Montase, Mosaik, dan Kolase : Pengertian, Perbedaan, dan Contohnya

Ilustrasi oleh dribbble.com

Montase adalah karya seni tempel yang mengombinasikan gambar-gambar jadi dari berbagai sumber menjadi sebuah susunan karya seni baru.

Kolase, montase, dan mosaik pada dasarnya merupakan sebuah keterampilan seni rupa dengan teknik tempel yang sering berada di berbagai karya seni atau dekorasi rumah.

Ketiga seni ini merupakan perpaduan dari beberapa seni rupa yaitu, seni gambar, seni kriya dan seni dekorasi. Karena kemiripan pada nama dan sama-sama bagian dari seni tempel, pengertian ketiga hal ini seringkali tertukar atau bahkan disalahartikan.

Penasaran apa perbedaan dan arti sebeanrnya dari montase dan kolase? Kenali perbedaan ketiga hal tersebut pada ulasan di bawah ini!

Montase

montase
sumber: widewalls.ch

Montase adalah karya seni tempel yang mengombinasikan gambar-gambar jadi dari berbagai sumber menjadi sebuah susunan karya seni baru. Sumber yang dimaksud bisa berasal dari koran bekas, majalah bekas, buku yang sudah tidak dipakai, pamflet, ataupun berbagai hal lainnya.

Umumnya seni montase terbuat dari kumpulan beberapa jenis gambar yang memiliki tema yang sama yang kemudian disatukan menjadi gambar baru.

Contohnya, sebuah gambar binatang yang terdapat di majalah dipotong lalu ditempel pada permukaan media gambar yang kemudian ditempel dengan gambar binatang lain dari buku.

Contoh lainnya adalah sebuah gambar rumah dari pamflet menjadi sebuah karya gambar baru pada media gambar yang sama.

Istilah montase kemudian lebih dikenal sebagai montase foto atau photomontage. pasalnya, teknik ini lebih sering diaplikasikan untuk memodifikasi gambar analog maupun digital. Sementara itu dalam sinematografi, istilah montase adalah rangkaian gambar yang tidak bergerak.

Contoh Seni Montase

Sumber:  metmuseum.org

Salah satu seni photomontage atau gambar montase yang cukyp terkenal adalah seni buatan Henry Peach Robinson berjudul “Faded Away”.

Robinson menyatukan 5 karya yang berbeda-beda tetapi bertema sama untuk membuat karya seni montase yang menampilkan perasaan kesedihan dan tragedi.

Contoh lain dari seni montase adalah karya yang dibuat melalui aplikasi menyunting foto yang satu ini.

Dapat dilihat bahwa karya ini dibuat dari beberapa foto berbedaa yang disatukan sehingga membuat sebuah karya yang menawan.

Mosaik

mosaik, montase, dan kolase

Mosaik adalah seni menggabungkan sebuah kepinga-kepingan barang menjadi sebuah gambar atau pola yang baru. Kepingan tersebut bisa berasal dari berbagai jenis material, seperti kertas, kulit telur, keramik, kaca, daun, batu, kayu dan material lainnya.

Seni mosaik sudah mulai dikenal sejak zaman Mesopotamia dan mulai berkembang pesat pada peradaban Yunani dan Roma. Sampai saat ini seni mosaik masih terus diekplorasi oleh para seniman kontemporer

Contoh Seni Mosaik

Selain menjadi sebuah karya seni, ternyata pengaplikasian mosaik sudah lebih luas hingga merambah ke dunia desain interior.

Pada dunia desain interior, kamu bisa menemukan contoh seni mosaik pada backsplash dapur yang ditempel dari berbagai kepingan keramik berukuran kecil yang bewarna-warni.

Selain itu, seni mosaik juga dapat kamu temukan di beberapa dekorasi rumah. Seperti contohnya sebuah keranjang dengan alas yang dibuat dari keramik dengan gamabr mozaik yang satu ini.

Kolase

mosaik, montase, dan kolase

Kolase adalah karya seni yang terbuat dari berbagai macam material berbeda yang kemudian ditempel menjadi sebuah gambar unik. Sebagai contohnya, adalah sebuah susunan gambar rumah yang terbuat dari kain, kertas koran dan biji-bijian.

Bahan yang biasa digunakan untuk membuat kolase bisa kamu dapatkan dari alam, seperti batu, daun , ranting, bunga kering, biji-bijian atau kerang. Kamu juga bisa menggunakan bahan olahan seperti plastik, kain flanel, karet, logam, kertas atau barang lainnya.

Teknik kolase pertama kali diperkenalkan oleh dua seniman besar yaitu Pablo Picasso dan George Braque. Keduanya memublikasikan teknik kolase melalui karya mereka yang bernama “Still Life with Chair Caning” pada tahun 1912.

Dewasa ini, aplikasi kolase sudah sering digunakan sebagai hiasan dinding atau karya seni yang bisa dipajang di rumah. Teknik kolase sangat mudah sehingga siapa pun bisa membuat karya seni memakai teknik yang satu ini.

Contoh Seni Kolase

contoh mosaik, montase, dan kolase

Salah satu contoh dari seni kolase adalah karya yang satu ini, karya ini terbuat dari potongan koran atau majalah yang disatukan menjadi sebuah gambar seorang wanita.

contoh mosaik, montase, dan kolase

Selain itu, seni kolase juga umum ditemukan pada karya anak. Seperti contohnya potongan kertas warna warni yang ditempel menjadi sebuah gambar matahari terbenam di lautan.

Perbedaan Kolase, Montase dan Mozaik

Dari pengertian di atas maka dapat kita simpulkan bahwa perbedaan kolase, montase, dan mozaik adalah dari bahan atau material yang ditempelkan.

Kolase merupakan karya seni dari material yang berbeda jenis dan tema. Montase merupakan karya seni dari bahan gambar yang sudah jadi dan memiliki tema yang serupa.

Meskipun tampak serupa, terdapat perbedaan dari seni montase dan kolase. Perbedaan tersebut terdapat pada pilihan material yang digunakan.

Untuk teknik kolase, kamu dapat menggunakan material dengan tema atau jenis apapun untuk disatukan menjadi seni baru. Namun, untuk sebuah karya seni montase, karya tersebut harus terbuat dari kumpulan gambar dengan tema yang sama dengan satu sama lain. Sementara, mosaik merupakan karya seni dari susunan kepingan denhan jenis atau bahan yang sama.

Artikel Terkait