Media: Pengertian, Fungsi, Bentuk, Jenis, dan Manfaatnya

media adalah
ilustrasi oleh dribbble.com

Media adalah sesuatu yang mengantarkan atau meneruskan pesan yang berisi informasi antara pengirim informasi dengan penerima.

Dalam hidup manusia tidak bisa terlepas dari komunikasi, komunikasi merupakan jalan untuk bisa berinteraksi dengan manusia lain.  Pada dasarnya komunikasi memiliki unsur-unsur yaitu sumber, komunikator, pesan, media, komunikan dan efek.

Menurut unsur diatas peran media tidak dapat dipisakan dari komunikasi, media juga berperan dalam suksesnya suatu komunikasi.

Media adalah sesuatu yang mengantarkan atau meneruskan pesan yang berisi informasi antara pengirim informasi dengan penerima. Secara etimologis kata “media” berasal dari bahasa Latin, yaitu “medius” yang artinya tengah, perantara, atau pengantar.

Dalam bahasa Indonesia kata medium mengandung arti antara (menyatakan posisi) atau sedang (menyatakan ukuran). Sehingga dapat di artikan juga media adalah berupa bentuk dan saluran yang di gunakan di dalam proses penyajian informasi.

Istilah “media” biasanya merujuk pada wadah,alat atau sarana untuk melakukan komunikasi.  Agar lebih jelasnya berikut ini merupakan definisi media menurut ahli.

Definisi Media

Dalam Buku Pengantar Ilmu Komunikasi (Cangara, 2006 : 119),
media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak.

Ada beberapa pakar psikologi memandang bahwa dalam komunikasi antarmanusia, maka media yang paling dominasi dalam berkomunikasi adalah pancaindera manusia seperti mata dan telinga.

Pesan – pesan yang diterima selanjutnya oleh pancaindera selanjutnya diproses oleh pikiran manusia untuk mengontrol dan menentukan sikapnya terhadap sesuatu, sebelum dinyatakan dalam tindakan.

Sedangkan menurut  Association of Education and Communication Technology (AECT), mengatakan bahwa media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan dan informasi.

Menurut Sadiman dkk, media adalah segala sesuatu yang di gunakan sebagai penyalur pesan dan mengirim pesan kepada penerima pesan, sehingga dapat merangsang pildran, perhatian, perasaan, dan juga minat serta perhatian dari siswa sedemikian rupa, sehingga di dalam proses mengajar dapat berlangsung dengan efektif dan juga efisien sesuai dengan apa yang di harapkan.

Menurut Degeng, media adalah kompone strategi  yang digunakan untuk menyampaian yan dimuati dengan pesan yang disampaikan kepada para pembelajar yang berupa bahan,alat dan orang.

Sehingga bisa dikatakan bahwa media komunikasi ini adalah perantara atau jembatan antara komunikator si penyampai pesan atau informasi dengan komunikan si penerima pesan. Dengan adanya media komunikasi, maka komunikasi pun dapat berjalan dengan lancar dan mudah. 

Fungsi Media

Komunikasi yang menggunakan media komunikasi ini tergolong ke dalam komunikasi tidak langsung alias perlu menggunakan media sebagai penyampai pesannya.

Adapun 16 fungsi media komunikasi yang perlu kita ketahui terkait dengan beberapa penjelasan di atas.  Berikut ini adalah fungsi-fungsinya.

1. Efektifitas

Dengan adanya media komunikasi, maka komunikasi dapat dilakukan secara efektif.

Karena media komunikasi sendiri merupakan sarana atau alat yang memudahkan dalam menyampaikan suatu pesan atau informasi kepada komunikan sebagai penerima pesan.

Itulah sebabnya kenapa media komunikasi memiliki fungsi yang efektif dalam proses komunikasi.

Baca juga:  Delusi Adalah... Penjelasan, Jenis dan Cara Penanganan

2. Efisiensi

Ketika berkomunikasi kita pasti mengaharapkan komunikasi berjalan secara efisien.

Maksudnya dengan waktu yang singkat, isi pesan dapat disampaikan secara maksimal.

