Seni Rupa Adalah: Pengertian, Jenis dan contohnya [LENGKAP]

seni rupa adalah
ilustrasi oleh dribbbble.com

Seni rupa adalah salah satu cabang seni yang hasil karyanya dapat dinikmati secara visual oleh mata dan dapat disentuh oleh tangan.

Dalam kehidupan, manusia tidak bisa lepas dengan apa yang disebut dengan seni, terutama seni rupa.

Hal-hal berkaitan dengan keindahan dan estetika itu ialah seni rupa, oleh karena itu dari zaman dulu seni rupa masih eksis sampai sekarang.

Nah apa sebenarnya seni rupa itu dan apa pengertian seni rupa? Kalau ditinjau dari istilahnya memang sangat luas, bahkan banyak para ahli mengungkapkan pendapatnya tentang seni rupa.

Pengertian Seni Rupa

Seni rupa adalah salah satu cabang seni yang hasil karyanya dapat dinikmati secara visual oleh mata dan dapat disentuh oleh tangan.

Dalam wujud rupa yang menjadi ciri dalam cabang seni ini, tidak seperti suara seperti seni musik ataupun seni gerakan tubuh seperti seni tari. Seni rupa contohnya lukisan, patung, kerajinan tangan dan masih banyak lagi.

Para ahli mengungkapkan pendapatnya mengenai pengertian seni rupa. Beberapa ahli seni rupa didunia menjelaskan pengertian seni rupa sebagai berikut.

1. Haukin

Dia merupakan ahli seni rupa didunia yang sangat terkenal. Menurut dia, seni rupa adalah bagian dari ekspresi jiwa manusia yang diimajinasikan dan dicurahkan kedalam sebuah benda.

Seni rupa adalah seni yang bisa dipamerkan atau dipertunjukan didepan banyak orang.

2. Kumala Devi Chattopadhayaya

Seni rupa adalah luapan ekspresi yang disampaikan dari seniman kepada para penikmatnya. Seni bisa menjadi jembatan atau penghubung untuk membuat penonton paham dengan apa yang ingin disampaikan seniman

Baca juga:  Mesin Carnot: Pengertian, Rumus, Jenis Proses, Contoh Soal dan Pembahasan

3. La Mery

La Mery berpendapat bahwa seni rupa adalah pengelihatan yang dilakukan secara simbolis dengan bentuk yang lebih tinggi dan indah.

Menurut La Mery, seni rupa harus menekankan pada unsur keindahannya

4. Coorig Hartong

Seni rupa merupakan sebuah cara untuk mengekspresikan diri dan emosi sehingga orang lain dapat menikmatinya.

Menurut Coorig Hartong, seni rupa mengandung pesan keindahan yang disampaikan kepada penikmatnya

5. Sussane K Langer

Dia adalah seorang filsuf asal Amerika Serikat. Menurut Sussane K Langer, pengertian seni rupa adalah bentuk hasil karya manusia yang memiliki keindahan dan bisa dinikmati oleh orang lain.

seni rupa adalah

Jenis-Jenis Seni Rupa dan contohnya

Seni rupa dibedakan menjadi tiga jenis. Ketiga jenis ini dibedakan berdasarakn wujud atau dimensi, waktu atau massanya dan fungsinya.

1. Seni rupa berdasarkan dimensinya

Seni rupa ini berdasarkan dimensi atau ukurannya seperti panjang, lebar dan tinggi. Terdapat dua jenis seni berdasarkan dimensinya yaitu seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi

  • Seni rupa dua dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki dua bentuk ukuran terdiri dari panjang dan lebar. Seni rupa ini hanya bisa dilihat dari sisi depan saja contohnya seperti lukisan, seni batik dan seni ilustrasi.
  • Seni rupa tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki tiga ukuran terdiri dari panjang, lebar dan tinggi serta memiliki volume. Contohnya seni patung, bonsai dan keramik

Seni rupa berdasarkan masanya atau waktunya

Terdapat 3 jenis seni rupa yang ditinjau dari massanya yaitu

  • Seni rupa tradisional

Seni rupa ini sudah ada pada zaman dahulu dan sifatnya statis serta turun temurun contohnya kain batik, wayang, keris dan masih banyak lagi.

  • Seni rupa modern
Baca juga:  Contoh Kenakalan Remaja Beserta Pengertian, Penyebab dan Dampaknya

Karya seni modern merupakan seni rupa tradisional yang mengalami perubahan dengan aturan dan pola-pola tertentu. Contohnya seperti lukisan, patung dan kriya

  • Seni rupa kontemporer

Karya seni ini muncul akibat perubahan tren atau kondisi sekarang ini atau bersifat kekinian.

Seni rupa berdasarkan fungsinya

Dua jenis seni rupa ini meliputi seni rupa murni dan seni rupa terapan.

  • Seni rupa murni

Seni rupa murni adalah karya seni yang hanya mengutamakan nilai estetika dan keindahan saja, tidak ada keperluan untuk dipakai. Contohnya seperti patung, lukisan, ukiran dan lain-lain.

  • Seni rupa terapan

Karya seni rupa terapan dibuat dengan tujuan untuk dipakai atau digunakan contohnya seperti keramik, poster, senjata tradisional dan lain-lain.

Nah, demikian penjelasan mengenai pengertian seni rupa lengkap dengan jenis-jenis seni rupa beserta contohnya. Semoga Bermanfaat!

Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.

Be the first to comment

Leave a Reply