Nabi Daud, Sejarah dan Mukjizatnya [LENGKAP]

ilustrasi oleh dribbble.com

Mukjizat Nabi Daud adalah memiliki suara yang sangat merdu bahkan dapat menyembuhkan orang yang sakit ketika beliau membaca kitab Zabur.

Sebagai seorang Muslim hendaknya sudah mengetahui, ada banyak cerita tentang nabi dalam sejarah Islam, dan setiap Muslim harus mempelajari pesan-pesan tauladan yang dapat ditemukan dalam 25 kisah nabi.

Diantaranya adalah kisah Nabi Daud. Nabi Daud adalah keturunan ke 12 dari Nabi Ibrahim. Dia adalah salah satu nabi utama di antara Bani Israel.

mukjizat nabi daud jalut

Nabi Daud dulunya adalah seorang bala tentara yang berhasil memenangkan perang Thalut dan Jalut. Saat itu pasukan Thalut berperang menghadapi pasukan Jalut.

Pasukan Thalut memohon pertolongan Allah SWT sehingga saat perang, Daud dengan berani maju mengadapi pasukan Jalut dan membunuhnya. Pihak Jalut semakin berkurang. Pasukan yang tersisa semakin lemah dan berkurang dan Jalut pun kalah.

Setelah kemenangan itu, Daud diangkat menjadi raja dan Allah SWT menganugrahkan kerajaan yang kuat. Tidak hanya itu, Allah juga memberikan Nabi Daud karunia ketaatan untuk beribadah dan ilmu yang luas.

Di sini, Allah memberikan kepada Nabi Daud sifat awwab, yaitu orang yang memiliki kesempurnaan pemahaman tentang Allah SWT. Seperti yang tertera di QS. As-Shad 17:

ٱصْبِرْ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ وَٱذْكُرْ عَبْدَنَا دَاوُۥدَ ذَا ٱلْأَيْدِ ۖ إِنَّهُۥٓ أَوَّابٌ

Iṣbir ‘alā mā yaqụlụna ważkur ‘abdanā dāwụda żal-aīd, innahū awwāb

Artinya :

“Bersabarlah atas segala apa yang mereka katakan; dan ingatlah hamba Kami Dawud yang mempunyai kekuatan. Sesungguhnya dia seorang yang awwab.” (Shad: 17)

Mukjizat nabi daud antara lain sebagai berikut

1. Suara yang Merdu

Selain diberi berbagai ilmu dan ketaatan dalam beribadah, Allah SWT juga memberikan hmukjizat kepada Nabi Daud berupa suara yang merdu. Kisah Nabi Daud membawa mukjizat dari suaranya yang merdu.

Apabila Nabi Daud membaca lantunan kitab Zabur dengan merdu lalu didengar oleh mereka yang sedang sakit, maka mereka akan sembuh.

Lantunan kitab Zabur yang dinyanyikan merdu oleh Nabi Daud juga membuat air dan angin menjadi di sekitarnya menjadi tenang dan damai.

Bahkan dalam hal ini, Allah telah menundukkan burung-burung dan gunung-gunung untuk turut bertasbih memuji Allah bersama Nabi Daud. Ini merupakan suatu mukjizat menakjubkan, yang diberikan Allah kepada ia seorang diri tanpa dimiliki oleh siapapun.

2. Dapat Memahami Bahasa Hewan

Nabi Daud juga memiliki kemampuan dalam mendengar dan memahami percakapan burung-burung. Suatu ketika, Nabi Daud sedang merenung dan mendengarkan suara-suara di sekitarnya.

Kemudian dia mendengar burung yang saling bercengkrama. Kemudian Allah memberikan keajaiban kepada Nabi Daud untuk bisa memahami obrolan antar burung tersebut.

Nabu Daud juga memperlakukan hewan dengan baik. Seperti binatang, mereka taat dan sangat menyukai nabi Daud. Kemudian Allah juga menganugerahkan kemampuan ini kepada putra Nabi Daud, yaitu Nabi Sulaiman

3. Dapat Melenturkan Besi

Mukjizat menakjubkan lainnya adalah kepiawaian nabi Daud yang dapat membengkokkan besi dan membuat baju besi. Suatu ketika, Allah SWT menyuruh Nabi Daud untuk membuat baju besi. Seperti yang tercantum pada QS.Saba ayat 10-11

“Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Daud karunia Kami. (Kami berfirman), “Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud”, dan Kami telah melunakkan besi untuknya, (yaitu) buatlah baju besi yang besar-besar dan ukurlah anyamannya, dan kerjakanlah amalan yang saleh. Sesungguhnya Aku melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS. Saba: 10-11)

Demikianlah kisah Nabi Daud, seorang mantan prajurit yang diangkat menjadi raja berkat kecerdasan dan keberaniannya.

Serta beliau merupakan nabi yang menjadi tauladan bagi seluruh umat muslim untuk taat beribadah kepada Allah SWT.

Artikel Terkait