Dalam hal ini media komunikasi berperan besar dalam suatu proses komunikasi untuk mempersingkat waktu dan membuat se-efisien mungkin.

3. Konkrit

Pesan atau informasi yang disampaikan kepada komunikan dari komunikator merupakan pesan yang asli alias konkrit.

Dalam hal ini, maka dapat dikatakan bahwa fungsi media komunikasi merupakan alat atau sarana proses komunikasi yang bisa diuji kesaliannya.

Dengan adanya media komunikasi, maka informasi bisa dikatakan valid dan benar.

4. Motivatif

Media komunikasi juga memiliki sifat yang motivatif.

Sederhananya adalah bahwa media komunikasi memiliki fungsi sebagai sarana yang dapat memberikan dorongan si penerima pesan untuk melakukan sesuatu.

5. Produktif

Media komunikasi juga memiliki sifat yang produkti alias memiliki fungsi produksi.

Hal ini dikarenakan bahwa adanya media komunikasi, maka proses komunikasi pun dapat tercipta dan dapat menghasilkan suatu informasi yang bernilai.

Hal ini bisa kita lihat contohnya bahwa media komunikasi sebagai fungsi produksi adalah komputer atau PC yang memiliki alat pengolah kata. Dengan adanya media komunikasi, maka fitur-fitur media komunikasi pun semakin kaya.

6. Reproduksi

Media komunikasi memiliki fungsi lain yaitu sebagai fungsi reproduksi alias fungsi yang dapat memproduksi ulang apa yang pernah ia produksi atau diterima sebelumnya.

Contohnya adalah audio tapes recorder yang dapat merekam suara yang merupakan suatu informasi atau pesan, yang mana rekaman tersebut dapat didengar kembali sewaktu-waktu oleh komunikan.

Oleh sebab itu, dengan adanya media komunikasi, maka pesan dari proses komunikasi pun dapat diarsipkan atau direkam.

7. Penyampai Informasi

Dengan adanya media komunikasi, maka komunikator dapat menyampaikan informasi atau pesan apa yang ingin ia sampaikan.

Dengan kata lain, maka media komunikasi ini dapat dipercayakan bahwa informasi yang kita sampaikan sudah pasti akan sampai ke komunikan.

Hal ini bisa kita lihat contohnya adalah ponsel, telpon, email, dan lain sebagainya yang mana dapat menyampaikan pesan kita secara akurat dan benar.

8. Mempermudah

Pesan yang disampaikan tentunya akan lebih mudah disampaikan kepada komunikan jika pesan atau informasi tersebut disampaikan dengan menggunakan media komunikasi.

Bahkan bisa dibilang bahwa media komunikasi dapat mendekatkan yang jauh.

9. Daya Tarik Pesan

Dengan adanya media komunikasi, pesan yang disampaikan bisa lebih menarik.

Hal ini juga didukung oleh perkembangan media komunikasi seperti pesan daring Whatsapp yang bisa mengirimkan dalam bentuk emoji,stiker bahkan video call.

10. Memperjelas Informasi

Adanya media komunikasi membuat isi pesan semakin mudah dimengerti, media komunikasi ini dapat berbentuk audio maupun visual.

Selain itu adanya media komunikas memungkinkan kita untuk meminimalisir missing message serta adanya media komunikasi ini pesan dapat disimpan dan dapat dilihat berkali-kali.

Hal ini dikarenakan bahwa informasi yang disampaikan dengan menggunakan media komunikasi, merupakan informasi yang terekam baik secara audio, visual, maupun teks.

11. Jembatan Informasi

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa media komunikasi merupakan penghubung komunikasi antara komunikator dengan komunikan.

Bahwa tanpa adanya media komunikasi, maka proses komunikasi dengan jarak jauh pun tidak bisa dilakukan.

12. Edukasi

Media komunikasi juga bisa digunakan sebagai sarana edukasi.

Baca juga:  Contoh Ceramah Singkat Tentang Ibu Tercinta [TERBARU]

Dengan adanya media pendidikan maka ilmu-ilmu komunikasi pun berkembang dengan berbagai teori baru yang bermunculan.

