Panduan Cara Membayar Pajak Motor Online 2020

cara bayar pajak online
ilustrasi oleh dribbble.com

Cara bayar pajak motor online tidaklah susah untuk dilakukan dan dapat dibayarkan dimana saja dan kapan saja. Berikut panduannya lengkapnya.

Di zaman yang serba canggih ini, kalian tidak perlu repot lagi pergi ke kantor samsat untuk membayar pajak kendaraan bermotor.

Karena kini telah tersedia layanan membayar pajak melalui aplikasi SAMSAT Online. Dengan adanya aplikasi ini anda dapat membayar pajak kendaraan bermotor kapanpun dan dimanapun.

Cara Membayar Pajak Motor Online

Sebelumnya mungkin pembayaran pajak kendaraan dilakukan secara manual dan harus datang ke kantor samsat sendiri. Namun, kalian tidak perlu lagi datang ke samsat karena sekarang pembayaran dapat dilakukan secara online.

Apabila kalian kebingungan dalam membayarkan pajak kendaraan secara online, kalian dapat melihat tata cara pembayarannya. Berikut panduan cara membayar pajak motor online melalui aplikasi SAMSAT Online

  1. Siapkan STNK, KTP, dan alamat email milik pribadi yang aktif
  2. Unduh aplikasi Samsat Online Nasional atau cukup ketik “samolnas” di Google Play Store
cara bayar pajak motor online

3. Pilih menu pendaftaran jika ingin membayar pajak kendaraan bermotor (PKB)

samsat nasional

4. Pastikan bahwa alamat yang tertera di STNK sesuai dengan alamat tempat tinggal yang sekarang. Lalu pilih setuju

cara bayar pajak motor online ketentuan

5. Selanjutnya mucul formulir yang harus diisi, yaitu nomor polisi, NIK, lima digit terakhir nomor rangka, nomor telepon dan email. Setelah terisi dengan benar, lalu pilih lajutkan

tata cara bayar pajak motor online

6. Jika data yang dimasukkan sudah benar, maka akan muncul data lengkap mengenai kendaraan yang akan dibayarkan beserta besaran pajak yang harus dibayar. Setelah itu klik tombol setuju untuk mendapatkan kode bayar. Kode bayar akan berlaku selama 2 jam.

Kode bayar digunakan untuk pembayaran melalui layanan e-channel perbankan (e-banking atau ATM) yang telah bekerja sama dengan pelayanan pembayaran.

Baca juga:  Rekomendasi Merek Tepung Terigu Terbaik

Adapun perbankan tersebut yaitu Bank Pembangunan Daerah (BPD) masing-masing provinsi; Bank BUMN (BNI, BRI, Mandiri, BTN); Bank Swasta (BCA, Permata, CIMB Niaga).

7. Lalu lakukan pembayaran melalui e-banking atau ATM

8. Setelah selesai membayar, lalu cek menu E-Pengesahan STNK. Wajib pajak akan dikirimi E-TBPKP oleh samsat yang berlaku selama 30 hari sejak pembayaran.

menu

9. Setelah itu, dalam rentang 30 hari tersebut, wajib pajak harus datang ke Samsat untuk mengesahkan STNK dan meminta TBPKP/SKPD asli berdasarkan E-TBPKP atau struk pembayaran.

stnk

Demikiain tata cara pembayaran pajak motor secara online melalui aplikasi samsat Online. Ingatlah bahwa warga negara yang baik adalah warna negara yang taat membayar pajak. Semoga bermanfaat !

Menyukai hal berbau sains dan teknologi. Menyelesaikan studi fisika material di Universitas Diponegoro.

Be the first to comment

Leave a Reply