Nilai Nilai Pancasila LENGKAP (Sila ke-1,2,3,4,5) Dalam Kehidupan

nilai nilai pancasila

Nilai nilai Pancasila mencerminkan nilai-nilai dari tingkah laku bangsa Indonesia sehari-hari. Nilai tersebut dapat ditunjukan secara langsung melalui sila-sila dalam pancasila.


Negara Indonesia merupakan negara yang berdaulat dengan sebuah ideologi bernama ideologi pancasila.

Ideologi pancasila berarti Pancasila digunakan sebagai fundamental dalam tatanan negara dan tujuan dari negara Indonesia. Di dalam Pancasila terdapat lima sila yang berbunyi :

Pancasila

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Dalam Permusyawaratan Perwakilan
  5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Lima sila diatas memiliki lima nilai dasar yaitu ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan. Nilai-nilai pancasila tersebut memiliki makna masing-masing yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

nilai nilai pancasila

Seperti yang telah kita ketahui, nilai-nilai pancasila terdiri dari lima nilai dasar yang dilambangkan oleh tiap bagian perisai burung garuda.


Pada tiap lambang bagian perisai burung garuda tidak dipilih secara acak melainkan disusun berdasarkan makna yang sesuai pada pancasila. Makna-makna yang terkandung pada lambang perisai burung garuda yaitu:

Nilai Pancasila pada lambang Bintang Emas

lambang bintang emas

Sila pertama pada pancasila adalah sila ketuhanan yang dilambangkan oleh bintang emas berlatar belakang hitam. Dari lambang tersebut, bintang emas menggambarkan bahwa bangsa Indonesia mengakui akan adanya Tuhan Yang Maha Esa.

Selain itu, cahaya dari sebuah bintang diibaratkan sebagai sumber cahaya yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa sebagai sumber cahaya yang menerangi negara Indonesia. Latar belakang yang berwarna hitam menggambarkan warna alami, dengan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa diharapkan bangsa Indonesia tidak tersesat dalam menjalankan kehidupan.

Pada sila pertama yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa, nilai-nilai yang terkandung adalah :

  • Percaya akan adanya Tuhan Yang Maha Esa serta menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya sesuai dengan kepercayaan masing-masing.
  • Saling menghormati pemeluk agama lain.
  • Memiliki toleransi antar umat beragama.
  • Tidak memaksakan kehendak antar umat beragama.
  • Tidak mencemooh atau mengejek kepercayaan orang lain.
Baca juga:  Daftar Lengkap Rumus Bangun Ruang (Kubus, Balok, Tabung, Bola, dll)

Nilai Lambang Rantai Emas

lambang rantai

Asas kemanusiaan pada pancasila dilambangkan oleh rantai emas. Apabila dilihat lebih dalam lagi, rantai emas pada perisai memiliki mata rantai yang berbeda. Terdapat bentuk persegi dan lingkaran yang melambangkan pria dan wanita sebagai rakyat Indonesia. Rantai-rantai tersebut terikat tanpa putus yang menunjukkan akan hubungan rakyat Indonesia yang saling terikat dan saling membantu. Baik pria atau wanita memiliki kesetaraan hak sebagai rakyat Indonesia.

Sila kedua berbunyi Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab memiliki nilai-nilai yang terkandung sebagai berikut :

  • Semua rakyat Indonesia memiliki hak yang sama di mata hukum, agama, masyarakat dan lainnya.
  • Tidak ada perbedaan antara ras satu dengan yang lainnya antar sesama rakyat Indonesia.
  • Sikap tenggang rasa dan saling tolong menolong harus diutamakan.
  • Nilai kemanusiaan antar rakyat Indonesia harus dijunjung tinggi.
  • Saling menghargai pendapat masing-masing.

