Persatuan dan Kesatuan: Pengertian, Makna, Prinsip dan Penerapannya

persatuan dan kesatuan

Persatuan dan kesatuan merupakan adalah hal penting yang harus dimiliki setiap bangsa. Hal ini penting karena manusia merupakan makhluk sosial yang selalu membutuhkan interaksi dengan orang lain.

Hal ini dapat tercermin dari kekompakan sesama manusia dalam menjaga persatuan kesatuan dalam berbagai aspek.

Selain itu, dalam hal bernegara persatuan kesatuan juga merupakan sebuah makna yang terkandung dalam Semboyan Bhinneka Tunggal Ika menggambarkan persatuan kesatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pengertian kesatuan dan persatuan

Arti dari kesatuan dan persatuan berasal dari dua kata yaitu:

  • Persatuan
    Persatuan berasal dari kata satu yang berarti utuh dan tidak terpecah-belah.

    Arti lebih luasnya yaitu berkumpulnya macam-macam corak dari berbagai kalangan, ras, budaya, dan adat istiadat dalam masyarakat yang bersatu dengan serasi.
  • Kesatuan
    Kesatuan merupakan hasil dari persatuan yang telah menjadi utuh. Hal ini dilakukan untuk terhindar dari disintegrasi, maka sangat dibutuhkan persatuan di Indonesia.
kesatuan dan persatuan
Keberagaman di Indonesia (sumber: google.com)

Makna persatuan kesatuan

Dari definisi persatuan kesatuan, kita dapat menyimpulkan bawa makna dari gabungan keduanya adalah keadaan satu atau tunggal yang menuntut adanya keterpaduan dari kemajemukan bangsa Indonesia.

Tidak hanya sampai di situ, makna dari persatuan kesatuan bagi bangsa Indonesia juga sangat mendalam karena melalui proses yang panjang.

Konsep persatuan kesatuan melambangkan satu kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dibangun atas persamaan nasib, satu kesatuan budaya, kesatuan wilayah serta satu ketuhanan yang maha esa.

Walaupun di dalamnya terdapat banyak perbedaan ras, bahasa, budaya, suku, dan agama. Tapi tidak membatasi semangat untuk bersatu dan berpadu mewujudkan tujuan negara Indonesia.

Baca juga:  Konfigurasi Elektron: Pengertian, Aturan, Contoh Soal dan Pembahasannya [LENGKAP]

Prinsip kesatuan persatuan

Ada lima prinsip dalam membangun persatuan dan kesatuan di Indonesia. Prinsip-prinsip tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Prinsip Bhinneka Tunggal Ika
    Bangsa Indonesia terdiri atas berbagai suku, bahasa, agama, dan adat kebiasaan yang majemuk. Hal itu mewajibkan pada kita untuk saling bersatu padu.
  • Prinsip Nasionalisme Indonesia
    Nasionalisme atau cinta tanah air, tidak berarti bahwa kita merasa paling unggul daripada bangsa lain. Namun berusaha yang terbaik untuk memajukan negara kita.
  • Prinsip Kebebasan yang Bertanggung jawab
    Manusia memiliki kebebasan dan tanggung jawab tertentu terhadap dirinya, terhadap sesamanya, dan dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa.
  • Prinsip Wawasan Nusantara
    Dengan wawasan nusantara, manusia Indonesia merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa dan setanah air, dan semangat mencapai cita-cita pembangunan nasional.
  • Prinsip Persatuan Pembangunan untuk Mewujudkan Cita-cita Reformasi
    Kita harus dapat mengisi kemerdekaan serta melanjutkan pembangunan menuju masyarakat yang adil dan makmur, sesuai dengan semangat persatuan Indonesia.

Ciri perilaku kesatuanpersatuan

Sikap kesatuan dan persatuan dapat dicerminkan melalui perilaku yang terpuji dan menghargai sesama manusia. Berikut ciri-ciri penerapan perilaku kesatuan dan persatuan.

  • Membina keserasian, keselarasan dan keseimbangan dalam masyarakat
  • Saling mengasihi, saling membina dan saling memberi di lingkungan masyarakat
  • Tidak menonjolkan perbedaa, melainkan mencari kesamaan pada suatu kelompok sosial masyarakat ataupun lingkugan
  • Menjauhi pertentangan dan perkelahian
  • Membangun persatuan kesatuan melalui berbagai kegiatan

Tertarik dengan apapun yang berkaitan dengan sains dan pendidikan. Menyelesaikan studi di bidang fisika material Universitas Diponegoro

Be the first to comment

Leave a Reply