Jenis Patung: Pengertian, Fungsi, Teknik, dan Contoh

jenis-jenis patung

Jenis-jenis patung antara lain patung monumen, patung dekorasi, patung kerajinan, patung arsitektur, patung seni, dan patung religi.

Sebuah karya seni yang sudah ada sejak dari zaman purba loh dan sudah berkembang sampai sekarang, karya seni ini menghasilkan wujud dalam bentuk tiga dimensi yang biasanya diciptakan melalui teknik memahat, modeling (dengan tanah liat) atau kasting (dengan cetakan).

Orang yang membuat patung disebut pematung dan hasil dari karya seni patung pada umumnya diciptakan untuk memenuhi kebutuhan batin manusia atau hanya sekedar dinikmati nilai keindahannya saja.

Pengertian Seni Patung

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), seni patung adalah suatu benda yang secara sengaja dipahat meniru bentuk manusia ataupun hewan. Sedangkan menurut Mikke Susanto, seni patung adalah hasil karya tiga dimensi yang dibuay dengan cara mengurangi bahan atau membuat modelnya terlebih dahulu dengan teknik cetak ataupun cor.

Terdapat berbagai macam bentuk dan ukuran patung yang ada di Indonesia, jenis dan bahan dasar pembuatannya pun ada banyak, seperti terbuat dari kayu, tanah liat, semen sampai terbuat dari bahan yang keras seperti logam dan batu.

Fungsi Seni Patung

Beberapa fungsi seni patung antara lain:

  • Patung Sebagai Monumen

Fungsi patung dibuat sebagai monumen biasanya untuk mengenang jasa tokoh atau kelompok tertentu misalnya mengenang tokoh yang berjasa atau pahlawan di suatu negara dan memperingati moment bersejarah.

  • Patung Sebagai Dekorasi

Fungsi patung sebagai Dekorasi atau hiasan bertujuan untuk memberi kesan keindahan didalam sebuah ruangan dan di lingkungan eksterior.

  • Patung Sebagai Kerajinan

Fungsi selanjutnya patung sebagai kerajinan, patung dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar dan menghasilkan nilai jual  untuk berbagai kebutuhan yang secara umum tidak spesifik.

  • Patung Arsitektur
Baca juga:  Permainan Softball: Pengertian, Sejarah, Aturan, dan Teknik Dasarnya

Patung Arsitektur berfungsi untuk menunjang dan melengkapi sebuah kontruksi sebuah bangunan yang telah di rancang menggunakan desain arsitektur sehingga terciptanya suasana harmonis dan yang lebih hidup.

  • Patung Seni (fineart)

Sebagai fineart atau Seni murni, patung hanya untuk kepentingan estetik dan juga bisa menjadi eskperimental dari bentuknya (seni tidak selalu indah).

  • Patung Religi

Patung religi digunakan beberapa agama untuk memenuhi unsur kepercayaan dan makna yang religius serta digunakan juga sebagai sarana untuk beribadah.

Jenis – Jenis Teknik Seni Patung

jenis jenis teknik seni patung

Teknik seni patung adalah teknik untuk mengurangi bahan menggunakan benturan benda keras (alat pahat) terhadap bahan patung yang diolah. Berikut adalah beberapa jenis teknik dalam membuat patung.

Teknik Pahat

Teknik pahat diaplikasikan pada bahan dengan tekstur keras, seperti kayu, batu, tanah liat, tulang, yang dipahat untuk mengurangi dan membuat bentuk patung yang diinginkan.

Teknik Merakit

Teknik merakit sama halnya seperti menyusun puzzle, dengan cara merakit bahan kemudain menyusunnya menjadi satu bagian utuh berbentuk patung yang diinginkan

Teknik Membentuk

Teknik ini dibuat secara bertahap sampai patung selesai, butuh ketelitian yang baik dari seniman sehingga hasil kualitas patung ini sangatlah tinggi.

Teknik Butsir

Butsir adalah teknik pembuatan patung dengan cara mengurangi bahan yang lunak seperti dari tanah liat, gips malam dan juga bahan yang telah bertekstur lunak, untuk membuat patung dengan nilai estetika yang tinggi.

Teknik Modeling

Modeling adalah salah satu teknik patung dengan cara membuat model terlebih dahulu sebelum nantinya membuat patung sebenarnya.

Teknik Merakit Atau Cor

Teknik ini umumnya digunakan pada proses pembuatan patung dengan bahan dasar logam. Bahan logam yang dipanaskan kemudian mencair dan dituangkan dalam cetakan patung yang telah membentuk sebuah model patung.

Baca juga:  Daftar Rumah Adat Jawa [LENGKAP] Penjelasan dan Contonya

Contoh Seni Patung

jenis-jenis patung

Patung memiliki nilai estetika tersendiri dibandingkan karya seni lainnya. Selain itu beberapa contoh karya seni patung juga melambangkan ikon sebuah negara seperti Patung Liberty yang menjadi ikon negara Amerika Serikat, Sphinx di Mesir, Spring Temple Budha di China, Garuda Wisnu Kenca di Bali, Indonesia dan masih banyak lagi contoh ikon patung di banyak negara.

Demikian, penjelasan mengenai jenis-jenis patung, fungsi dan teknik membuat patung. Semoga Bermanfaat!

Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.

Be the first to comment

Leave a Reply