karena ingin menjaga kesucian dirinya.

Baca juga:  Surat An Nas - Bacaan, Terjemah, Tafsir dan Asbabun Nuzul

وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ ۚ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Yang artinya:

“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka ALLAH akan memberikan kecukupan kepada mereka dengan kurnia-Nya.” (Surah An-Nur : 32).

7. Rezeki Karena Anak

Setelah menjalani  proses ijab kabul dalam akad nikah, setiap pasangan akan menjadi keluarga dan kemudian dikaruniai anak.

Dari dalam kandungan, seorang anak sudah membawa rejekinya masing-masing. Dengan hadirnya seorang anak, tidak menambah beban kedua orangtuanya melainkan akan menambah rezeki kedua orangtuanya. Sebagaimana disebut dalam Al-Quran.

وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلَاقٍ ۖ نَحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْ ۚ إِنَّ قَتْلَهُمْ كَانَ خِطْئًا كَبِيرًا

Yang artinya:  

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu kerana takut miskin. Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu.” (Surah Al-Israa’ : 31).

8. Rezeki Karena Sedekah

Setiap orang yang mensedekahkan sebagian hartanya dijalan Allah, Allah akan mendatangkan rezeki yang berlimpah dan keberkahan dalam hidupnya. Karena harta yang di sedekahkan akan menambah kebaikan dan berkembang berlipat ganda sebagaimana disebutkan dalam surat Al-Baqarah ayat 245.

مَنْ ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَاللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْسُطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Yang artinya:

“Siapakah yang mahu memberi pinjaman kepada ALLAH, pinjaman yang baik (infak & sedekah), maka ALLAH akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipatan yang banyak.” (Surah Al-Baqarah : 245).

Demikian, penjelasan mengenai jenis-jenis rezeki dari Allah. Semoga Bermanfaat!

Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.

Be the first to comment

Leave a Reply