15+ Manfaat dan Kandungan Susu Kedelai bagi Kesehatan

manfaat susu kedelai
ilustrasi oleh dribbble.com

Manfaat susu kedelai adalah menurunkan kolesterol, memiliki nutrisi yang tinggi, menyehatkan jantung, menyehatkan sistem saraf, memaksimalkan fungsi sel darah merah, dan selengkapnya dalam artikel ini

Susu kedelai memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan tubuh termasuk juga untuk ibu hamil dan menyusui karena kandungan didalamnya.

Susu kedelai bisa digunakan sebagai pengganti susu sapi bagi orang yang alergi mengonsumsi susu sapi ataupun orang yang tidak memakan olahan daging atau vegan.

Susu kedelai terbuat dari kacang kedelai yang direbus dan dihancurkan kemudian dilarutkan dalam air. Susu kedelai mengandung serat prebiotic dan senyawa fitokimia seperti plant sterols dan isoflavon yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

1. Menurunkan kolesterol

manfaat susu kedelai

Susu kedelai dipercaya mampu menurukan kolestrol jahat di dalam darah dan sekaligus mampu menaikan kadar kolestrol baik, hal ini dipengaruhi karena adanya kandungan serat didalam susu kedelai.

2. Meningkatkan kesuburan

Berbagai jenis olahan kedelai termasuk susu kedelai berpotensi untuk meningkatkan kesuburan para wanita.

Oleh karena itu, sebaiknya bagi wanita yang sedang menjalani program hamil dianjurkan mengonsumsi susu kedelai.

Kandungan fitokimia dalam susu kedelai mampu menangkal pengaruh negative dari BPA yang merupan zat kimia yang mengurangi kesuburan pada wanita.

3. Mengurangi gejala menopause

Saat wanita mengalami menopause, kadar estrogen dalam tubuh akan berkurang dan sering menyebabkan terjadinya gejala kegerahan dan wajah memerah.

Baca juga:  Transportasi: Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Nah, untuk mencegah hal ini, anda bisa mengonsumsi susu kedelai karena memiliki kandungan isoflavon yang mampu menambah kadar estrogen pada wanita.

4. Melancarkan pencernaan

manfaat susu kedelai

Karena mengandung isofalvone, susu kedelai baik untuk meningkatkan absopsi usus sehingga proses pencernaan menjadi semakin lancar.

5. Mencegah osteoporosis

Manfaat susu kedela lainnya yaitu mampu mencegah terjadinya osteoporosisi yang dialami wanita post menopause. Karena kurangnya mengonsumsi zat kalsium sehingga menyebabkan terjadinya penyakit osteoporosis.

Oleh karena itu, mengonsumsi susu kedelai dapat memenuhi kebutuhan zat kalsium yang berguna untuk mencegah osteoporosis.

6. Meredakan Nyeri Haid

Susu kedelai mengandung isoflavon yang terbukti membantu meredekan nyeri haid pada wanita terutama diakibatkan oleh penyakit endometriosis.

7. Mencegah kanker

Memiliki kandungn antioksidan, susu kedelai berpotensi untuk mencegah penyakit kanker.

Antioksidan berguna untuk mengurangi resiko wanita terkena kanker payudara, terutama pada masa pramenopause maupun menopause.

8. Memaksimalkan fungsi sel darah merah

Susu kedelai kaya akan kandungan zat besi sehingga berguna untuk memproduksi sel darah merah dan memperlancar sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh.

9. Menyehatkan sistem saraf

Susu kedelai bermanfaat untuk kesehatan sistem karena kandungan vitamin B-kompleks didalamnya.

Didalam 1 gelas susu kedelai mengandung 3 mcg vitamin B12 yang lebih dari kebutuhan harian tubuh sekitar 2,4 mcg.

10. Menyehatkan jantung

Manfaat lainnya dari susu kedelai yaitu berguna untuk menyehatkan jantung. Susu kedelai bisa meningkatkan kadar lipid plasma sehingga bisa mengurangi resiko penyakit jantung.

Selain itu, kandungan vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh kedelai juga bermanfaat untuk menyehatkan jantung.

11. Membuat Kulit Sehat

Mengonsumsi olahan kedelai seperti susu kedelai bisa mencegah berbagai macam penyakit kulit.

Menurut penelitian, kandungan kedelai sangat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini pada kulit.

Baca juga:  Kerjasama : Pengertian, Manfaat, Bentuk, dan Contohnya

12. Menyuburkan rambut

Susu kedelai bermanfaat untuk kesehatan rambut.

Kandungan protein yang tinggi berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut sehingga bisa digunakan untuk penyubur rambut.

13. Memiliki nutrisi yang tinggi

kandungan susu kedelai

Susu kedelai memiliki kandungan nutrisi yang tinggi terutama kaya akan zat kalium.

Tentunya tidak kalah dengan kandungan nutrisi susu sapi, selain itu susu kedelai memiliki kandungan kalori yang rendah dan lemak jenuh yang sedikit.

14. Menurunkan berat badan

Dengan pola diet yang teratur ditambah mengonsumsi susu kedelai dipercaya mampu menurunkan berat badan. Hal ini karena kandungan serat yang tinggi pada susu kedelai sangat sesuai bagi orang yang sedang diet.

Susu kedelai memiliki kandungan serat yang tinggi. Tidak heran jikalau manfaat susu kedelai dianggap bisa menurunkan berat badan serta menjaga kestabilan tekanan darah.

Ditambah lagi jika Anda teratur mengikuti pola diet sehat. Tentunya, manfaat susu kedelai yang satu ini akan terasa lebih efektif!

15. Memperkuat Tulang

Susu kedelai kaya akan kandungan kalsium yang bermanfaat bagi kesehatan tulang. Kandungan kalsium dapat memperkuat tulang, menjaga struktur tetap utuh dan mengurangi resiko patah tulang.

Demikian penjelasan mengenai manfaat dan kandungan susu kedelai bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.