25+ Jenis Burung Lovebird Tercantik Sedunia [TERLENGKAP]

jenis burung lovebird

Jenis burung Lovebird atau burung cinta adalah salah satu burung dari Sembilan jenis spesies genus Agapornis. Agapornis berasal dari Bahasa yunani “agape” artinya cinta dan ornis yang artinya burung.

Disebut dengan nama burung cinta karena kelakuan sepasang burung cinta yang saling berdekatan dan menyayangi satu sama lain.

Spesies burung cinta asli berasal dari benua Afrika dan terdapat Sembilan spesies loverbird yang sudah teridentifikasi. Dan spesies lainnya lagi berasal dari hasil perkawinan silang atau rekayasan genetik.

Burung cinta memiliki tinggi sekitar 13 sampai 17 cm dan berat sekitar 40 sampai 60 gram, memiliki ekor pendek dan berparuh besar. Selain terkenal dengan kicauannya,  burung ini memiliki variasi warna yang banyak loh sehingga banyak pecinta burung mengkoleksinya dan bahkan ada komunitas burung cinta di Indonesia.

1. LOVEBIRD MUKA SALEM (AGAPORNIS ROSEICOLLIS)

Berkas:Agapornis roseicollis -Peach-faced Lovebird pet on perch.jpg

Jenis burung Lovebird muka salem banyak ditemui di daerah gurun Namibia, Afrika Selatan, burung ini memiliki panjang sekitar 15 cm. Sebagian besar bulu lovebird ini berwarna hijau, memiliki muka merah muda, bagian punggung bawah dan pantat berwarna biru serta paruh berwarna gading.

2. LOVEBIRD FISCHER (AGAPORNIS FISCHERI)

Berkas:Pap Pfirsichköpfchen Agapornis fischeri 070608 1.jpg

Nama burung cinta ini berasal dari penemunya yaitu Gustav Fischer. Lovebird fischer memiliki bulu berwarna hijau di bagian dada, sayap dan punggung.

3. LOVEBIRD PIPI HITAM (AGAPORNIS NIGRIGENIS)

Jenis Lovebird

Jenis burung Lovebird pipi hitam adalah spesies jenis monotypic dan kadang dianggap sebagai ras Nyasa. Biasanya burung ini ditemui di barat daya Zambia yang memiliki ciri dengan panjang sekitar 14 cm dan memiliki bulu yang sebagian besar berwarna hijau.

Bagian kepala belakang dan leher berwarna cokelat sedangkan pada bagian depannya lebih ke warna cokelat kemerahan.

4. LOVEBIRD NYASA (AGAPORNIS LILIANAE)

Lovebird nyasa adalah spesies endemik yang banyak di temukan di wilayah Zambia, Malawi, Zimbabwe, Tanzania dan Mozambik. Burung yang memiliki panjang 13cm ini kadang dianggap sebagai ras fischer.

5. LOVEBIRD TOPENG (AGAPORNIS PERSONATA)

Lovebird topeng sering ditemukan di sekitar daerah Tanzania, Burundi dan Kenya. Burung ini memiliki panjang sekitar 14 cm. Sebagian besar berwarna hijau, memiliki topeng kepala hitam, bulu dada berwarna kuning dan paruh merah serta mata berkacamata putih.

6. LOVEBIRD ABISINIA (AGAPORNIS TARANTA)

Jenis burung Lovebird

Jenis burung Lovebird sayap hitam atau dikenal sebagai Abyssinian ini adalah lovebird terbesar dengan memiliki panjang 16-16,5 cm. Sebagian besar bulunya berwarna hijau dengan sayap hitam. Burung ini berasal dari daerah Ethiopia dan Eritrea.

Baca juga:  Surat Jual Beli Tanah: Pengertian, Ciri, Cara Membuat dan Contohnya

7. LOVEBIRD MADAGASKAR (AGAPORNIS CANUS)

Jenis burung Lovebird

Lovebird kepala abu-abu asal Madagaskar ini merupakan spesies terkecil dibandingkan ras lainnya. Beratnya hanya 30-36 gram dengan panjang sekitar 13 cm. Burung ini juga memiliki sebagian besar bulu yang berwarna hijau dengan kaki dan paruh berwarna abu-abu pucat.