Hal inilah yang termasuk ke dalam media komunikasi yang memiliki fungsi edukasi.

13. Opini Publik

Dengan adanya media komunikasi seperti televisi, radio, internet, atau media cetak, maka komunikasi pun dapat membuka peluang bagi masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya.

Dengan begitu, maka dapat dikatakan bahwa media komunikasi juga merupakan sarana komunikasi untuk opini publik.

14. Global dan Universal

Media komunikasi merupakan sarana komunikasi yang universal. Itu artinya bahwa informasi atau pesan yang disampaikan dengan menggunakan media komunikasi ini sifatnya terbuka dan umum.

Dengan begitu semua orang bisa mengaksesnya. Namun, hal ini berlaku pada media komunikasi yang memang benar-benar untuk umum.

Berbeda lagi dengan media komunikasi yang memang sengaja dibuat tertutup atau orang tertentu saja yang bisa mengakses informasi tersebut.

15. Citra

Fungsi postitif pada media komunikasi ini adalah membangun citra atau nilai sesuatu yang patut dibanggakan seperti contohnya adalah pahlawan, sosok tokoh teladan, dan lain sebagainya.

16. Bisnis

Media komunikasi juga dapat dimanfaatkan dalam suatu bisnis atau usaha.

Seperti halnya seorang para pedagang, khususnya pedagang online yang dapat memperlancar usahanya dengan menggunakan media komunikasi. Di sinilah peranan media komunikasi ke dalam bidang bisnis digunakan.

Jenis-Jenis Media

Dari  penjelasan diatas dapat dilihat bahwa media memiliki banyak sekali fungsi, banyaknya fungsi media juga menjadi latar belakang banyaknya bentuk dan jenis media.

Nah berikut ini penjelasan mengenai bentuk dan jenis dari media.

Jenis media komunikasi ini di kelompokkan berdasarkan kepada bentuknya diantanaya

  • Media Cetak
    Merupakan jenis media komunikasi yang berbentuk barang cetak yang di gunakan menjadi sarana informasi atau penyampaian pesan seperti brosur, surat kabar, dan yang lainnya.
  • Media Audio
    Merupakan jenis media komunikasi yang berbentuk audio sebagai sarana komunikasi yang menggunakan indra pendengaranuntuk menerimanya seperti radio, dan lain-lain.
  • Media Visual
    Merupakan jenis media komunikasi yang berbentuk vusial dengan penyampaian informasi menggunkan indra pengelihatan seperti televisi, gambar, dan lainnya.
  • Media Audio Visual
    Merupakan jenis media komunikasi yang dapat di lihat dan dapat di dengar juga dalam penyampaian pesan informasinya menggunakan indra pengelihatan dan juga pendengaranseperti video, televisi, dan yang lainnya.

Bentuk Media

Macam-macam bentuk media:

  • Surat
  • Radio
  • Brosur
  • Pesan elektronik
  • TV
  • Telegram
  • Majalah
  • Poster
  • Papan pengumuman
  • Internet, dan lain sebagainya

Manfaat Media

Media sejatinya memiliki banyak sekali bentuk, contoh bentuk diatas hanya beberapa bentuk media saja.

Dari jenis bentuk dan fungsi media tentunya media sangat bermanfaat untuk menjalin menjalin komunikasi yang maksimal. Berikut ini merupakan manfaat media yaitu:

  • Sebagai sarana informasi kepada masyarakat.
  • Membantu mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera.
  • Sebagai sarana untuk mengekspresikan pendapat, ide, dan gagasan kepada khalayak.
  • Sebagai sarana untuk mendapatkan hiburan, relaksasi, dan pengalihan perhatian dari ketegangan sosial.
  • Sebagai sarana pendidikan bagi masyarakat secara umum, dan bagi para siswa secara khusus.
  • Sebagai sarana untuk melakukan pengawasan atau kontrol sosial bagi masyarakat.

Be the first to comment

Leave a Reply