Persebaran Flora di Indonesia (Lengkap) Beserta Penjelasannya

persebaran flora di Indonesia

Persebaran flora di Indonesia dibagi berdasarkan wilayahnya, yaitu: Bagian barat (Asiatis), Bagian Tengah (Peralihan), dan Bagian Timur (Australis). Selengkapnya dibahas di artikel berikut ini.

Sejak dulu persebaran flora di Indonesia beraneka ragam, kemudian kita dikenalkan tentang istilah flora saat sekolah dasar. Flora merupakan nama latin dari tumbuhan yang hidup pada suatu wilayah yang mendukung untuk tumbuh. Kita menemukan banyak sekali flora di sekitar kita. Apakah demikian juga di tempat lain?

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi keberadaan flora di setiap wilayah. Jadi perbedaan kondisi fisik suatu wilayah dapat menghasilkan flora yang berbeda pula. Tak terkecuali di Indonesia.

Kita ketahui bahwa Indonesia memiliki kondisi fisik yang sangat beragam dari ujung timur hingga baratnya.

Sebelum menginjak ke persebaran flora tersebut, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu kenapa Indonesia bisa menjadi salah satu negara yang memiliki keanekaragaman flora tertinggi di dunia.

Faktor yang Mendukung Persebaran Flora di Indonesia

Ada beberapa faktor umum yang mendukung pertumbuhan serta keragaman flora (tumbuhan) di Indonesia ini.

Faktor yang mendukung persebaran flora di Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Tanah yang subur

Indonesia dilalui ring of fire atau cincin api vulkanik yang apabila mengalami erupsi dapat menghasilkan material penyubur tanaman.

2. Iklim tropis yang stabil dan tidak ekstrim

Mayoritas flora atau tumbuhan akan lebih tumbuh dengan baik pada wilayah dengan iklim tropis yang stabil (tidak terlalu panas atau dingin) dan tidak banyak dilalui badai ekstrim seperti di Amerika Serikat.

Baca juga:  Bagian-Bagian dan Fungsi Alat Reproduksi Wanita [ LENGKAP]

3. Ketersediaan sinar matahari

Oleh karena beriklim tropis, sinar matahari yang merupakan agen fotosintesis bagi flora atau tumbuhan akan tersedia sepanjang tahun entah itu musim hujan maupun kemarau.

Tanah yang baik tersebut, iklim mendukung, serta ketersediaan sinar matahari sebagai bahan bakar utama proses fotosintesis tidak melulu tersedia di berbagai negara. Bahkan ada yang mengatakan bahwa tanah Indonesia merupakan tanah surga, ingat lagu itu?

Persebaran Flora di Indonesia Berdasarkan Pembagian Wilayahnya

Menurut letak geografisnya, persebaran flora dapat dikategorikan berdasarkan wilayah dan karakteristik yang berhabitat di dalamnya. Seperti pembagian zona fauna di Indonesia, Alfred Russel Wallace juga membagi persebaran flora menjadi beberapa zona meliputi:

Indonesia bagian barat (Asiatis)

Wilayah flora bagian barat disebut sebagai wilayah asiatis karena memiliki banyak kesamaan dengan jenis flora  yang ada di Asia baik dari segi ukuran, bentuk, dan warna. Daerahnya  meliputi Sumatera, sebagian Kalimantan, dan Jawa.

Indonesia bagian tengah (peralihan)

Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara adalah wilayah yang didominasi flora endemik di Indonesia. Zona tengah ini biasa disebut juga zona peralihan.

Indonesia bagian timur (Australis)

Persebaran flora bagian Timur meliputi wilayah Maluku dan Papua, serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Kawasan ini disebut sebagai zona Australis karena memiliki banyak kesamaan dengan flora di Australia.

persebaran flora di Indonesia
Peta persebaran flora dan fauna di indonesia

Klasifikasi Persebaran Flora di Indonesia

Guna mengetahui secara lebih jelas terkait persebaran tersebut, inilah pemetaan dari flora di Indonesia mulai barat (Asiatis) hingga timur (Australis).

  1. Flora Indonesia bagian barat/Asiatis (lumut, paku, jamur, meranti, mahoni, dan damar)
  2. Flora Indonesia bagian tengah/peralihan (pala, cengkeh, cendana, eboni, dan  anggrek)
  3. Flora Indonesia bagian timur/Australis (rasamala, tanaman eucalyptus,dan Matoa)

Setiap waktu jumlah, jenis, spesies flora akan mengalami perubahan. Baik itu pertambahan maupun pengurangan.

Baca juga:  Jenis-jenis Penelitian - Penjelasan dan Contohnya [LENGKAP]

Guna mencegah punahnya kekayaan flora di Indonesia, kita sebagai manusia yang hidup di sini mestinya menjaga dengan baik. Contoh nyatanya adalah tidak membuang sampah sembarangan.

Dengan perubahan yang tampak sederhana itu, akan memberikan dampak yang sangat baik. Tanah yang subur tidak tercemar, artinya terdapat nutrisi yang cukup untuk tumbuhan. Sampai meminimalisir terjadinya bencana alam banjir.

Demikian beberapa penjelasan terkait persebaran flora di Indonesia yang bisa kamu kembangkan lebih detail.

Tertarik dengan dunia pendidikan. Hobi menulis.

Be the first to comment

Leave a Reply