Arti Kata ‘Markah’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘markah’ memiliki arti sebagai berikut:

  • markah: /mar·kah/ n tanda; merek; tanda pd tali penduga;
  • markah jalan: tanda yg berupa garis-garis penunjuk;
  • markah lambung timbul: Kap tanda pd lambung kiri dan kanan kapal yg berupa lingkaran dan garis-garis serta huruf-huruf untuk menunjukkan garis muat maksimum yg diizinkan menurut peraturan keselamatan;
  • markah plimsol: markah lambang timbul;
  • memarkahi: /me·mar·kahi/ v memberi markah;
  • pemarkah: /pe·mar·kah/ n markah;
  • pemarkahan: /pe·mar·kah·an/ n proses, cara, perbuatan memarkahi

Penjelasan Arti ‘Markah’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Markah adalah sebuah kata yang merujuk pada ide tentang suatu tanda atau simbol. Kalau kamu pernah melihat suatu tanda atau lambang pada suatu barang, tempat, atau bahkan tali, itulah yang disebut dengan markah.

Misalnya, ketika kamu melihat sebuah merek atau logo pada baju, itu adalah markah dari produsen baju tersebut yang memberitahukan kita siapa pembuatnya atau mereknya.

Kemudian ada istilah ‘markah jalan’, yang sebenarnya menjelaskan tentang tanda-tanda atau garis-garis di jalan yang punya tujuan khusus, yaitu sebagai penunjuk atau petunjuk bagi pengguna jalan.

Misalnya, garis putih di tengah jalan yang memberi tahu kita di mana tepatnya batas jalur kendaraan.

Sementara itu, ‘markah lambung timbul’ berkaitan dengan kapal. Ini adalah tanda pada sisi kiri dan kanan kapal yang berbentuk lingkaran dengan garis dan huruf.

Markah ini penting karena menunjukkan sampai seberapa dalam kapal boleh terbenam di dalam air, yang diperhitungkan berdasarkan peraturan keselamatan. Ini ada gunanya untuk pastikan kapal tidak kelebihan muatan dan aman buat berlayar.

Lalu, istilah yang berkaitan adalah ‘markah plimsol’, yang kira-kira punya arti serupa dengan markah lambung timbul.

Namanya mungkin terdengar unik, tapi itu juga tentang tanda keselamatan di kapal yang menunjukkan batas maksimal kapal boleh terbenam saat diisi muatan.

Apabila seseorang ‘memarkahi’ sesuatu, artinya dia sedang memberikan tanda atau markah pada objek tersebut.

Proses ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, tergantung pada apa yang harus diberi markah dan untuk tujuan apa.

Terakhir, ‘pemarkahan’ adalah proses atau kegiatan ketika seseorang memberikan atau membuat markah.

Ini bisa dianggap sebagai kegiatan yang melibatkan pemberian identitas atau informasi pada suatu objek atau area melalui penandaan.

Jadi, setiap kali kamu mendengar kata ‘markah’, ingatlah bahwa itu menyangkut suatu tanda, petunjuk, atau simbol yang memiliki fungsi atau maksud tertentu.

Tanda-tanda tersebut ada di sekitar kita dan sering membantu kita dalam berbagai situasi, mulai dari yang sederhana seperti pakaian, hingga yang kompleks seperti keselamatan navigasi kapal.

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/markah