Cara Menaikkan Berat Badan Secara Alami, Agar Tubuh Ideal

cara menaikkan berat badan
ilustrasi oleh dribbble.com

Cara menaikkan berat badan adalah makan berkalori lebih banyak dibandingkan yang dibakar tubuh, konsumsi banyak protein, perbanyak asupan karbohidrat dan lemak, menambah waktu makan dan masih banyak lagi dalam artikel ini.

Bagi sebagian orang memiliki tubuh kurus adalah hal yang tidak selalu menyenangkan karena kekurangan berat badan bisa beresiko menimbulkan berbagai macam penyakit. Nah, oleh karena itu, cara yang bisa dilakukan adalah dengan menambah berat badan.

Cara menambah berat badan tidak dilakukan dengan makan makanan sepuasnya dan juga tidak berolah raga. Secara alami berat badan bisa ditambah dengan cara mengatur pola makan dan rajin berolah raga setiap hari.

cara menaikkan berat badan

Bagaimana cara menaikkan berat bedan secara alami yang sehat?

Berikut kami berikan tipsnya.

1. Makan kalori lebih banyak dibandingkan yang dibakar tubuh

Jika ingin menaikan berat badan, anda perlu menambah asupan kalori setiap hari. Tambahlah paling tidak 300-500 kalori per hari dari jumlah kalori harian biasnya jika ingin menambah berat badan secara perlahan.

2. Konsumsi banyak protein

Dengan mengonsumsi banyak protein, akan meningkatkan jumlah massa otot sehingga berat badan Anda bisa semakin bertambah.

3. Perbanyak asupan karbohidrat dan lemak

Menambah asupan karbohidrat dan lemak setiap hari akan membantu anda dalam menaikan berat badan. Tapi, perlu diingat jangan terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dan lemak secara berlebihan karena semua yang berlebihan akan menimbulkan efek negative.

Baca juga:  Cara menghitung berat badan ideal (Rumus mudah dan penjelasannya)

4. Tambah waktu makan

Biasanya orang yang kurus cenderung lebih cepat kenyang dari pada orang yang gemuk. Untuk menyiasati hal ini, cara untuk menambah berat badan dengan menambah frekuensi makan lima atau enam kali tiap hari dengan porsi kecil dibanding dengan dua atau tiga kali makan besar.

5. Pilih olahraga yang tepat

Olah raga yang tepat untuk menambah berat badan adalah angkat beban. Karena olah raga ini akan menambah massa otot anda dan bisa membuat nafsu makanmu meningkat.

6. Perhatikan waktu minum anda

Minum banyak air sebelum makan, akan lebih cepat kenyang sebelum mengonsumsi makanan. Sebelum makan, lebih baik konsumsi minuman tinggi kalori atau lebih baik minum 30 menit setelah makan.

7. Minum smoothies

Jika ingin menambah berat badan, janganlah banyak mengonsumsi minuman soda, kopi atau minuman kemasan yang kurang sehat. Lebih baik konsumsi minuman smoothies yang terbuat dari susu dan buah.

cara menaikkan berat badan

Kapan seseorang harus menambah berat badan?

Tips dan cara menambah berat badan yang sudah dijelaskan sebelumnya bisa dilakukan ketika anda memiliki berat badan yang kurang ideal.

Salah satu factor yang dapat dijadikan acuan untuk melihat kebutuhan dalam menambah berat badan adalah dengan menggunakan indeks massa tubuh (IMT).

IMT dihitung dengan cara manual, menggunakan rumus berikut.

IMT = Berat badan (kg) : Tinggi badan2 (m2)

Seseorang bisa dikatakan memiliki berat badan tingkat ringan apabila IMT nya berada pada range 17,0-18,4. Sedangkan, orang yang memiliki IMT kurang dari 17 bisa dikatakan berada pada kondisi kekurangan berat badan tingkat berat.

Resiko yang ditimbulkan apabila kekurangan berat badan seperti Anemia, gangguan kesuburan, rambut rontok, daya tahan tubuh melemah, tulang rapuh dan menghambat pertumbuhan dan perkembangan serta gangguan kesehatan lainnya.

Baca juga:  7 Pupuk Organik Berbahan Alami [LENGKAP]

Oleh karena itu, apabila anda kekurangan berat badan tips dan cara diatas dapat dilakukan dan cara lain yang dapat dilakukan adalah hindari mengonsumsi suplemen atau obat tanpa resep dokter yaa.

Semoga artikel cara menaikkan berat badan ini bermanfaat ya!

Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.

Be the first to comment

Leave a Reply