8. LOVEBIRD MUKA MERAH (AGAPORNIS PULLARIUS)

Jenis burung Lovebird

Lovebird asal Afrika ini memiliki panjang 15 cm dengan wajah berwarna merah, kecuali betina yang agak oranye.

Warna ini melingkupi bagian atas paruh, dahi, hingga pertengahan mahkota dan memanjang hingga ke tepi bagian dalam kelopak mata.

9. LOVEBIRD BERKERAH HITAM (AGAPORNIS SWINDERNIANUS)

Jenis burung Lovebird

Lovebird berkerah hitam atau yang biasa dikenal dengan ras Swindern memiliki panjang tubuh sekitar 13,5 cm.

Burung ini memiliki bulu dasar berwarna hijau dengan leher cokelat. Pada leher bagian belakang terdapat garis atau pita yang membentuk kerah dengan warna hitam.

10. LOVEBIRD LUTINO

Jenis burung Lovebird

Lutino adalah Lovebird yang tergolong mahal dan sangat aktif untuk dijadikan peliharaan. Ia merupakan jenis lovebird hasil mutasi genetik dari ras muka salem.

Panjang tubuhnya sekitar 16 samapi 18 cm dengan tampilan yang sangat berbeda dari ras aslinya. Secara keseluruhan tubuhnya berwarna kuning dengan wajah berwarna merah cerah hingga oranye kemerahan.

11. LOVEBIRD BLOROK

Jenis burung Lovebird

Blorok merupakan lovebird hasil rekayasa genetika yang memiliki bulu dengan degradasi lebih dari satu warna. Adapun degradasi tersebut tersusun secara tidak rata sehingga terkesan sangat unik.

Jenis lovebird yang satu ini juga tergolong sangat langkah dan mahal harganya karena tidak dihasilkan dengan cara yang mudah. Beberapa jenisnya yang populer dan sering ditemui yakni blorok biru, violet, blue series, dan lutinom.

12. LOVEBIRD PASTEL

Jual lovebird, pastel putih - Jakarta Timur - Indahrherestore ...

Lovebird pastel merupakan jenis yang hampir mirip dengan Lutino terutama jenis pastel kuning.

Pastel kuning memiliki kepala berwarna merah dan tubuh berwarna kuning namun ada juga yang berwarna hijau. Paruhnya berwarna merah cerah dan pada mata terdapat kacamata putih.

13. LOVEBIRD AUSTRALIAN CINNAMON

Lovebird Australian Cinnamon Archives - Burungnya.com

Australian Cinnamon memiliki ciri yang hampir serupa dengan lovebird pastel namun dengan ciri khas warna yang lebih soft dan kalem.

Lovebird ini memiliki badan berwarna kuning puyeh dengan dada dan leher berwarna putih.

14. LOVEBIRD ALBINO

Jual Albino mata hitam. - Jakarta Timur - Indahrherestore | Tokopedia

Albino merupakan jenis lovebird yang memiliki kelainan pigmen kulit sehingga membuat tubuhnya secara keseluruhan tampak berwarna putih.

Warna ini mencakup bulu tubuh baik dada maupun sayap, paruh, kaki dan bahkan kuku. Sedangkan mata albino ada yang merah dan juga hitam.

15. LOVEBIRD BIRU MANGSI

√ Daftar Harga Lovebird Biru Mangsi Terbaru Mei 2020

Lovebird biru mangsi memiliki corak warna yang sekilas tampak menyerupai lovebird violet.

Ia memiliki sayap dan tubuh berwarna biru samudra dengan dada, leher dan paruh yang berwarna putih.

16. LOVEBIRD BIRU COBALT

Jual Burung Lovebird biru cobalt - Jakarta Selatan - yola anita ...

Lovebird biru cobalt merupakan ras lovebird yang memiliki bulu berwarna biru tosca, seperti warna langit saat sedang cerah. Beberapa varian jenis yang sering ditemui yakni cobalt personata dan cobal fischeri.

Baca juga:  Iklan Baris: Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, dan Contohnya [LENGKAP]

Mereka memiliki leher, dada, dan paruh berwarna putih dengan tudung kepala yang berwarna hitam pekat atau gradasi. Pada ujung sayap juga terdapat warna hitam dan pada matanya terdapat kacamata putih.

