Mengapa Faktor Ekonomi Menjadi Penghambat Mobilitas Sosial? (Jawaban LENGKAP)

faktor ekonomi menghambat mobilitas sosial

Mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial adalah karena kondisi ekonomi dapat mempengaruhi kondisi seseorang untuk mendapatkan pendidikan, modal usaha, atau pelatihan tertentu, yang mana itu sangat penting untuk mendapatkan pekerjaan dan mencapai mobilitas sosial vertikal yang baik,

Mobilitas Sosial Adalah

Mobilitas sosial adalah pergerakan secara sosial yang dilakukan seseorang di dalam hidup bermasyarakat.

Mobilitas sosial juga erat kaitannya dengan hubungan posisi hierarki sosial (mobilitas sosial vertikal) ataupun yang kaitannya dengan tanpa perubahan posisi (mobilitas sosial horizontal).

Mobilitas Sosial Vertikal

Mobilitas sosial vertikal adalah perpindahan status sosial yang terjadi bisa menjadi lebih tinggi (naik) maupun lebih rendah (turun). Hal ini dimaksudkan bahwa status sosial yang dimiliki seseorang atau kelompok telah berubah ke status sosial lain yang tidak sederajat dari sebelumnya.

Mobilitas Sosial Horizontal

Mobilitas sosial horizontal adalah perubahan pada status sosial pada seseorang atau kelompok yang tidak meng ubah derajat sosial atau tetap pada kondisi sebelumnya.

Seperti yang dibahas sebelumnya, mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial, hal ini terjadi karena faktor ekonomi memiliki peran yang sangat krusial dalam mobilitas sosial.

  • Semakin tinggi tingkat ekonomi seseorang, maka ia akan lebih mudah mendapatkan akses yang membantu menaikkan mobilitas sosial. Contohnya seperti pendidikan, pelatihan, dan modal usaha.
  • Hal yang sebaliknya juga terjadi: semakin rendah tingkat ekonomi seseorang, maka akan semakin sulituntuk mendapatkan akses yang membantu menarikkan mobilitas sosial. Sehingga kondisi sosial dari orang tersebut akan cenderung stagnan atau tidak berubah.
Mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial

Contoh mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial

Contoh dari mengapa faktor ekoomi menjadi penghambat mobilitas sosial adalah sebagai berikut.

Baca juga:  Sifat Logaritma LENGKAP Beserta Contoh Soal dan Pembahasan

Jika seseorang punya kondisi keuangan yang baik, maka dia bisa bersekolah di sekolah dan universitas yang baik. Di tempat sekolah yang baik ini, seseorang tersebut bisa mendapatkan banyak ilmu, keterampilan, serta kemampuan yang dapat menunjang dalam dunia kerja.

Dengan demikian, dia akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan yang baik dan memiliki gaji yang besar. Oleh karena itu dia akan lebih mudah dalam melakukan mobilitas sosial karena kualitas dirinya atau status sosialnya lebih tinggi karena pekerjaan dan penghasilan yang tinggi.

Hal yang sebaliknya juga terjadi pada orang dengan ekonomi yang kurang baik akan sulit mendapatkan pendidikan. Dan dengan demikian, dia akan sulit melakukan mobilisasi sosial.

faktor ekonomi dalam mobilitas sosial tentang pendidikan sekolah dasar

Perlu juga diingat pada dasarnya bahwa hak pendidikan adalah hak semua warga negara Indonesia, yang telah dituliskan dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Pasal 31 Ayat 1 dan 2, oleh karena pemerintah harus menyediakan pendidikan untuk semua orang.

About Yoga Saputra 45 Articles
Tertarik dengan dunia pendidikan. Hobi menulis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*