Paraben Adalah: Kandungan, Penggunaan dan Dampaknya

paraben adalah
ilustrasi oleh dribbble.com

Paraben adalah sejenis bahan pengawet yang umum digunakan dalam industri kosmetik dan pembersih.

Dewasa ini, bisnis kosmetik termasuk ke dalam sektor bisnis yang sangat menjanjikan. Penggunaan kosmetik setiap tahunnya juga meningkat.

Salah satu bahan yang digunakan dalam produk kosmetik adalah paraben. Apakah aman menggunakan paraben dalam produk ? Berikut ulasan lanjut mengenai paraben disertai kandungan penggunaan dan dampaknya bagi kesehatan.

Pengertian Paraben

Paraben adalah sejenis bahan pengawet yang umum digunakan dalam industri kosmetik dan pembersih.

Beberapa produk yang menggunakan paraben yaitu meliputi sabun, shampo, pasta gigi, pelembab, tabir surya, lipstik, deodoran, maskara dan lain sebagainya.

Namun, meski demikian penggunaan paraben dalam berbagai produk kosmetik dicurigai dapat menimbulkan kanker.

Kandungan dan Penggunaan Paraben

Dalam kemasan beberapa produk, tertulis paraben dalam beberapa nama seperti:

paraben adalah
  • Methylparaben
  • Propylparaben
  • Butylparaben
  • Ethylparaben
  • 4-hydroxy methyl ester benzoic acid
  • atau methyl 4-hydroxybenzoate.

Pada dasarnya paraben digunakan untuk mencegah pertumbuhan bakteri serta jamur, melindungi konsumen, dan menjaga kualitas produk.

Selain itu, paraben juga membuat produk tampak lebih segar ketika digunakan dan tidak mudah rusak.

Dampak Paraben bagi Kesehatan

Sebagaimana fungsinya untuk mengawetkan produk dan melindungi timbulnya bakteri dan jamur, paraben memiliki beberapa efek samping yang mungkin timbul. Beberapa efek samping dari paraben memicu reaksi alergi kulit seperti:

  • Gatal
  • Ruam kemerahan
  • Kering dan bersisik
  • Bengkak
  • Nyeri
  • Melepuh atau seperti terbakar

Untuk menghindari reaksi alergi dari penggunaan produk kosmetik, coba oleskan sedikit produk di pergelangan tangan dan tunggu reaksi dalam 48 jam.

Selain itu, hindari penggunaan produk mengandung paraben pada permukaan kulit yang sedang luka atau bermasalah. Agar lebih aman, pilihlah produk kosmetik yang bebas paraben (paraben-free).

Namun bila terlanjur mengalami reaksi alergi, segera hentikan penggunaan produk dan periksakan diri ke dokter.

Apakah Paraben Aman?

Banyak organisasi internasional yang telah meneliti efek paraben terhadap kulit. Di Amerika Serikat, American Cancer Society dan FDA telah melihat paraben dari sudut pandang eksperimen dan pengobatan.

Mereka menyatakan bahwa paraben pada kosmetik tidak dapat merusak kesehatan maupun menyebabkan kanker payudara. Konsumen tidak perlu khawatir terhadap zat ini pada produk perawatan mereka.

Organisasi lain, Health Canada, FDA pada Kanada juga menyatakan bahwa belum ditemukannya bukti hubungan antara paraben dan kanker payudara.

Paraben tidak membahayakan konsumen seperti yang selama ini dipercaya. Produk yang mengandung kandungan organik juga mengandung paraben.

Makanan seperti kacang kedelai, kacang-kacangan, flax, buah-buahan, bluberi, wortel dan ketimun menghasilkan paraben. Namun tidak perlu khawatir terhadap zat kimia ini.

Paraben hanyalah zat kimia umum yang ditemukan pada kosmetik tanpa bahaya kesehatan seperti yang selama ini disebutkan. Jadilah konsumen yang cerdas dalam menerima informasi terhadap produk.


Demikian ulasan mengenai paraben, kandungan, penggunaan dan dampaknya terhadap kesehatan. Smeoga bermanfaat ya.

About Rizka Zakiya 138 Articles
Mahasiswi Departemen Fisika Universitas Diponegoro dengan bidang ilmu Fisika Material

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*