Nilai Pada Lambang Pohon Beringin

pohon beringin

Simbol persatuan terdapat pada lambang pohon beringin dengan latar belakang putih. Pohon beringin melambangkan negara indonesia sendiri. Pada dasarnya pohon beringin adalah pohon yang besar dan tinggi serta memiliki daun yang lebat yang digunakan untuk berteduh oleh rakyat indonesia.

Selain itu terdapat akar pohon beringin yang diibaratkan sebagai semua suku di Indonesia. Meskipun terdapat banyak cabang akar tetapi akar-akar tersebut tetaplah bersatu untuk membangun pohon beringin agar tetap berdiri tegak.

Meskipun di Indonesia terdapat berbagai suku dan budaya namun persatuan tetap dijunjung tinggi agar Indonesia dapat berdiri kokoh sebagai Negara Kesatuan.

Dalam sila persatuan yang berbunyi Persatuan Indonesia terdapat beberapa nilai yang terkandung dalam kehidupan sehari-hari yaitu :

  • Menggunakan bahasa persatuan Indonesia antar daerah.
  • Memperjuangkan nama harum bangsa Indonesia.
  • Cinta kepada tanah air Indonesia.
  • Mengutamakan persatuan dan kesatuan daripada kepentingan pribadi.
  • Berjiwa patriotisme dimanapun berada.
Baca juga:  Karakteristik Benua Asia (Lengkap) + Ciri-Cirinya

Lambang Kepala Banteng

Kepala banteng pada perisai garuda yang berwarna hitam putih dengan latar belakang berwarna merah melambangkan simbol kerakyatan pada sila keempat pancasila.

Simbol kepala banteng melambangkan akal kehidupan sosial yang dimiliki banteng. Sama halnya dengan bangsa Indonesia yang hidup rukun bersosial satu sama lain. Keputusan bersama harus dicapai dalam hidup bersosial dan mengesampingkan pendapat pribadi.

Sila keempat yang berbunyi Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan memiliki nilai-nilai diantara lain:

  • Pemimpin bangsa Indonesia haruslah bijaksana.
  • Kekeluargaan harus diutamakan.
  • Kedaulatan bangsa ada di tangan rakyat.
  • Kebijaksanaan dalam mengambil solusi.
  • Keputusan yang diambil harus berdasarkan musyawarah sampai mencapai kesepakatan bersama.
  • Tidak memaksakan kehendak orang lain.

Lambang Padi Dan Kapas

nilai nilai pancasila sila ke lima

Sila terakhir dalam pancasila dilambangkan oleh padi yang berwarna kuning dan kapas hijau yang berlatar belakang putih. Padi dan kapas merupakan simbol sumber sandang dan pangan yang dibutuhkan oleh bangsa Indonesia.

Tujuan dari bangsa Indonesia adalah menciptakan kesejahteraan sosial baik sandang maupun pangan tanpa adanya kesenjangan baik dari segi sosial, ekonomi, budaya maupun politik sehingga keadilan dapat diwujudkan.

Sila terakhir pancasila yang berbunyi Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia ini memuat nilai-nilai sebagai berikut:

  • Perilaku yang adil harus diterapkan baik di bidang ekonomi, sosial dan politik.
  • Hak dan kewajiban setiap orang harus dihormati.
  • Perwujudan keadilan sosial bagi bangsa Indonesia.
  • Tujuan rakyat Indonesia yang adil dan makmur.
  • Mendukung kemajuan dan pembangunan negara Indonesia.

Sekian pembahasan mengenai makna beserta nilai-nilai pancasila yang terkandung pada setiap sila. Semoga setelah membaca ini dapat menambah wawasan serta cinta kalian terhadap tanah air Indonesia.

Klik untuk membaca artikel lainnya:

Klik untuk membaca artikel lainnya:

About Sukma Aditya 17 Articles
Menyukai hal berbau sains dan teknologi. Menyelesaikan studi fisika material di Universitas Diponegoro.

1 Comment

  1. boleh untuk mencantumkan sumbernya? agar website ini bisa dijamin keabsahannya jika dijadikan sebagai referensi atau rujukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*