Latar Belakang Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia (LENGKAP)

Latar belakang kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia

Latar belakang kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia adalah jatuhnya konstantinopel, revolusi industri, dan runtuhnya kekaisaran Romawi. Selengkapnya akan dibahas di artikel ini.

Siapa yang tak kenal Indonesia. Negara yang kaya akan keindahan alam dan sumber dayanya.

Mari membuka peta dan meloncat ke abad 16 maka kita akan berjumpa dengan pelaut ulung dari Portugis yaitu Alfonso de Albuquerque yang mengenalkan Nusantara ke daratan Eropa. Nah di situlah awal mula kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia.

Tujuan Utama Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia

Seperti yang telah kita ketahui betapa tersohornya Nusantara pada awal abad ke 16 dengan kekayaan rempah-rempahnya.

Kemudian nama Nusantara semakin tersohor setelah singgahnya bangsa Portugis di tanah Nusantara yang kemudian diikuti bangsa lain dari benua Eropa.

Latar belakang kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia

Awal mula tujuan Bangsa Barat melakukan pelayaran ke Indonesia adalah untuk mendapatkan rempah-rempah langsung dari sumbernya. Lama-kelamaan tujuan utama tersebut berkembang sesuai dengan keserakahan manusia.

Tujuan kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia adalah

  1. Menguasai daerah penghasil rempah-rempah seperti Maluku serta memonopoli perdagangan
  2. Membangun basis militer
  3. Kolonialisme dan Imperialisme
  4. Ikut campur dalam urusan politik dan pemerintahan Indonesia

Latar belakang kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia

Latar Belakang Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia

Daya tarik Bangsa Barat terhadap Indonesia pada saat itu memunculkan ambisi yang menjadi latar belakangnya ke tanah Indonesia. Ambisi tersebut dikenal dengan konsep 3G yaitu:

  • Gold (keinginan untuk memperoleh kekayaan sebanyak-banyaknya),
  • Glory (ambisi memperoleh kejayaan), dan
  • Gospel (keinginan untuk menyebarkan agama nasrani di Nusantara).
Baca juga:  Contoh Soal dan Rumus Median, Mean, Modus Data Kelompok [LENGKAP]

Adapun latar belakang kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia adalah:

Jatuhnya kota Konstantinopel ke tangan kekaisaran Turki Usmani

Konstantinopel merupakan wilayah yang sempat menjadi gerbang masuknya rempah-rempah ke Eropa.

Jatuhnya Konstantinopel yang sebelumnya merupakan wilayah kekuasaan Romawi ke tangan Turki Usmani mengakibatkan sulitnya akses rempah-rempah ke Eropa sehingga mereka mencari rempah-rempah langsung dari sumbernya.

Revolusi industri

Berkembangnya revolusi yang diawali dengan penemuan mesin uap dan teknologi baru di Eropa sangat memudahkan Bangsa Barat dalam mencapai tujuannya.

Penemuan-penemuan dalam bidang transportasi baik darat maupun laut tentu saja sangat memudahkan mereka dalam melakukan pelayaran dan perjalanan ke Indonesia.

Runtuhnya kekaisaran Romawi

Setelah runtuhnya kekaisaran Romawi pada tahun 476 M, bangsa Eropa ikut mengalami kemunduran yang dikenal dengan istilah Zaman Kegelapan (Dark Ages) yang membuat bangsa tersebut kacau balau.

Bangsa Barat yang Datang ke Indonesia

Apakah Anda tahu ada lebih dari 1 bangsa yang (pernah) datang ke Indonesia? Setelah kedatangan bangsa Portugis, secara berangsur-angsur datang bangsa Spanyol, Belanda, dan Inggris.

Portugis

Pada tahun 1486 portugis melakukan ekspedisi pertamanya yang dipimpin oleh Bartholomeus Diaz namun terhenti dan tewas di pantai Barat Afrika. Kemudian ditunjuk Alfonso de Albuquerque untuk melanjutkan pelayaran hingga sampai ke Malaka pada tahun 1511 dan berhasil menjalin hubungan dagang di Maluku pada tahun 1512.

Spanyol

Spanyol sampai di Maluku pada tahun 1522 yang pada saat itu sedang dikuasai Portugis. Spanyol menjalin hubungan dagang dengan Tidore sehingga mengakibatkan pertempuran antara Portugis dan Spanyol yang diakhiri dengan perjanjian Saragosa

Belanda

Belanda pertama kali singgah di pelabuhan Banten pada tahun 1596 dipimpin oleh Cornelis de Houtman untuk melakukan perdagangan. Namun tujuan tersebut beralih menjadi untuk menguasai Nusantara dengan mendirikan serikat dagang Belanda atau dikenal dengan VOC pada tahun 1602.

Baca juga:  Metamorfosis Sempurna dan Tak Sempurna: Penjelasan, Perbedaannya

Inggris

Sebelum sampai ke Indonesia, pedagang dari Inggris telah mendirikan kongsi dagangnya di India bernama East India Company (EIC) yang kemudian wilayahnya disebarluaskan hingga ke Indonesia pada tahun 1579.

Demikian beberapa penjelasan terkait tujuan, latar belakang, sampai Bangsa Barat yang datang ke Indonesia dengan berbagai maksud tertentu. Rangkum latar belakang kedatangan Bangsa Barat di buku catatan supaya tidak lupa.

Sekian, terima kasih telah membaca artikel latar belakang kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia semoga bermanfaat.

Tertarik dengan dunia pendidikan. Hobi menulis.

1 Comment

Leave a Reply