Konsumsi Adalah : Pengertian, Fungsi, Peran, dan Contohnya

konsumsi adalah
ilustrasi oleh dribbble.com

Konsumsi adalah kegiatan yang bertujuan mengurangi atau menghabiskan nilai guna barang/jasa untuk memenuhi kebutuhan atau kepuasan secara langsung.

Dalam sehari-hari kita sering melakukan kegiatan mengkonsumsi barang/jasa. Lantas bagaimana konsep dari pengertian konsumsi itu sendiri?

Yuk simak ulasan berikut mengenai pengertian konsumsi, fungsi, peran, dan contohnya.

Pengertian Konsumsi

konsumsi adalah

Pengertian dari konsumsi adalah kegiatan yang bertujuan mengurangi atau menghabiskan nilai guna barang/jasa untuk memenuhi kebutuhan atau kepuasan secara langsung.

Pihak yang melakukan kegiatan konsumsi dinamakan sebagai konsumen. Konsumen inilah yang memakai barang/jasa baik digunakan sendiri maupun kepentingan orang atau makhluk hidup lain yang tidak untuk dijual kembali.

Fungsi dan Peran Kegiatan Konsumsi

konsumsi

Konsumsi memiliki beberapa fungsi dan peran penting dalam kegiatan ekonomi, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Pemenuhan Keinginan Manusia

Pemenuhan keinginan merupakan hal dasar yang dimiliki oleh setiap manusia. Jika seseorang menginginkan sesuatu, maka ia akan melakukan suatu hal yang bertujuan untuk memuaskan hasratnya. Hal inilah yang melahirkan kegiatan konsumsi, yaitu dengan menghabiskan nilai guna barang dan jasa.

2. Aktivitas Ekonomi

Aktivitas ekonomi muncul akibat pola perilaku konsumsi. Jika seseorang menginginkan suatu barang/jasa, maka ia akan berusaha membuat dan mewujudkannya. Setelah membuat barang/jasa tersebut, selanjutnya seseorang akan memanfaatkan dan menghabiskan nilai guna barang/jasa. Demikian seterusnya aktivitas ekonomi berjalan.

3. Mendukung Kegiatan Produksi

Kegiatan konsumsi barang/jasa dalam masyarakat harus terus berjalan demi berlangsungnya proses produksi. Baik pihak produsen maupun konsumen mengalami keuntungan dengan adanya kegiatan konsumsi. Produsen mendapat keuntungan dari hasil penjualan, sedangkan konsumen mendapatkan kepuasan dari barang/jasa yang dibeli.

Baca juga:  E-book Adalah: Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

4. Menganalisis Perilaku Individu

Perilaku suatu individu dalam aktivitas ekonomi dapat dipelajari melalui pola perilaku konsumsi. Permintaan konsumen terhadap barang/jasa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pendapatan, selera konsumen, dan harga barang serta kondisi lain yang tidak berubah. Melalui ini, produsen dapat menganalisa barang/jasa apa yang sedang dibutuhkan oleh konsumen.

5. Perumusan Perekonomian Negara

Setiap negara mempunyai anggaran belanja setiap tahun. Hal ini termasuk ke dalam kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh negara seperti tarif upah minimum dan tarif pajak. Dengan menganalisa kebutuhan konsumsi, negara dapat merumuskan kebijakan perekonomian setiap tahunnya.

6. Teori Pendapatan dan Ketenagakerjaan

Kegiatan konsumsi memiliki peranan yang esensial dalam teori pendapatan dan ketenagakerjaan. Dalam teori tersebut menjelaskan bahwa jika kegiatan konsumsi barang/jasa tidak meningkatkan permintaan barang/jasa, maka dapat menyebabkan penurunan produksi.

Contoh Konsumsi

gambar konsumsi

Kita sebagai konsumen setiap harinya melakukan berbagai kegiatan konsumsi. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Kegiatan makan pokok tiga kali sehari
  2. Mengenyam pendidikan melalui lembaga sekolah maupun pelatihan
  3. Penggunaan paket data untuk akses online
  4. Membeli kebutuhan sandang
  5. Mencukur rambut
  6. Relaksasi di salon dan spa
  7. Rekreasi di tempat hiburan
  8. dan lain sebagainya

Demikian ulasan mengenai pengertian konsumsi, fungsi, peran, dan contohnya. Semoga bermanfaat ya.

Sumber:

  • dosenpendidikan.co.id
Mahasiswi Departemen Fisika Universitas Diponegoro dengan bidang ilmu Fisika Material

Be the first to comment

Leave a Reply