17. LOVEBIRD VIOLET

Jenis Lovebird

Jenis lovebird violet memiliki ciri yang sama dengan biru cobalt dan biru mangsi, namun ia lebih mahal dibandingkan kedua ras tersebut. Jenis violet memiliki tubuh dan sayap berwarna biru gelap atau violet, dan memiliki leher serta dada berwarna putih.

18. LOVEBIRD BATMAN

√ {HARGA ] 3+ Suara Burung Lovebird Batman Termahal (Gambar + Jenis)

Sesuai dengan namanya, lovebird ini memiliki tampilan layaknya pemain film batman. Ia memiliki ciri khas sayap dan tudung kepala yang berwarna hitam pekat. Sedangkan pada bagian tubuh di bawah sayap berwarna agak abu-abu.

19. LOVEBIRD MERAH

Jenis Lovebird

Keberadaan lovebird ini masih menjadi tanda tanya. Pasalnya jenis lovebird yang memiliki warna merah ini sangat sulit ditemukan. Ia memiliki ciri khas seluruh tubuh berwarna merah agak oranye. Pada beberapa ekor dan punggung memiliki gradasi warna kuning yang lembut.

20. LOVEBIRD OLIVE

Daftar Harga Lovebird Olive Terbaru April 2020

Lovebird hasil rekayasa genetika yang memiliki bulu unik yakni ras olive. Jenis yang satu ini memiliki paduan warna hijau gelap dengan warna kuning. Warna hijau gelap terdapat pada sayap dan punggung. Sementara pada ujung sayap dan ekor berwarna hitam.

21. LOVEBIRD PARBLUE

Cara Menghasilkan Lovebird Parblue Dengan Biaya Terjangkau

Parblue atau partial blue merupakan jenis lovebird hasil mutasi genetik yang memiliki banyak ragam warna. Kebanyakan dari parblue memiliki wajah berwarna kuning namun ada juga yang berwarna hitam.

22. LOVEBIRD HALFSIDER

Lovebird Halfsider - Thegorbalsla

Halfsider termasuk lovebird yang masih sejenis dengan Blorok. Ia juga merupakan mutasi lovebird paruh merah dan paruh putih.

Sesuai dengan namanya halfsider atau separuh sisi, maka pada lovebird yang satu ini juga memiliki gradasi dua warna yang dominan di sisi kanan atau sisi kiri saja. Beberapa gradasi halfsider yang banyak ditemui yakni pastel kuning, biru dan hijau serta pastel biru.

23. LOVEBIRD BIOLA

Jenis burung Lovebird

Lovebird biola masih termasuk dalam ras sable atau fischeri. Ia memiliki bulu berwarna hijau yang berbeda dari jenis standar. Beberapa bulu hijaunya juga bercampur dengan hijau muda dan kuning cerah.

Selain itu lovebird biola juga memiliki tudung kepala berwarna merah cerah atau pekat. Jenis biola lainnya juga ada yang berwarna biru dengan kepala putih dan ekor serta punggung berwarna hitam.

24. LOVEBIRD DAKOCAN

Jenis burung Lovebird

Lovebird Dakocan memiliki warna dominan sayap dan tubuh berwarna hijau dengan leher kuning hingga oranye.

Namun ada juga yang dominan biru dengan leher putih. Pada bagian kepalanya terdapat tudung hitam dengan mata yang memiliki lingkaran putih.

25. LOVEBIRD DAKORI

Jenis burung Lovebird

Sama dengan Dakocan, dakori juga memiliki warna dasar hijau dengan dada berwarna kuning. Bedanya dengan Dakocan, warna kuning pada dakori sangat bersih dan tidak ada efek oranye.

26. LOVEBIRD EUWING

Lovebird Euwing: Ciri-ciri, Kelebihan, Cara Mencetak dan Harganya

Euwing atau ewing merupakan lovebird yang pertama kali ditemukan oleh peternak asal Belanda, Piet Verhijde. Burung yang satu ini merupakan perkawinan silang dari lovebird hijau standar dengan lovebird lutino.

Demikian, penjelasan mengenai jenis-jenis lovebird beserta gambar. Semoga bermanfaat!

Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.

1 Comment

Comments are closed.